Trik Pengen Jago Balap Motor Mini

Trik Pengen Jago Balap Motor Mini
Trik Pengen Jago Balap Motor Mini

Pembalap sepeda motor harus menguasai banyak teknik di atas trek agar dapat mencapai hasil maksimal. Baik untuk balap sepeda motor biasa, atau balap menggunakan motor mini bermesin alat potong rumput.

Hal ini diungkapkan M Fadli, mantan pembalap profesional yang kini menjadi instruktur balap. Dalam ajang Indonesian MiniGP yang dihelat di Revo Town Mall, Bekasi, ia mengatakan setidaknya ada tiga hal utama yang harus diperhatikan.

“Yang penting diperhatikan itu pertama pengereman, kedua cornering, dan ketiga posisi tubuh,” ujarnya membuka coaching clinic di hadapan peserta yang kebanyakan anak-anak.

Pengereman yang baik adalah lebih banyak menginjak rem belakang. Beberapa pembalap cilik yang terjatuh, katanya, akibat teknik pengereman yang salah.

“Banyak yang hanya mengandalkan rem depan. Harusnya komposisinya itu injakan rem belakang yang lebih besar, bukan depan,” ujar Fadli.

Kemudian soal cornering atau teknik memasuki tikungan. Cara yang baik, menurutnya, adalah dengan melintasi racing line “out-in-out”. “Jadi jangan sembarang masuk tikungan. Saat masuk pilih bagian luar tikungan, kemudian masuk ke dalam (out-to-in), lalu keluar lagi melalui trek bagian luar,” terangnya.

Terakhir adalah soal posisi tubuh. Ini masih berkaitan dengan cornering. Geser titik beban tubuh ke bagian dalam tikungan dengan mengubah posisi duduk. Sementara pandangan mata arahkan jauh ke depan bagian jalan yang akan dilewati.

Kemudian, saat motor sudah mau keluar dari titik tikungan, maka kembalikan posisi tubuh ke semula, agar pusat beban kembali ke tengah.

Advertisements

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin