Gungung Sinabung Kembali Meletu Muntahkan Abu Setinggi 4.2 Kilometer

Gungung Sinabung Kembali Meletu Muntahkan Abu Setinggi 4.2 Kilometer
Gungung Sinabung Kembali Meletu Muntahkan Abu Setinggi 4.2 Kilometer
Buddy dari postingan Fredy Giinting ke “WAJAH BATAM”4 jam lalu tentang meletusnya gunung Sinabung ini dengan statmen berikut:

“Ya allah semoga tanah kelahiran kami baik baik saja
Sungguh dasyat kuasa mu ya allah
Tolong bilang amin pada kawan di TANAH KARO ( SUMUT ) agar baik baik saja dan tidak memakan korban jiwa lagi
AMIN
#Sinabung

Yup, gunung yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ini hari ini Rabu (2/8/2017) sekitar pukul 10.00 WIB. kembali melontarkan abu setinggi 4,2 kilometer dan meluncurkan awan panas sejauh 4,5 kilometer ke arah tenggara dan timur. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dari Kompas mkejelaskan bawa dari pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG diketahui bahwa hari ini, pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, telah terjadi beberapa kali letusan dan 17 kali awan panas guguran di puncak gunung ini.

Berikut beberapa foto dari TKP ngutip status FB di atas:

Pukul 10.09 WIB pagi tadi  awan panas guguran meluncur sejauh 4 kilometer ke arah tenggar dan timur dengan tinggi kolom abu 3 kilometer. Lalu pukul 10.14 WIB, letusan kembali muncrat sejauh 3 kilometer plus luncuran awan panas guguran sejauh 4 kilometer ke arah tenggara dan timur. Kemudian pukul 10.20 WIB dan 10.31 WIB meletus lagi.

Dalam musibah ini ribuan penduduk terkena hujan abu vulkanik. Namun begitu sejauh ini tak ada laporan korban jiwa. Berbagai desa yang terkena hujan abu diantaranya adalah Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung.

Kabar terakhir sebanya 7.214 jiwa atau 2.038 KK mengungsi di 8 pos pengungsian. Namun hanya ada 2.863 jiwa yang tinggal di pos pengungsian. Warga lainnya banyak yang tinggal di tempat lain di luar pos pengungsian.

 

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin