Cara Pilih Jok dengan Bahan Kulit Replika atau Sintetis

Cara Pilih Jok dengan Bahan Kulit Replika atau Sintetis
Cara Pilih Jok dengan Bahan Kulit Replika atau Sintetis

Jok atau tempat duduk pada mobil menjadi salah satu bagian yang tak luput dari perubahan. Kenyamanan menjadi salah satu alasan konsumen, karena bagian interior ini secara langsung bisa dirasakan oleh penumpang sepanjang perjalanan.

Dewasa ini berbagai bahan dasar jok dipasarkan di Indonesia. Salah satu yang paling nge-hits yakni bahan jok dengan bahan kulit replika atau dikenal dengan sintetis. Maklum, harga bahan kulit sintetis tergolong lebih terjangkau.

Nah, meski murah namun ada beberapa yang harus diperhatikan untuk mengetahui bahan kulit sintetis yang baik dan benar. Menurut Thjie Tjie Fie, Assistan Marketing Manager Accura (jok kulit sintetis Accura), untuk menentukan jok kulit sintetis berkualitas bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, kata dia, untuk mengecek jok kulit sintetis bisa dilihat dari scretch atau garis yakni disentuh menggunakan kuku.

“Biasanya kalau yang murah diginiin (digesek pake kuku) ada garisnya atau surfacenya keluar. Sebaliknya, jika bahan itu bagus tidak terdapat garis. Apalagi digores pakai kunci,” ungkap Thjie.

Thjie Tjie juga mengungkapkan, ciri-ciri dari bahan kulit sintetis yang baik seharusnya memiliki permukaan sehalus dan semirip dengan kulit. Kendati begitu, bahan jok kulit sintetis juga memiliki berbagai corak salah satu yang banyak digemari yaitu model kulit jeruk.

Kualitas kulit sintetis bisa juga dilakukan dengan cara ditarik untuk melihat kelenturannya. Model yang baik tidak cepat melar. Meski terlihat rongga-rongga, namun tidak cepat menyerap air.

“Selain itu untuk model kulit bahan murah biasanya cepat luntur, karena kualitas bahannya,” ujarnya.

Adapun untuk usia pemakaian normal, bahan kulit sintetis biasanya tak mudah luntur di tahun tiga dan keawetannya dapat digunakan hingga lima tahun.

Advertisements

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin