Hasil Sidang Isbat: Mulai Sabtu Besok Umat Islam Berpuasa

Awal puasa 2017
Awal puasa 2017

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan. Pemerintah telah memastikan kapan awal puasa Ramadhan 2017, psca usai melaksanakan sidang isbat. Ya, Jumat (26/5/2017) malam, atau malam Sabtu pemerintah telah menetapkan awal bulan Ramadhan berdasarkan hasil sidang isbat untuk penentuan awal puasa Ramadhan 2017 pada Jumat sore jelang malam.Yup, sidang tersebut akan mempertemukan para tokoh dan organisasi massa Islam untuk bersama-sama menetapkan awal puasa Ramadhan. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan, pemantauan hilal baru mulai dilakukan pada Jumat. Ada 90 lokasi pemantauan tersebar di seluruh Indoensia. Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyatakan bahwa NU tak bisa menentukan kecuali sudah melakuan rukyat untuk melihat hilal dalam penentuan awal puasa Ramadhan 2017.

Sementara   Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah jauh-jauh hari sudah menyatakan, awal puasa Ramadhan 2017 dimulai pada 27 Mei 2017. Penetapan itu tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/2017 tertanggal 1 Maret 2017.

Nah dari hasil rukyah di berbagai tempat, ada beberapa yang memang melihat hilal, yakni di Tanjung Kodok Lamongan Jatim dan Manado. Maka kemudian pemerintah melalui menteri agama menetapkan bahwa 1 ramadan jatuh pada tanggal 27 mei atau Sabtu besok, jadi malam ini umat islam sudah mulai menjalankan tarawih.

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin