Motor Balapan Jatuh Dan Menyebabkan Bus Yang Menabraknya Terbakar
Motor Balapan Jatuh Dan Menyebabkan Bus Yang Menabraknya Terbakar

Motor Balapan Jatuh Dan Menyebabkan Bus Yang Menabraknya Terbakar, Siapa Yang Disalahkan Polisi? Ya, ini sekedar diskusi ringan gan, tentang fenomena lakalantas. Di Indonesia ini ada sedikit kecenderungan bahwa yang lebih gede yang sering disalahkan. Misal tabrakan truk sama motor, sering yang disalahkan truknya, walau belum tentu truk bersalah. Nah bagaimana dengan yang terjadi pada kasus ini, dimana bus nabrak motor yang terjatuh karena balapan di jalan raya lalu busnya terbakar?

Kronologis

Yup, kecelakaan yang terjadi pada hari Sabtu tgl 5 Agustus 2017 sekitar pukul 20.30 wib di Jalan raya Madiun-SurabayaDs. Garon Kec. Balerejo Kab. Madiun ini kronologisnya menurut saksi mata sebagai berikut:

“Bus datang dari arah timur dengan kecepatan sedang, dari arah barat melihat 2 SPM yanPErg saling berkejaran dengan kecepatan tinggi dan dilokasi kejadian kedua SPM tersebut bersenggolan dan terjatuh. Karena jarak yang sudah dekat dan posisi bus mendahului kendaraan lain sopir tidak dapat menghindar sehingga menabrak bus yang datang dari arah berlawanan tersebut.”

Perusahaan Bus Nuntut Ganti Rugi ke Pemotor

Sering memang kita dengar manajemen bus Sugeng Rahayu  dituntut pertanggung jawaban akibat busnya yangn, ugal-ugalan, lalu kemudian terjadi kecelakaan. Nah, kini terjadi sebaliknya gaanpihak manajemen meminta ganti rugi dalam kasus terbakarnya bus Sugeng Rahayu di Madiun ini. Pihak bus Sugeng Rahayu merasa tak bersalah. Yang bersalah adalah pengendara motor yang motornya terjatuh dan masuk ke kolong bus sehingga membuat bus terbakar.

Menurut manajemen bus, total kerugia yang dialami sekitar Rp 1 miliar.

2 Fakta di Lapangan

Sebagai bahan pertimbangan gan, ada 2 fakta yang saling bertentangan untuk menentukan siapa yang bersalah dalam kasus ini:

Pertama ada banyak saksi mata yang mengatakan bahwa karena motor yang jatuhlah maka bus Sugeng Rahayu terbakar. Motor tersebut sebelumnya saling berbalapan dengan dua motor lainnya sehingga jatuh dan akhirnya terlindas lalu masuk kolong bus dan membuat bus terbakar.

Ke dua, bahwa bus itu dalam kondisi menyalip meskipun kabarnya tidak terlalu kencang. Ini memungkinkan bus dipersalahkan.

Penyidikan Polisi

Kini kasus ini memang dalam penyidikan polisi, tiga kru bus yang tahu persis kejadian itu, yakni Agus Riyanto sebagai sopir dan Riski sebagai kenek, juga ada Kondektur Arbai, kini telah dimintai keterangan Unit Laka Polres Madiun.

Vidionya gan:

https://youtu.be/sexPfDbaZUI

Nah, siapa yang bersalah menurut agan sekalian,lalu siapa yang bakal diwajibkan bertanggungjawab oleh polisi?Monggo bagaimana menurut agan sekalian?