Tips

Yang Belum Tahu, Ini Manfaat Lubang Kecil di Knalpot

Yang Belum Tahu, Ini Manfaat Lubang Kecil di Knalpot
Yang Belum Tahu, Ini Manfaat Lubang Kecil di Knalpot

Beberapa sepeda motor dilengkapi dengan lubang kecil yang ada di bagian bawah dekat silincer. Ini terutama terdapat pada sepeda motor lawas semisal Honda Karisma atau Yamaha Nouvo.

Lubang kecil ini sekilas memang tidak ada manfaatnya. Bahkan masih ada yang menganggapnya sebagai cacat produksi. Lubang yang besarnya tak lebih dari 2 milimeter ini pun kemudian ditutup. Namun benarkah begitu?

“Memang banyak yang tidak mengerti tutup lubang itu. Padahal itu tempat untuk saluran pembuangan kalau-kalau knalpot kemasukan air,” ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor.

Saat sepeda motor digunakan kala hujan, bahkan hingga melewati genangan banjir, atau saat dicuci, knalpot motor berpotensi kemasukan air. Jika air ini masuk sampai bagian mesin, dapat dipastikan motor tidak akan hidup.

Dengan adanya lubang ini, maka kemungkinan tersebut bisa diantisipasi. Air akan keluar sebelum melewati pangkal knalpot.

Lantas apakah lubang ini bisa dibuat? Menurut Eko, bisa. Dengan syarat diameternya tak boleh terlalu besar. Yang aman adalah mengikuti standar pabrikan, 1 sampai 2 mm.

“Bikin lubang sendiri bisa, dibor saja. Tapi ingat jangan kebesaran. Ikuti standar pabrik, satu lubang diameternya 1 sampai 2 mm. Soalnya, kalau kebesaran tidak enak, jadi seperti knalpot bocor suaranya,” tutup Eko.

2 komentar pada “Yang Belum Tahu, Ini Manfaat Lubang Kecil di Knalpot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.