Kaliper Rem Monoblock dan Axial 45 Derajat, Ini Biayanya!

Kaliper Rem Monoblock dan Axial 45 Derajat, Ini Biayanya!
Kaliper Rem Monoblock dan Axial 45 Derajat, Ini Biayanya!

Bagi pemilik motor sport yang menginginkan sistem pengereman yang lebih pakem, bisa menggunakan sistem pengereman dengan kaliper monoblock atau yang terpasang tegak lurus 90 derajat.

Dengan begitu, daya cengkram rem bisa lebih kuat atau lebih pakem dibanding sistem pengereman dengan axial atau kemiringan 45 derajat. Lalu, berapa biaya yang harus disiapkan untuk memasang kaliper monoblock?

Dijelaskan Marcell, Chief Mechanic di MotoTAG, bengkel khusus motor sport dan modifikasi, untuk paket sistem pengereman kaliper monoblock mencapai Rp 13 juta.

“Untuk rinciannya, kaliper monoblock Brembo GPRX4 diameter 100 milimeter Rp 11 jutaan, braket Rp 1,5 juta, dan sisanya untuk penggantian baut, minyak rem, biaya pemasangan,” jelas Marcell.

Lanjut pria tambun yang bengkelnya beralamat di Jalan Kembang Kerep Raya, Meruya Utara, Jakarta Barat ini, untuk pemasangan kaliper monoblock di motor apapun, disarankan juga mengganti cakram dengan produk aftermarket.

“Tapi, kalau ganti cakram bisa nanti. Kembali ke budget, cukup untuk ganti langsung atau tidak. Untuk cakram yang direkomendasikan, bisa menggunakan KTC atau Brembo. Lihat budget-nya saja,” tambahnya.

Disarankan pula, dengan menggunakan kaliper monoblock, harus memakai minyak rem DOT4, karena untuk minyak rem pabrikan hanya DOT3. “Agar daya cengkram rem semakin oke,” pungkasnya.

Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin