Tips Instalasi Aman Audio Mobil

Tips Instalasi Aman Audio Mobil
Tips Instalasi Aman Audio Mobil

Pemasangan aksesori atau komponen tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan, berpotensi menimbulkan masalah, seperti terjadi arus pendek yang mengakibatkan kebakaran mobil. Begitu juga ketika pemasangan audio, baik masih dalam kondisi standar atau full spesifikasi.

Dijelaskan Eddie Soesanto, punggawa Cartens Autosound, semua perangkat elektronik selalu ada resiko kebakaran jika tidak dipasang dengan benar.

“Kita harus mulai dengan pemilihan kabel harus bagus, instalasi harus rapi, dan perlengkapan yang kita tambah memang harus sesuai dengan prosedur. Misalkan, kabel harus kualitas bagus atau tidak, ada pelindung (sekring),” jelas Eddie.

Lanjut pria gondrong ini, dengan adanya pengaman kabel atau sekring, ketika terjadi konsleting bisa mengamankan kabel dan tidak terjadi kebakaran.

“Nah, ada beberapa kali yang saya lihat teledor adalah penambahan aksesori yang berpotensi terjadi korsleting tidak ditambahkan sekring,” tambah pria ramah ini.

Jadi, jika dilihat dari banyak kasus yang terjadi, banyak keteledoran dari pemilik ketika menambahkan perangkat aftermarket, sehingga APM bilang tidak boleh menambahkan sesuatu di mobil agar garansi tidak hilang.

“Anda boleh menambahkan sesuatu, tapi apakah sesuai prosedur, kerapihan, dan keamanan. Kalau dilihat APM ketika pemasangan kabel, harus ada selongsong dan pelindung, dan aftermarket juga harus mengikuti prosedur tersebut,” tegas Eddie.

Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin