Apakah Rantai Motor Boleh Dicuci Dan Disikat?

Apakah Rantai Motor Boleh Dicuci Dan Disikat
Apakah Rantai Motor Boleh Dicuci Dan Disikat

Bagi para pengendara sepeda motor, sudah sepatutnya lebih ‎ekstra dalam melakukan perawatan si kuda besi di musim hujan. Salah satunya pada bagian rantai. Menurut pemilik bengkel Setia Motor, Lae SM, banyak pengguna sepeda motor salah kaprah ‎soal perawatan rantai, yaitu menggunakan gemuk atau oli.Jangan pakai oli atau gemuk, yang ada rantai tambah kotor, karena pasir dan lainnya nempel‎, bisa kotor juga dinding spakbor,” ujar Lae saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya yang terletak di Jalan Raya Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

Penggunaan oli dan gemuk itu juga bisa membuat kualitas masa pakai rantai menurun. Alhasil rantai lebih cepat kendor bahkan bisa copot.‎

Lantas apakah rantai motor boleh dicuci dan disikat?
“Boleh disikat, yang penting harus dibersihin‎, dikasih sabun juga boleh, tapi setelah itu harus disemprot cairan WD sambil disikat, lalu dikasih formula semprotan rantai,” kata Lae.

Lae mengatakan usia standar ‎penggunaan rantai bisa mencapai dua tahun. Namun hal itu bisa lebih cepat diganti jika penggunaan dilakukan lebih rutin.

3 Comments

  1. Sebenernya ada cairan pembersih khusus rantai yang udah terlanjur dikasih oli. Tinggal semprot, sikat, semprot lagi, terus lap. Bisa juga pake deterjen, cuma lama. Pas udah ga ada sisa oli, baru kasih chain lubricant

Leave a Reply