Hati-Hati Motor Sport Anda Jika Sering Kehujanan | Bonsaibiker

Hati-Hati Motor Sport Anda Jika Sering Kehujanan

Hati-Hati Motor Sport Anda Jika Sering Kehujanan

Hati-Hati Motor Sport Anda Jika Sering Kehujanan

Sepeda motor jenis sport ternyata tidak disarankan diparkir parkir pada area terbuka. Apalagi dibiarkan terkena air hujan dalam jangka waktu yang lama. Demikian dikatakan kepala bengkel Astra Honda Motor, Eko Eddy Saputro.

Menurut Eko, ada sejumlah risiko yang bisa berdampak buruk pada motor sport. Guyuran air hujan bisa menyelinap masuk ke dalam tangki bensin melalui seal karet.

“Sebab, jika terkena hujan terus menerus dan juga kena matahari, tidak menutup kemungkinan senyawa air (hujan) bisa membuat karet seal keras. Jika keras, bisa juga karet retak (getas),” ujar Eko.

Saat motor sport dalam kondisi parkir, potensi air hujan yang masuk ke dalam tangki lebih besar ketimbang berkendara ketika hujan. Tetapi bila kerusakan seal sudah parah, kemungkinan air juga bisa masuk.

Masuknya air ke tangki bensin tentu saja bakal memengaruhi performa. Bahkan mesin bisa jebol.

Nah, untuk menjaga kondisi tangki bensin, disarankan untu rajin melakukan perawatan. Minimal, lakukan pengurasan setahun sekali, dan cek komponen-komponen pendukungnya, terasuk seal. Bila sudah tak baik kondisinya segera ganti.

Advertisements
%d bloggers like this: