Tips

Tips Berbagai Cara Mudah Untuk Menghapus Karat Pada Mobil

Tips Berbagai Cara Mudah Untuk Menghapus Karat Pada Mobil
Tips Berbagai Cara Mudah Untuk Menghapus Karat Pada Mobil

Karat merupakan salah satu hal yang dianggap menjadi momok bagi para pemilik kendaraan. Karat biasanya muncul karena kendaraan tak segera dibilas setelah terkena guyuran hujan.

Dikutip dari Wikihow, sebenarnya ada berbagai cara mudah untuk menghapus karat pada mobil. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan perangkat rumah tangga dan mudah didapatkan. Disebutkan untuk menghilangkan karat pada lapisan krom, bisa menggunakan alumunium foil. Bagaimana caranya?

Langkah awal yakni membersihkan terlebih dahulu kotoran dengan air sabun. Ini akan membantu Anda mencari area yang berkarat dengan lebih mudah. Untuk permukaan yang amat kotor atau amat berkarat, gunakan cuka atau asam lembut lainnya dan lanjutkan dengan aluminium foil.

Aluminium akan bereaksi dengan karat secara kimiawi, menghasilkan material yang mudah diseka atau digosok hingga lepas. Karena aluminium lebih lembut dari logam lain dan tidak akan menimbulkan baret pada permukaan kromium atau logam di bawahnya.

Tetapi sebelum menggosok bagian karat dengan alumunium foil, celupkan dahulu dengan air garam untuk mempercepat proses kimia. Gosokkan maju mundur pada area berkarat. Anda tidak harus menggunakan tekanan berlebih, namun area yang berkarat tebal membutuhkan tekanan lebih dan waktu penggosokan yang lebih lama. Jangan lupa untuk langsung diseka dengan air agar residu karat dapat luntur.

Sementara untuk bagian bodi mobil, Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan cuka atau air soda. Untuk langkah awal, gunakan ampelas dengan tingkat abrasi 120 yang paling kasar, lalu 240 untuk proses penghalusan permukaannya. Hal yang patut diperhatikan adalah, setelah diampelas jangan langsung dilakukan proses pengecatan. Karena nantinya kualitas cat tidak akan tahan lama.

Baru setelah karat pada bodi sudah hilang, berikan poxy (dasar) sebagai warna dasar untuk menutupi warna besi dari bodi tersebut. Langkah selanjutnya adalah melakukan dempul agar karat tidak mudah timbul lagi. Setelah itu, baru lakukan pengecatan.

6 komentar pada “Tips Berbagai Cara Mudah Untuk Menghapus Karat Pada Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.