Jagalah Pandangan Saat Berkendaraan Bermotor

Jagalah Pandangan Saat Berkendaraan Bermotor
Jagalah Pandangan Saat Berkendaraan Bermotor

Dewasa ini, kendaraan bermotor adalah kebutuhan hidup, dan untuk mengentarai kendaran motor memang gampang, namun untuk berkendara motor yang baik dan benar sesuai teori tidak semua pengguna paham dan melakukannya saat berkendaraan.

Teori pertama tentang pandangan mata saat berkendaraan, ternyata kita tidak boleh seenaknya mengarahkan pandangan. Menurut Jusri Pulubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC ), dalam acara pelatihan safety riding, di Bogor.
“Kalau naik motor, pandangan jangan fokus ke bawah. Sebab lebih mudah hilang keseimbangan dan tenagapun tak ada”.

Hal ini berlaku di semua jenis dan tipe jalan. Baik saat melewati jalan rusak, hingga melintasi tikungan. “Misalnya di tikungan, tidak perlu lagi lihat tengah, tapi langsung di ujung. Tubuh akan mengikuti,” tambah Jusri.

Untuk membuktikannya, Jusri meminta satu orang peserta pelatihan untuk berdiri di sampingnya. Orang ini kemudian diminta untuk menatap objek yang jauh di depan, kemudian melihat tanah yang persis ada di bawah kakinya.

Jusri kemudian mendorong badan orang secara bergantian, tiap pandangan. Hasilnya, orang ini memang lebih bisa menahan dorongan saat matanya melihat ke depan. Sementara saat melihat bawah, cenderung lemah.

“Pandangan mata yang jauh, fokus pemotor pada objek di depan, lebih punya kekuatan ketimbang saat melihat ke bawah. Ilustrasi ini buktinya,” tutup Jusri, yang telah melatih keselamatan berkendara sejak puluhan tahun lalu ini.

Sumber : blackxperience

Advertisements

2 Comments

  1. My brother suggested I might like this website. He was totally right. This publish truly made my day. You can not believe simply how much time I had spent for this inntimaorof! Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published.