Modifikasi Motor Bermesinkan Mobil Sport | Bonsaibiker

Modifikasi Motor Bermesinkan Mobil Sport

Modifikasi Motor Bermesinkan Mobil Sport

Modifikasi Motor Bermesinkan Mobil Sport

Seorang modifikator asal Selandia Baru, Marcel Van Hooijdonk, membuat terobosan yang cukup mencengangkan. Dia merakit sebuah motor yang dikombinasikan dengan mesin mobil sport, Subaru WRX yang disebut MadBoxer.

Proyek inovasi ini rupanya terinspirasi sejak 2009, di mana seorang desainer bernama Ian McElroy membuat serangkaian gambar sepeda motor yang salah satunya disebut “Kickboxer”.

Bukan namanya yang menyedot perhatian, melainkan motor tersebut dianggap menarik oleh Marcel karena mengusung mesin berkapasitas 2,5 liter milik Subaru WRX.

Untuk membangun motor impiannya ini, Marcel mencari sejumlah perlengkapan termasuk mesin Boxer, roda, dan beberapa suku cadang.

Agar dapat menjadi legal di jalan raya, khususnya di Selandia Baru, Marcel membuat hal paling kompleks di bagian awal, yakni swing arm depan dan center steering.

Setelah itu, mesin yang telah dirakit dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis dua percepatan.

Agar mempermudah saat di jalan, saklar motor tersebut kini menggunakan tombol yang terletak di bagian kiri stang

Marcel juga merombak pengoperasian sistem pengereman yang biasa menggunakan kaki di pindah ke bagian stang kanan.

Rem depan menggunakan produk Buell. Sementara tangki dan jok, dipesan langsung dari Jepang. Sedangkan sejumlah komponen seperti engine guard, stang, sasis, serta swingarm, dibuat secara lokal.

Bagian kelistrikan motor modifikasi ini bersumber dari baterai lithium-ion yang diletakkan di bawah jok. Namun Marcel menuturkan untuk kelistrikan cukup sulit karena setidaknya dibutuhkan waktu selama satu tahun.

Sayangnya, tidak ada informasi seberapa kencang motor bermesin mobil sport ini di jalan raya atau hasil dynotest.

Dikutip dari Autoevolution

Advertisements
%d bloggers like this: