Apa Itu Human Eror? yang Sering Terjadi Kecelakaan Para Pengendara Motor | Bonsaibiker

Apa Itu Human Eror? yang Sering Terjadi Kecelakaan Para Pengendara Motor

Apa Itu Human Eror? yang Sering Terjadi Kecelakaan Para Pengendara Motor

Apa Itu Human Eror? yang Sering Terjadi Kecelakaan Para Pengendara Motor

Penyebab kecelakaan saat mengendarai sepeda motor bisa bermacam-macam. Dalam riset terbaru Accident Research Centre Monash University, Australia, menyebut bahwa faktor dominannya adalah human error.

Dikutip dari motofire.com, disebutkan bahwa kesalahan manusia berkontribusi terhadap 94 persen kecelakan yang melibatkan sepeda motor.

Lebih jauh, jika kecelakaan tunggal yang terjadi, penyebab paling umumnya adalah pengendara melakukan kesalahan serta hilangnya kontrol atas kendaraan.

Sementara jika insiden melibatkan lebih dari satu kendaraan, baik motor atau mobil, ditemukan bahwa penyebab utamanya juga kesalahan pengendara, termasuk di dalamnya kegagalan dalam memberikan jalan untuk kendaraan lain.

Jika kecelakaan sepeda motor terjadi di jalanan yang sepi, tulis riset tersebut, sebagian besar disebabkan karena kesalahan dari pengendara mobil. Sementara jika saat macet, maka sebagian besar penyebabnya adalah kesalahan pada diri pengendara motor.

Trevor Allen, salah satu peneliti Monash University Research Centre mengatakan bahwa kesalahan pengendara motor memang meningkat di jalanan padat karena mengontrol kendaraan dalam kondisi demikian memang lebih sulit.

“Kepadatan lalu lintas membuat tingkat kesulitan lebih tinggi bagi pengendara sepeda motor untuk bergerak dengan aman, dibanding dengan kendaraan lainnya,” ujar Allen.

Ini bukanlah kali pertama riset yang membahas soal penyebab kecelakaan. Salah satu teori yang paling terkenal soal kecelakaan ini dinamakan Sorry Mate I Didn’t See You, atau disingkat SMIDSY. Intinya, teori ini menyebutkan bahwa kecelakaan disebabkan karena pengendara sulit melihat atau dilihat di jalanan.

%d bloggers like this: