Apakah Tetap Aman Pengendara Berada diatas Motor Saat Mengisi BBM?

Apakah Tetap Aman Pengendara Berada diatas Motor Saat Mengisi BBM?
Apakah Tetap Aman Pengendara Berada diatas Motor Saat Mengisi BBM?

Shell menjadi salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang memiliki regulasi untuk turun dari sepeda motor atau keluar dari dalam mobil ketika melakukan pengisian bahan bakar. Hal ini menjadi presedur standar yang dilakukan demi keselamatan bersama di lingkungan SPBU.

Bila Shell sudah sejak lama menerapkan hal tersebut, lantas bagimana dengan Pertamina. Menjawab permasalahan ini, Vice President Fuel Marketing Pertamina Afandi, mengatakan meski tidak mengharuskan konsumen turun dari kendaraan, namun Pertamina tetap memiliki standard operating procedure (SOP) untuk menjaga keamanan.

“Kita juga punya regulasi itu, intinya bukan harus turun dari kendaraan tapi mematikan mesin saat sedang melakukan pengisian bahan bakar ke dalam tangki. Alasannya jelas untuk safety, mesin (kendaraan) harus dalam kondisi mati,” kata Afandi.

Menurut Afandi, saat ini manajemen di SPBU sudah mulai kencang menjalankan regulasi mematikan mesin saat isi BBM. Bahkan bila ada konsumen yang tidak mematikan mesin kendaraanya maka tidak akan dilayani.

Saat diperjelas mengenai kondisi apakah tetap aman pengendara berada di atas motor saat mengisi BBM, khususnya motor sport dengan tangki di luar jok, Afandi hanya menegaskan hal tersebut aman dilakukan.

“Ya, tapi intinya mesin dalam kondisi harus mati, jangan turun tapi mesin tetap hidup karena itu sama saja memiliki potensi tinggi,” ucap Afandi.

6 Comments

  1. Bukan masalah keamanannya,tinggal turun saja apa susahnya,cuma kalo orang difable kurang tau juga,apa harus turun demi safety,satu lagi safety riding khusus difable seperti apa

  2. Yang turun supir doang atau semua penumpangnya?
    La kalo yang ngisi bis apa ya harus turun semua penumpang nya

    Kalo yang turun cuma supirnya, sementara yang pegang duit penumpang nya, ngapain supir aja yang turun

    Think hard

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan