Berita Umum

Edisi Nasib Penjual Terompet di Malam Tahun Baru 2017

Edisi Nasib Penjual Terompet di Malam Tahun Baru 2017
Edisi Nasib Penjual Terompet di Malam Tahun Baru 2017

Edisi Nasib Penjual Terompet di Malam Tahun Baru 2017. Entah ini cerita beneran, atau cerita karangan, kurang bisa dipastikan. Hanya saja sejak pagi tadi cerita ini banyak dishare di fb, dengan berbagai versi dan tokoh. Ada cerita versi tokoh Pak Munir, ada versi tokoh pak Darmin, dan boleh jadi ada yang lainnya. Kesemuanya itu mengungkapkan kisah kurang beruntungnya penjual terompet di malam tahun baru karena ada gerakan sosmed yang menghimbau untuk tidaktiup terompet di malam tahun baru.
Kisah ini mirip kisah para penjual Sariroti keliling yang sulit menjual dagangannya karena ada gerakan boikot Sariroti lewat medsos.

Berikut kisah yang dishare Djocko Effendy with Kangmas Kanjeng MOenir and 5 others at Alun-alun Haurgeulis11 hrs · Indramayu ·

“YANG DO’A MALAM TAHUN BARU HUJAN,dan MENGHUJAT kalau terompet itu menyerupai yahudi, tolong sempatkan baca,

PAK MUNIR DAN TEROMPETNYA..

Malam mendekati tahun baru ini hujan deras sekali.

Pak munir tertunduk sedih. Yang pasti dagangan terompet tahun barunya tidak akan laku. Ia membeli semuanya dengan uang terakhir yang dimilikinya. Ia berani mempertaruhkan semua uangnya, karena ia berharap pada momen ini. Momen yang akan membawa keuntungan baginya.

Seharusnya malam ini ia bisa membawa pulang nasi goreng kesayangan anaknya. Entah sudah berapa lama ia tidak mampu menyenangkan hati mereka, karena kesulitan ekonomi yang seakan tidak pernah selesai. Kebahagiannya hanya ketika sampai di rumah, ia melihat anaknya yang tumbuh dengan semua cerita lucu yang diomelkannya dengan lidah yang tertatih.

Seharusnya malam ini ia membawakan istrinya sepasang baju rumah. Ia sudah tidak tahan melihat baju istrinya yang dari ke hari itu saja. Lusuh, sobek dimana-mana, tetapi ia tidak mengeluhkannya. Ia ingin melihat orang yang mendampinginya sekali-sekali berbinar matanya. Hanya itu kebahagiaannya.

Tetapi malam ini semua sia-sia. Ia bersandar di pojok sebuah mall, menatap hujan yang seakan tidak bersahabat dengannya. Ia menyelimuti dagangannya dengan plastik, melindunginya karena itu adalah barang paling berharga miliknya.

Diambilnya sebuah terompet. Ia memeluknya. Tidak terasa airmatanya menitik mengingat bahwa untuk kali inipun ia gagal membahagiakan orang2 yang dicintainya.

Tanpa sadar matanya tertumbuk pada bungkus terompet baru itu. Sebilang huruf yang sangat dikenalnya. Kaligrafi indah yang tertumpuk diantara kertas lainnya. Ia tidak mampu membaca apa artinya, tetapi ia tahu bahwa itu adalah bagian dari kitab suci, sebuah sampul.

Memorinya sejenak terbang ke masa lalu ketika hidupnya begitu tenang. Masa kecil tanpa beban. Ketika ia beramai2 sembahyang di mushola kecil di kampungnya dan tumpukan Alquran berjejer menanti dibacakan mereka.

Ia semakin menangis. Teringat betapa semua itu sudah lama ditinggalkannya. Teringat betapa ia sibuk memenuhi semua hidupnya dengan kebutuhan duniawi. Baru disadarinya, betapa kosong sekarang jiwanya. Ia tidak lagi pernah berdoa, tidak pernah mendekat kepada-Nya.

Hujan semakin deras, pak Munir tenggelam dalam isaknya. “Tuhan, ampuni aku yang telah melupakan-Mu..” Ia merintih mengingat betapa ia mencari kebahagiaan yang hakiki, yang tidak pernah ditemukannya dalam setiap langkah kakinya. Ia merintih ketika sebuah terompet mengingatkannya, menohok relung hatinya.

Tiba2 segerombolan manusia berjubah datang. Warnanya putih, matanya merah membara. Terompetnya dirampas, ia dimaki. Ia mempertahankan hak miliknya, tetapi ia ditendang. Sayup-sayup ia mendengar kata “Penghinaan…” Entah apa yang membuat mereka merasa terhina sampai begitu marahnya.

Pak Munir tersedan, ia teringat anaknya, teringat istrinya, teringat masa kecilnya, teringat Tuhan yang telah lama dilupakannya, ia teringat segalanya. Hanya satu yang ia lupa, kenapa manusia bisa begitu kejamnya ?

Pak munir mengayuh sepeda dengan gontai. Tuhan sekejap datang padanya, dan kini hilang sudah ditelan malam.

Selamat tahun baru, wahai manusia yang hidupnya sempurna.

Kisah ini sebenarnya bukan tahun ini saja. Tahu lalupun liputan 6 pernah  menulis tentang kisah serupa dengan tokoh pak Darmin di link INI.

Ya hanya melihat fenomena disekitar gan, siapa benarsiapa salah, silakan menilai sesuai pandangan masing-masing.

26 komentar pada “Edisi Nasib Penjual Terompet di Malam Tahun Baru 2017

  • uyipmotoblog

    Saya sih mengajak keluarga tidak merayakan …memang bukan tahun baru islam tapi masehi…silahkan yg non muslim untuk merayakan kan indonesia negara yg memberikan kebebasan beragama..saling menghormati saja.

    Balas
  • Karna menyangkut Aqidah..

    Balas
  • kasihan juga yg jual alkohol sama kondom jadi ga laku, entah gimana nasib nya . . .

    Balas
  • tulis-tulis

    Semua kembali Kediri kita masing-masing mbah, yang tahu ilmunya menyampaikan pada mereka yang tidak tahu. Banyak hal diindonesia ini yang kita anggap remeh yg ternyata adalah membawa kita pada syirik Akbar. Berterimakasihlah karna masih ada yang mau mengingatkan kita akan dosa-dosa

    Balas
  • babe_umar

    itu cerita fiktif ahh … mana ada sweeping pedagang terompet tahun 2017

    bikin artikel ato copas beritanya dicek dulu ah Bons

    Balas
  • Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information.

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.

    Balas
  • I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ . Casibom Website Giriş : Casibom

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Nice article inspiring thanks. Hello Administ .

    Balas
  • Thank you great posting about essential oil. Hello Administ .

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas
  • Thank you for content. Area rugs and online home decor store. Hello Administ . Onwin Giriş için Tıklayın onwin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.