Tips Pengereman Secara Mendadak dengan Teknik

Tips Pengereman Secara Mendadak dengan Teknik
Tips Pengereman Secara Mendadak dengan Teknik

Dalam berkendara menggunakan sepeda motor, seorang bikers dituntut harus tetap waspada untuk mengantisipasi hambatan atau rintangan yang terjadi ketika sedang riding.

Tak jarang juga pengendara harus bisa secara cepat bereaksi untuk melakukan pengereman ketika mengalami rintangan di jalan raya. Nah, untuk melakukan pengereman secara mendadak ada teknik agar saat proses pengereman tidak ada ban yang mengalami gejala ngesot.

  1. Tutup gas dengan cepat, kemudian tarik rem depan, kemudian injak rem belakang. Makanya jangan biasakan kedua jari nempel di tuas rem depan saat sedang berkendara. Karena ketika melakukan pengereman maka secara spontanitas akan cepat memencet rem depan, sedangkan tuas gas belum diturunkan atau ditutup. Sehingga rem dilakukan untuk melawan putaran mesin, tidak untuk mengurangi kecepatan, yang akhirnya tidak efektif
  2. Biasanya karena panik pengendara suka lupa mengontrol ketika sedang menginjak atau menekan tuas rem. Akibatnya, ban terkunci yang menyebabkan ngesot. Kalau dipelajari, orang panik selalu melakukan kebiasaanya. Jadi kalau panik, pengendara tersebut biasa melakukan rem sekuatnya, maka akan berulang terus. Makanya harus dilatih untuk melakukan proses pengereman tidak sekaligus ditekan atau diinjak sekuatnya, tapi ditekan semakin keras dengan cara bertahap, dengan begitu maka ban tidak akan terkunci namun kecepatan motor bisa berkurang dengan baik.
  3. Ketika berhenti setelah melakukan pengeraman mendadak, usahakan mesin tidak sampai mati dan kaki yang turun pertama sebagai tumpuan adalah kaki kiri. Karena di Indonesia, lalu lintas di sebelah kiri biasanya lebih lambat, sehingga area yang aman adalah di sebelah kiri lalu ketika akan melanjutkan perjalanan kembali, biasakan untuk menoleh ke belakang bagian kanan, untuk memastikan kondisi di belakang aman, saat akan melanjutkan perjalanan.

Penjelasan oleh Johanes Lucky, chief instructor safety riding PT Astra Honda Motor (AHM)

7 Comments

  1. Kalau sy, teknik sy mengerem mendadak ala ala abs. Tp pastinya tdk secepat abs. Setelah bersamaan ditarik kuat rem belakang dan depan, rem depan dimainkan dengan cepat. Lepas lalu tarik lalu lepas lalu tarik lg. Tetgantung kebutuhan. Berapa banyak dilepas tergantung kebutuhan. Biasanya sy tdk melepas tdk ful

  2. Oh ia sy lg teknik saya tp bukan mengerem mendadak. Kalau kita kencang trus ada hambatan di depan yg tiba tiba dan kita sdh mengerem kuat tp rasanya akan kena atau ngesot, sy biàsa meliuk liuk kecil kanan kiri pada garis lurus. Lumayan efektif menghentikan laju motor

  3. Namun Ada tips yang lebih paten tanpa harus menghadapi situasi seperti yang artikel atau komen diatas, patuhi rambu lalulintas dan berkendara jgn melebihi batas kecepatan dijalan. Ini lebih penting dari tips2 yang diberikan.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan