Cuci Motor Listrik Gak Boleh Ngasal. Ni Caranya Gan

Cuci motor listrik
Cuci motor listrik

Bonsaibiker.com – Setelah adanya promo secara besar-besaran tentang penggunaan motor listrik waktu lalu bersama Gubernur DKI Anis Baswedan, sepertinya Motor listrik akan banyak peminatnya ni gan. Ditambah lagi nantinya ada dukungan dari pemerintah berupa aturan yang jelas tentang motor listrik sudah keluar.  Mungkin masyarakat khususnya warga Jakarta bisa jadi beramai-ramai membeli motor listrik.

Kalau sudah beli dan memiliki serta menggunakan berarti harus tau juga ni gan cara nerawatnya biar ga cepet rusak dan awet. Ternyata gak hanya  cara pengendaraannya saja yang beda. Tapi cara mencucinya juga gak boleh ngasal gan. Karena, menurut salah seorang yang telah rutin menggunakan motor listrik untuk kesehariannya, apabila pencucian motor listrik tak benar maka bagian kelistrikannya bisa terkena korsleting.

Wakil Ketua Viar Electric Community Raditya mengatakan bahwa mencuci motor listrik harus hati-hati takutnya air ada yang masuk di sistem kelistrikannya dan pada akhirnya akan mengakibatkan korsleting. Tapi jangan khawatir karena motor listrik itu ada sistem preventif nya kok. Dia ada saklar tersendiri di bagian sensitif nya. Cara mencuci motor listrik yang benar motor jangan dicuci seperti biasa yakni disemprot ke seluruh bodi motor, cukup pada bagian dek dan kaki-kaki saja. Jangan disemprot di bagian atas motor (pakai semprotan steam motor), cukup dibagian bawah aja yaitu bagian dek dan kaki-kaki karena disana ada anti banjirnya sehingga aman terkena air. Bagian atasnya cukup di lap basah seperti dashboard keatas. Meskipun termasuk rawan bila terkena air yang sangat deras karena dapat mengakibatkan korsleting, motor listrik masih aman terkena air hujan. Tapi kalau sudah deras airnya seperti semprotan yang di steam kendaraan, itu yang cukup bahaya. Karena air bisa aja masuk ke sistem kelistrikannya. Jadi untuk mencegah hal itu, cukup di lap saja bagian atasnya pakai lap basah saja.

 

Baca juga

Kalo Bus Transjakarta Pakai Tenaga Listrik Gimana Gan?

E-Fuso Vision One Mitsubishi Truk Bertenaga Listrik

Kemenhub Dukung Keberadaan Kendaraan Listrik di Indonesia

Selama Tiga Tahun Tiga Mahasiswa Merubah Motor Biasa Menjadi Motor Listrik Bertenaga Surya

 

Advertisements

3 Comments

  1. halah susah bener nyuci nya.. klo kotor daerah2 kawasan industri atau perbaikan jalan MRT yg ada bleber sampe ke atas2

    ribed

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin