Berita Umum

Vidio Perjuangan Sopir Truk Menaklukkan Kelok Sembilang Sumatera Barat

kelok 9
kelok 9

Bonsaibiker.com – Masbro sekalian, sejarah unik para supir memang mempunyai kisah tersendiri yang menarik untuk disimak, khusunya bagian ketika menghadapi jalan-jalan susah, seperti tanjakan curam turunan terjal dan berkelok. Dalam artikel lalu James Bons tulis tentang Seremnya Tikungan di Jalur SITINJAU LAUIK Untuk Kendaraan Besar,, nah pada artikel inicoba James Bons tuliskan artikel tentang Vidio Perjuangan Sopir Truk Menaklukkan Kelok Sembilang Sumatera Barat.

Kelok 9 yang begitu fenomenal ini diresmikan belum lama gan, yaitu pada tahun 2013. Sebetulnyasih bukan barang baru gan, jalan ini telah dibangun sejak zaman Hindia Belanda (1908-1914). Namun belum seperti sekarang ini, halus dan indah. Pembangunan jembatannya dikabarkan memang memakan waktu yang cukup panjang, mungkin karena menyedot dana yang sangat besar dari APBN. Nmun setelah jadi area ini menjadi salah satu ikon megakonstruksi Sumatera Barat dan kebanggaan pariwisata Indonesia.

Ini dia beberapa foto Kelok 9:

Yup, Jembatan Kelok 9 dibangun untuk menghubungkan antar-lembah yang terletak di kawasan hutan suaka alam dengan panjang total jembatan 943 meter dan jalan penghubungnya sepanjang 2.089 meter.Jalan ini disebut Kelok 9 karena jalanan di daerah itu memiliki 9 belokan atau kelokan. Ruas jalannya sendiri tampak zig-zag menuruni lereng bukit. Terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau.

Posisi jalan ini adalah membentang kurang lebih 300M di wilayah Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. Posisinya sangat strategis, karena bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dengan Pantai Timur Sumatera. Ciri khas jalan ini adalah berupa tikungan tajam yang lebarnya hanya sekitar 5 meter. Dan lebih ngeri lagi jalan ini langsung berbatasan dengan jurang. Hanyasaja yang begitu menggoda adalah panorama di sini memang begitu menggoda, jalan berkelk yang diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Manteb kan gan!

Nah bagaimana perjuangan para sopir truk atau kendaraan besar dalam melewati jembatan ini? lihat gan Vidio Perjuangan Sopir Truk Menaklukkan Kelok Sembilang Sumatera Barat ini!

https://youtu.be/tiuSA5YE388

Yup, vidio di atas, merupakan sebuah ekspresi bagaimana sopir-opir truk atau kendaraan besarberjuang untuk membawa muatannya melewati keloksembilan ini. Dipublish oleh Romansa Sopir Truck dengan statmen berikut:

““Kecek urang jurang kelok sembilan tu dalam, tapi kalo kato uda masih dalam cinto uda ka adiak…”

Perjuangan Truck Semen Padang Menaklukkan Kelok Sembilan, sama seperti ketika kau memperjuangkan cintanya. Penuh perjuangan, tantangan, serta kesabaran! ??

TKP : Kelok Sembilan, Sumatera Barat

*Jangan baper denger backsoundnya ya da…??

-SA-

Seru gan,untuk di coba, ataupun sekedar disimak.

2 komentar pada “Vidio Perjuangan Sopir Truk Menaklukkan Kelok Sembilang Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.