Tips Memilih Busi yang Cocok Untuk Kebutuhan Balap | Bonsaibiker

Tips Memilih Busi yang Cocok Untuk Kebutuhan Balap

Tips Memilih Busi yang Cocok Untuk Kebutuhan Balap

Tips Memilih Busi yang Cocok Untuk Kebutuhan Balap

Busi tersedia dalam beberapa tipe untuk beragam kebutuhan. Busi standar tentu tidak cocok digunakan untuk keperluan balap, begitu juga sebaliknya.

Sama seperti busi standar, khusus untuk busi racing perlu kecermatan dalam memilih, apalagi jika digunakan untuk balapan resmi.

Kali ini NGK Busi Indonesia memberikan beberapa tips memilih busi yang cocok untuk kebutuhan balap, yaitu:

1. Bentuk metal sheel (kepala busi)
Bentuk kepala busi harus disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston. Jika salah memilih akan berakibat fatal, piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.

2. Bentuk elektroda dan kepala busi.
Busi yang baik adalah busi yang mampu menahan efek quenching dengan cepat agar inti api tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu bentuk elektroda dan kepala busi berperan dalam hal tersebut.

3. Tingkat panas
Dalam proses transfer panas yang diterima busi kemudian disalurkan ke blok mesin dapat kita tentukan dengan memilih angka yang tertera pada busi itu sendiri. Apakah itu busi panas atau busi dingin.

4. Resistor
Pemakaian teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe resistor wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik yang dapat menyebabkan mesin bermasalah.

Advertisements
%d bloggers like this: