Tilang Berdasarkan Rekaman CCTV Berlaku Mulai 1 September, Baru Surabaya Gan

tilang
tilang

Ada selentingan kabar baru ni gan dari liputan 6, bahwa kini Tilang Berdasarkan Rekaman CCTV Berlaku Mulai 1 September. Kbar ini menyatakan bahwa Forum Pimpinan Daerah Kota Surabaya melalui “Focus Discussion Group” di Kantor Polrestabes Surabaya menyepakati bahwa penilangan bakal dilakukan berdasarkan pantauan kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang telah terpasang di berbagai ruas jalan raya. Ingat dah mulai berlaku sejak 1 September 2017 lalu gan.

Ngutip statmen Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Muhammad Iqbal usai kegiatan diskusi, Kamis, 31 Agustus 2017, yang dilansir Antara menyatakan begini gan, 

“Hadir di sini ada Pak Kajari, Pak Ketua Pengadilan Negeri, serta perwakilan Pemerintah Kota Surabaya. Selain tim dari pakar hukum yang menyepakati segera diberlakukannya tilang CCTV mulai September.”

Masih menurut bapak ini penerapan sistem tilang tersebut dimulai dari tahapan sosialisasi yang akan berlangsung selama September. Selanjutnya petugas bakal mendatangi rumah pelanggar lalu lintas berdasarkan rekaman CCTV tersebut pada Oktober. Berikut masih dari statmen pak Kapolrestabes Surabaya:

“Sepanjang masa sosialisasi ini, kami cuma memantau dari kamera CCTV. Setiap pengendara yang terpantau melanggar akan kami catat dan kami layangkan peringatan melalui surat ke rumahnya.”

Penerapan tilang melalui pantauan CCTV ini masih menurut pak polisi dasar hukumnya dinilai sudah jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Nah bakal kuatkan lagi regulasinya. Seluruh perangkat tilang CCTV  dibuat oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surabaya.

Wah, kira-kira bakal merembet ke kota lain gak gan?

Advertisements
Advertisements

7 Comments

  1. Kurang efektif mbah,CCTV belom tentu jelas shoot nopol,tempat tinggal yg tertera Di stnk berdasar nopol blom tentu sama😂,yakin Masih Banyak yg ngelanggar😂

    • Sudah pake teknologi baru kamrenya bongsor gede tp bisa ngrekam full HD buat liat pelanggaran pengendara + plat nopol, asli kudu wani tertib nang sby saiki

  2. Motor dengan posisi plat agak tersembunyi aman dong
    Cari aja posisi plat yang kelihatan dari depan/belakang tapi g terlihat dari atas

  3. di jkt udah lama wacananya, tapi hanya sebatas wacana.
    mantep ini kalau diterapin di seluruh indonesia, bisa tertib semua, dan kejahatan pun bisa menurun

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin