Tips

Teknik Oper Gigi Motor Kopling Secara Halus

Teknik Oper Gigi Motor Kopling Secara Halus
Teknik Oper Gigi Motor Kopling Secara Halus

Teknik mengoper gigi dan mengerem saat berkendara motor berkopling di butuhkankan teknik yang baik dan benar. Karena jika teknik ini tidak dikuasai maka akan mempengaruhi keseimbangan saat berkendara.

Bukan hal yang gampang, karena harus menyelaraskan putaran mesin agar tidak overrev alias menjerit saat proses deselarasi. Untuk itu, praktek deselerasi antara menurunkan gigi dan mengerem untuk pemula awalnya dilakukan secara terpisah sebelum dilaksanakan secara bersamaan.

Dan bagaimana tekniknya, sebagai berikut:

Tuas kopling diusahakan tidak sampai terlalu dekat dengan jari ketika ditarik. Pergerakan yang tidak efisien seperti ini membuat proses perpindahan gigi menjadi kasar. Cara ini meminimalisir kesalahan saat sinkronisasi gigi transmisi dengan putaran mesin dan kecepatan motor.

Posisi tangan saat mengerem pun memiliki peranan penting agar proses deselerasi berjalan mulus. Posisi dua jari pada tangan kanan pun sebisa mungkin sangat mudah menggapai rem depan. Saat gas tertutup, telunjuk dan jari tengah bisa dengan mudah menarik tuas rem depan.

Proses menurunkan gigi pun ada tekniknya, yaitu tidak langsung mengoper lebih dari satu transmisi sekali tarik kopling. Cara yang tepat yaitu dengan cara menurunkan satu per satu dengan menarik kopling beberapa kali sesuai jumlah gigi yang diturunkan.

3 komentar pada “Teknik Oper Gigi Motor Kopling Secara Halus

  • Jo_Han

    teknik upshift-downshift yang halus sebenarnya terlalu rumit untuk dijelaskan, jika dijelaskan secara tertulis seperti yang sudah disampaikan pada artikel diataspun pastinya sulit bagi yang awam untuk bisa memahami dan kemudian mempraktekkannya. ..
    tapi saya yakin bagi kalangan tertentu yang memiliki passion serius pada motor tahu dan sudah menjadi hal wajib mengoper gigi dengan halus.

    Balas
  • Klo pake teknik diatas ada yg gear staternya rompal lho…

    Ngoahahahaha

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Jo_Han Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.