Lagi Rame Kasus Gigitan King Cobra, Berikut Penanganannya!

Penaganana Kasus Gigitan King Cobra

Gigitan King Cobra by bonsaibiker.com – masbrosekalaian, ada beberapa kasus terkait gigitan ular berbisa dalam beberapa minggu belakangan. Ya, misalnya dalam artikel pagi tadi James Bons tulis terkait seorang remaja yang digigit King Cobra peliharaannya sendiri sebagai berikut :

Remaja Usia 19 tahun Tewas Dipatuk King Cobra Peliharaannya

Nah, Bagaimana penanganannya gan?

Penaganana Kasus Gigitan King Cobra
Penaganana Kasus Gigitan King Cobra

Lagi Rame Kasus Gigitan King Cobra, Berikut Penanganannya disampaikan oleh mas bro Febtri Melza Putra :

#OOT #FYI #KING_COBRA #PENANGANAN_PERTAMA

Assalamualaikum mbah, berhubung belakangan ini lagi rame tentang gigitan ular berbisa terurama dari ular jenis king cobra ( ophiopagus hanna) jadi disini saya akan sedikit membahas tentang ular tersebut dan penanganan pertama saat tergigit ular tersebut,

Pertama sebelum kita mengetahui cara penanganannya baiknya kita mengenal lebih jauh tentang si raja kobra ini.
Ular cobra(naja sputatrix) dan king cobra (ophiopagus hanna) adalah salah satu ular berbisa (ingat ya berbisa bukan beracun) paling mematikan di dunia, kedua ular ini dapat dikenali dengan ciri khasnya yang bisa mengembangkan badan bagian bawah agar terlihat lebih besar dan ular ini memiliki beberapa jenis bisa, apa aja sih jenis bisa nya ? Oke kita bahas satu2 ya.
Jadi cobra atau king cobra memiliki 3 jenis bisa yaitu, 1 : bisa jenis NEUROTOXIN ( yaitu bisa yang menyerang bagian neuro alias syaraf, bisa ini bisa menyebabkan korban yang tergigit terkena gangguan syaraf akias syaraf nya tidak berfungsi biasa nya akan timbul gejala seperti lemas dan lumpuh serta tidak bisa mengintrol badannya)
Lalu yang ke 2 adalah bisa jenis HEMOTOXIN ( bisa hemotoxin ini menyerang jaringan atau sel darah merah manusia, efek yang ditimbulkan adalah pembusukan dan jaringan daging menjadi mati di sekitar area yang tergigit )
Yang ketiga adalah KARDIOTOXIN ( Mmenyerang jantung, efeknya adalah gagal jantung pada korban ).
Untuk gigitan ular sendiri ada tipe yaitu drybite alias gigitan kering dan gigitan basah. Untuk gigitan kering sendiri adalah gigitan yang “hanya” menyerempet sehingga bisa yang masuk tidaklah banyak dan biasanya hanya terkena bisa jenis hemotoxin, lalu yang kedua adalaha gigitan basah alias gigitan “telak” yaitu ketika taring dari ular tersebut benar2 menancap di tubuh dan menyuntikan bisa nya. Biasanya bisa yang terkena adalah jenis hemo dan neuro.

Nah kita masuk bagian cara atau pertilongan pertama saat tergigit ular berbisa, langkah2 nya adalah sebagai berikut :
1. Kondisikan korban agar dapat mengatur detak jantungnya. Semakin tenang korban maka semakin lama pula bisa nya tersebar di dalam tubuh
2. Kondisikan korban agar tidak banyak beregerak, karna semakin banyak bergerak maka bisa dari ular tersebut semakin cepat menjalar dan menyebar ke aliran darah
3. Jika tergigit di tangan atau kaki, ambil perban lalu ikat di bagian tubuh tersebut seperti cara mengikat saat patah tulang. Tujuannya adalah agar bagian yang tergigit tersebut tidak bergerak, dan usahakan selalu arahkan bagian yang tergigit ke bawah untuk membantu memperlambat penyebaran bisa
4. Imobilisasi, segera imobilisaso korban ke rumah sakit terdekat, ingat ! Korban jangan disuruh jalan atau pun bergerak sendiri. Dalam imobilisasi tandu saja korban.

Langkah diatas adalah cara2 penangan pertama saat di gigit oleh ular berbisa, cara – cara seperti disayat, diikat atau dihisap tidaklah dianjurkan dan justru hanya membuat harapan selamat anda semakin kecil.
Jadi dah tau kan penanganan pertamanya ? Yaudah yuk share ke teman2 atau orang2 disekitar kita agar semakin banyak yang tau dan terselamatkan.

Mohon maaf jika tulisan saya berantakan ya mbah 😁🙏. Sekian dari saya, wasalamualaikum 🙏
Nb : foto dibawah adalah dokumentasi sekitar 3 tahun lalu
#SALAM_DUA_TARING
#SALAM_HITAM_PEKAT
#BLACKPATTERN_REPTILE

Semoga bisa menjadi pengetahuan.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.