Komparasi N-max vs PCX, versi FBY?

Komparasi N-max vs PCX versi FBY
Komparasi N-max vs PCX versi FBY

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, semenjak meluncurnya All New Honda PCX lokal yang dibanderoll mepet dengan N-max, terjadi gonjang-ganjing di dunia persilatan. Ya apa itu dunia persilatan? Hehehe, agan sekalain pasti tahulah gan, di dunia FB kalau keluar motor baru bakal rame saling banding membandingkan dengan produk kompatitor lalu membuat komparasi dari sudut pandang masing-masing. Ya lihat saja, Komparasi N-max vs PCX,  versi FBYkah yang di atas? nanti juga bakal ada Komparasi N-max vs PCX versi FBH mungkin hahaha, sekedar pengingat mungkin agan lupa,  FBY singkatan dari Fans Berat Yamaha, dan FBH singkatan dari Fans berat Honda.

Pertama James Bons tulis judul artikel ini dengan Komparasi N-max vs PCX, versi FBY. Hal ini James Bons lakukan dengan melihat pergerakan komentar didunia maya yang tidak terima dengankomparasi seperti gambar di atas. Menurut netizen, terlalu banyak yang memihak Yamaha dalam komparasi tersebut. Ya itu menurut banyak netizen yang komentar di sosmed, kalau agan sekalian berpendapat beda ya monggo, pebedaan itu mencerdaskan, dan debat itu bikin semangat belajar, aihihihi. Ya ini kan baru pertanyaan betulkan ini komparasi versi FBY?

Ya, sekelompok netizen lain banyak yang terima lho gan dengan komparasi di atas, dengan mengatakan bahwa komparasi di atas adalah fair, dan N-Max sebagai pemenangnya.

Ya, apapun itu, di atas adalah hanyalah sebuah judul, adapaun seuju tidaknya James Bons sepenuhnya serahkan pada agan sekalian. Bebas berpendapat,

Lanjut bahasan ke dua,  ngitip dari wallnya Cak Munif yang menggagas komparasi yang menghebohkan ini. Bahwa banyak hal yang dikomparasi adalah benar adanya menurut James Bons, namun beberapa hal dipertanyakan oleh beberapa netizen ya mungkin juga. Cekidot dialognya :

Joko Hariyanto  :

Vva ga bisa di jadikan perbandingan… krn vva utk yamaha… mgkin bgitu

Sumarna :

kl d tilik lbh dalam… sbnerny vva ymha mngcounter technologi pgmfi esp nya honda.dmn dari esp adlh mnjabarkan atw rangkuman dari 10 isi dari technologinya pgmfi esp yg berintegrasi secara keseluruhan ..
dan salh satunya adalh vva..
dimna vva yamaha bermaen di solenoid utk mnsuplay bahan bakar d putaran tinggi..sementara honda bermaen di variable speednya yg ada di transmition belt… 😂 imho..

Sumarna :

diameter ban 14 in… bukn suatu nilai plus tah d motor gambot ?

Deka Dhoni Kudo :

“Diameter jgn dijadikan kelebihan….ntar kalah ama skywave yg udah 16”

Sumarna :

😂 5cc ae d jadikn kelebihan…👌 …😂😂😂
moso diameter ring ban ora …😂😂😂

Oceh, untuk perbandingan power, memang masih abu-abu. Lha Honda belum nyantumin power PCX lokal ini gan. Hanya mungkin bila sama, kita bisa merujk Honda Vietnam yang telah mengeluarkan data power PCX ini. Hanyasaja sama gak, PCX Indonesia dan Vietnam? Cekidot ini Spec PCX 2018:

  • Cylinder capacity: 149.32cm3 (*)
  • Bore x  stroke : 57.3mm x 57.9mm
  • Compression ratio : 10.6: 1
  • Maximum output power : 10.8kW @ 8,500rpm
  • Maximum torque : 13.6N.m @ 6500 rpm

Dari sini, andai bener bahwa power PCX Indonesia sama dengan PCX Vietnam, berarti bener ck Munif, memang N-Max lebih Superior. Cekidot saja Spec N-Max 2018 Ini!

  • Kapasitas Mesin 155cc
  • Diameter x langkah 58,0 mm x 58.7 mm
  • Perbandingan kompresi 10,5 : 1
  • Daya maksimum 11.1 kW/8000 rpm
  • Torsi maksimum 14.4 Nm/6000 rpm

PCX Powernya hanya 10.8 KW sementara N-max adalah 11.1 KW. BTW itu masih 50-50 gan, masalahnya berat bada,besar ban, kompressi, dan lain sebagainya harus dihitung dengan matang untuk menentukan Power, berat dan rasionya.

Selnjutnya beberapa pertanyaan sentilan netizen adalah menyangkut ban, apakah ban gambot menjadipoint tersendiri? Aihihihi, itu dia yang mengundang pertanyaan, sehingga gambar di atas dinamakan Komparasi N-max vs PCX, versi FBY?

Selebihnya ya monggo saja gan, silakan nilai masing-masing!

Advertisements

11 Comments

  1. Karena bersifat rangkuman, mau ga mau jadi memang Nmax yg terlihat lebih, padahal fitur seperti LED itu kudunya pcx yg dpt warna ijo, karena full led, sementara Nmax Cuma rem sama lampu depan aja..

    Fitur semacam iss, alarm, answer back, Hazard aja gak ikut disebut.. Padahal itu juga keunggulan pcx.. Jok dengan stopper, lumbar support, tutup tangki dengan pembuka.. Ya banyak sih sbnrnya wkwkw…

    http://kobayogas.com/2017/12/24/modifikasi-lampu-rem-led-gsx-r150-maenan-baru-si-samehada/

  2. Jok lebih lega dan tampang lebih fresh PCX yg lainnya mah nggk penting buat metic. Yg penting enak boncengan

  3. ngebandingin dua motor yang sekelas dan sejenis macam pcx dan nmax ga perlu sebegitu detail, kalau menurutku.

    akan banyak yg tetep pilih nmax, banyaj jg yg bakal ke pcx.

    yang paling penting; mesin sama2 bertenaga cuma beda karakter, desain sama-sama bagus cuma beda selera, ban sama-sama udah cukup lebar cuma ada yg lebih lebar sedikit, lampu sama-sama lah sekelas, LED gak bisa dijadiin kelebihan kalau buatku. suspensi juga, soalnya cuma masalah peruntukan, lalu ABS, ah, motor sekelas ini gak perlu ABS, wkwk..

    soal fitur, pcx lebih lengkap, tapi nmax lebih asik, sepertinya, orang blm njajal pcx jeh.

    sekedar ngramein versus2an 😀

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin