Pemasangan Lampu Sein Sepeda Motor Menurut Peraturan Pemerintah

Pemasangan Lampu Sein Sepeda Motor Menurut Peraturan Pemerintah
Pemasangan Lampu Sein Sepeda Motor Menurut Peraturan Pemerintah

Menurut akun Instagram Kementerian Perhubungan RI @kemenhub151 berbelok arah saat mengendarai sepeda motor memerlukan kecermatan dan kehati-hatian. Apalagi jika jalan yang dilalui sedang padat lalu lintas.

“Kecerobohan kita dalam mengendalikan arah kendaraan bisa menimbulkan akibat fatal. Untuk itu, nyalakanlah lampu penunjuk arah terlebih dahulu untuk memberi isyarat kendaraan lain,” tulis dalam akun @kemenhub151

Karena itu, lampu penunjuk arah memang sudah diwajibkan terpasang pada sepeda motor. Karena lampu sein fungsinya vital, yakni membantu kita saat berbelok agar terhindar dari kecelakaan.

Selain itu, syarat pemasangan lampu penunjuk arah khususnya sepeda motor juga telah ada dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 25, yakni :

1. Lampu penunjuk arah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 huruf c harus memenuhi persyaratan:

a. Berjumlah genap;

b. Dapat dilihat pada waktu siang dan malam hari oleh pengguna jalan lain;

c. Dipasang pada sisi kiri dan kanan bagian depan Kendaraan Bermotor dengan ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter; dan

d. Dipasang pada sisi kiri dan kanan bagian belakang Kendaraan Bermotor dengan ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter.

2. Lampu penunjuk arah untuk Sepeda Motor dipasang secara berpasangan di bagian depan dan bagian belakang Sepeda Motor, sejajar di sisi kiri dan kanan.

Advertisements

2 Comments

  1. trus kalo lampu sein yang udah di modif trus bentuknya mungil banget… kedipnya juga ga jelasss… itu bijimane yaa..??? pasti ente pernah liat kan yg kaya gitu.. hehehe..

  2. Perasaan ada juga deh pasal warna lampu sein (sign) harus warna kuning.
    Yang bikin dongkol ya motor bagus, sein nya warna biru/merah/ijo, hadeeeehhhh ga ngerti aturan

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin