Sumbar Darurat Bencana, 5 Korban Jiwa dan Ribuan Mobil Terkurung Banjir dan Longsor

Sumbar Darurat Bencana
Sumbar Darurat Bencana

Sumbar Darurat Bencana, 5 Korban Jiwa dan Ribuan Mobil Terkurung Banjir dan Longsor. Ya, dalam beberapa hari belakangan ini kabupaten 50 kota di Sumatera Barat terjadi musibah banjir dan tanah longsor. Hanyasaja berita ini kurang ramai mendapat sorotan publik. Sejak Jumat 3 Maret 2017 lalu7 di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat terus dilakukan penanganan terhadap musibah banjir dan tanh longsor yang dipicu hujan lebat yang turun terus menerus menyebabkan Sungai Sumpur meluap dan longsor di tebing dan perbukitan.  8 kecamatan dan 13 nagari terdampak langsung dari banjir dan longsor yang meliputi Kecamatan Pangkalan, Kapur IX, Mungka, Harau, Payakumbuh, Lareh Sago Halaban, Sulikik, dan Empat Barisan.

Berikut beberapa gambar dari TKP kiriman mbah Sutikno Batam:

Laporan sementara sampai Sabtu (4/3/2017) sore korban jiwa akibat longsor di Kabupaten Limapuluh Kota adalah lima orang meninggal dunia. Mereka adalah

  • Doni Fernandes(31), Teja (19),
  • Yogi Saputra (23),
  • Muklis alias Ujang (45),
  • dan Karudin (25).
  • Dua orang luka berat yaitu Syamsul Bahri (22) dan Candra (42).

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan rilisnya yang dikutip dari Sindo menyatakan bahwa ratusan rumah terendam banjir seperti di 150 rumah di Jorong Ranah Pasar, 50 unit rumah di Jorong Ranah Baru, 50 unit rumah di Jorong Abai. Hingga berita ini diturunkan masih dilakukan pendataan oleh BPBD. Sementara dalam sebuah vidio relawan disebutkan ribuan mobil masih terjebak dalam banjir dan longsor. Berikut vidionya:

Monggo copas linknya gan, tanpa tanda kurung ‘()’ untuk lihat vidio lengkapnya!
(https://web.facebook.com/sutikno.batam/videos/919594804810667/)

Masih menurut sumber ini diketahui bahwa 5 dusun kini terisolir.Sementara itu jalan nasional penghubung Sumatera Barat-Riau putus. Di kelok 17 terdapat 4 titik longsor. Delapan mobil tertimpa longsor di Km 17 Koto Alam.

Adapun Tim Reaksi Cepat BNPB sudah berhasil tiba di lokasi bencana. Bupati Kabupaten Limapuluh Kota telah menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari yaitu 3-9 Maret 2017. Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Limapuluh Kota bersama TNI, Polri, Basarnas, PLN, Dinas Sosial, Dinkes, dan relawan  telah berhasil menjangkau Kecamatan Pangkalan yang terdampak banjir. Sip, semoga lekas tertangani bencana ini. Pray for 50 kota, pray fpor sumatera barat.

Advertisements
Advertisements

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin