Furion M1 Milik Mazda Motor Menggunakan Mesin Rotari

Furion M1 Milik Mazda Motor Menggunakan Mesin Rotari
Furion M1 Milik Mazda Motor Menggunakan Mesin Rotari

Furion, startup asal Perancis. Mereka sukses mengembangkan motor bermesin rotari bernama M1. Penggunaan rotari sendiri disebabkan karena ia dianggap punya banyak keunggulan, salah satunya adalah mesinnya kecil dan ringan.

Di atar kertas, Furion M1 dilengkapi dengan mesin 654 cc bertenaga 125 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 105 Nm pada 6.000 rpm.

Menariknya, mesin ini dirancang untuk bekerja bersamaan dengan motor listrik yang bertenaga baterai lithium-sulphur. Baterai ini keluarkan tenaga setara 55 Tk dan torsi 100 Nm. Hasilnya, tenaga M1 mencapai 180 Tk dan torsi 205 Nm.

Angka tenaga dan torsi ini disebut sangat mengesankan, apalagi dengan bobot M1 yang diklaim hanya 209 kg.

Di luar mesin, Furion M1 juga merupakan motor yang sangat sporti. Ia dilengkapi dengan suspensi upside-down berdiameter 43 mm yang dapat disesuaikan. Tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 16 liter bensin.

Dengan satu tangki penuh, M1 dapat menjelajah sampai 400 km. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan motor sport lain.

Sayangnya motor ini belum diproduksi massal. Masalahnya, sebagaimana masalah-masalah startup pada umumnya, adalah kekurangan dana. Untuk itu, langkah terdekat mereka adalah mengumpulkan dana publik agar motor ini bisa benar-benar dibuat.

Advertisements

2 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan