Balada Rem Matik Yang Suka Ngeblong di Turunan Panjang Yang Tajam

Rem Matik Yang Suka Ngeblong di Turunan
Rem Matik Yang Suka Ngeblong di Turunan

Ini adalah Balada Rem Matik Yang Suka Ngeblong di Turunan Panjang Yang Tajam gan. Beberapa kalai James Bons tulis artikel serupa dengan kondisi dan tempat yang berbeda, tetapi dengan sebab yang sama, yakni nasib matik yang mengarami rem blong ketika melahap turunan tajam yang panjang di pegunungan. Ini tak bicara masalah merk, tapi justru masalah skill riding saja gan.  Bahwa ketika membawa motor matik banyak yang dalam kecepatan tinggi,  di turunan, lalu ngerim dalam aktu yang lama tanpa jeda, dan dari sinilah petaka berasal. Sebuah kejadian yang baru saja berlalu diposting oleh mas bro Cham Kholloc, tentang horornya matik saat di turunan panjang dan tajam:

“Buat sobat pengendara skubek alias motor bertransmisi CVT yang suka naik turun gunung, harus hati-hati dengan bahaya turun gunung naik motor matik.

Soalnya, rem bisa tiba-tiba blong dan ini bikin bahaya kalo turun gunung naik motor matik.

Kejadian begini sering dialami para pengendara motor matik yang hobi riding di pegunungan, terutama yang belum terlalu mengenal medannya.

Hal ini bisa terjadi karena turunan panjang dan curam biasanya memaksa pengendara motor matik lebih sering menekan pedal rem.

Ditambah lagi, mesin bertransmisi CVT gak ada engine brakenya, kerja rem pun lebih berat menahan beban motor dan pengendara.

Nah, hal ini bisa bikin kampas rem dan piringannya kepanasan dan gak bisa mencengkeram

Tapi, penyiraman pada piringan cakram sebenernya berisiko bikin piringan peyang. Lebih baik ditunggu suhunya turun secara alami dan lanjut jalan lagi.

Amannya lagi sih, kalo turun gunung naik motor matik, mendingan pakai kecepatan rendah dan atur ritme pengereman, jangan ditahan terus, tetap kasih jeda.

Karena panas yang berlebihan pada sistem rem bisa membuat minyak rem mendidih yang menimbulkan angin palsu di sistem pengereman hidrolik.
FOTO
motor matic menghantam sebuah pick up dari belakang akibat rem motor matic tidak berfungsi
lokasi turunan jurang wedi ireng taman nasional bromo tengger semeru

Ya semoga jadi pembelajaran bagi kita semua gan.

9 Comments

  1. Kondisi jalan basah itu,bisa saja ban sudah mulai terkikis ban susah nge grip,mungkin juga bobot lumayan berat,jarak rem terlalu longgar

    • kalo ban kayaknya ga semudah itu gan.. kalo rem memang rawan.. saya dan saudara saya sudah mengalami sendiri kejadian rem blong pake pario 125.. apalagi matik matik cbs yang ga bisa gantian rem antara rem depan dan belakang..

  2. pake nmax abs di daerah puncak parangtritis itu, kaget ternyata engine brake juga ga ada, perdana pake nmax, perdana make di pegunungan.

    untung udah kebiasaan gak sering2 ngerem… baru tau ternyata efek terlalu sering ngerem bisa bikin blong…

    soal engine brake dan rem ini kayaknya mesti lebih banyak lagi orang tau, beda jenis motor, beda teknologi, beda cara,

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan