Apakah Motor Honda Beat Tahun 2011 Anda Punya Masalah Seperti ini?

Apakah Motor Honda Beat Tahun 2011 Anda Punya Masalah Seperti ini?

Motor Honda Beat tahun 2011. Sistem pengapiannya kan AC. Awalnya mesin motornya bisa hidup meski tanpa accu. Tiba-tiba mesin motor mati dan gak bisa hidup lagi. Dan sekarang motor gak bisa hidup kalo meski gak pake accu. Apa kerusakan dari motor?

Jawabannya:
Bahwa untuk unit sepeda motor Honda Beat tahun 2011 sistem pengapiannya adalah AC. Sistem kelistrikannya bergantung pada spull yang digerakan oleh poros engkol mesin. Sistem kelistrikan ini akan mengikuti putaran mesin, ciri-cirinya bisa kita lihat pada lampu utama/headlamp. Jika arus AC (Alternating Current), maka redup dan terangnya lampu akan mengikuti putaran mesin, jika dalam keadaan stasioner/langsam maka cenderung redup. Apabila putaran engine dalam rpm tinggi maka lampu akan semakin terang.

Pada sistem pengapian AC ketika accu dicopot (tidak dipasang) maka mesin masih bisa menyala. Hal ini dikarenakan dari pabrikan sudah diseting jika supply arus DC dari aki tidak ada maka secara otomatis spull akan mengirimkan arus ke kiprok dan dari kiprok langsung diteruskan ke CDI dan lampu. Mesin tetap masih bisa hidup, akan tetapi arus listrik yang dikeluarkan oleh spull tidak sestabil yang dikeluarkan oleh accu sehingga mesin akan brebet dan lampu menjadi redup ketika di rpm bawah/stasioner. Kondisi ini dikarenakan ketergantungan dari putaran mesin, semakin tinggi rpm semakin stabil mesin dan nyala lampu semakin terang.

Dan efek dari tidak dipasang accu ini akan menyebabkan kiprok akan menerima beban kerja yang over. Lama-lama kiprok akan cepat rusak dan akan mengakibatkan spull juga ikut rusak sehingga mesin sulit untuk dihidupkan.

Advertisements

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin