Vixion

Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old alias Lawas 150

Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, coba kita ulas motor Yamaha lawas, yaitu V-ixion. Khusunya kita bahas terkait Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old alias Lawas ini. Barangkali mas bro sekalian ingin memelihara motor ini. Mayan lho, bandel, irit, dan spare part melimpah. Nah mas bro, kan V-ixion itu banyak lho, mulai dari yang lawas hingga yang terbaru. Nah yang kita bahas ini adalah model paling lawas.

Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old
Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old

Sejarah Yamaha V-ixion

V-ixion Pertama

Yup, sebelum kita bahas Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old, kita ulas dulu sejarah V-ixion ini mas bro. Diluncurkan di Indonesia pertama kali 2007 silam, menantang sang juara sport kelas 150 cc yaitu Megapro.

Menggunakan mesin pengembangan dari mesin Yamaha Jupiter MX, yakni SOHC, 4 klep, dengan kapasitas ruang bakar yang diperbesar menjadi 149,8 cc. Untuk edisi pertama ini V-Ixion memadukan konsep klasik dan modern yaitu penggunaan headlamp bundar dan sasis delta box.

V-ixion Facelift Pertama (2010-2012)

Esisi facelift pertama ini yamaha melakukan ubahan beberapa tempat. Paling mencolok adalah perubahan desain lampu utama yang tidak bundar lagi, dengan tampilan lebih meruncing. Edisi ini tidak ada ubahan sedikit pun pada bagian mesin maupun fitur pada Yamaha V-Ixion generasi kedua ini. Jadi jeroan tetep sama persisi makanya initetep disebut V-ixion lawas.

Yamaha New V-Ixion Lightning (2012-2015)
Face Lift ke 2

Yamaha melakukan major change V-Ixion dengan label New V-Ixion Lightning di penghujung 2012. Dari segi desain terlihat lebih kekar dan sporti. Banyak yang berubah, dari bentuk headlamp, panel indikator analog kombinasi digital, tangki bensin, posisi rumah kunci, hingga ke bodi belakang yang serba tajam. Lalu pake swing arm kotak, pelek palang dengan lebar 2,15 inci di depan dan 3,5 inci belakang, dipadu profil ban lebih besar yakni 90/80 di depan dan 120/70 di belakang.

NVL dah pake rem cakram, baik di roda depan maupun roda belakang. Mesin pake kode baru, 1PA, yang menghasilkan power lebih besar, yakni 16,4 dk pada 8.500 rpm dan torsinya 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Yamaha New V-Ixion Advance (2015-2017) Face Lift ke 3

Edisi kali ini disebut dengan NVA atau New V-Ixion Advance. MEngalami perubahan body yang banyak. Yaitu dari bentuk headlamp yang lebih tajam. Bagian shroud dibuat lebih agresif dengan konsep dual layer-nya. Bagian mesin nampak berisi dengan aplikasi engine cover. Kemudian sepatbor belakangnya lebih pendek daripada NVL.

Mesin tetap, power New V-Ixion Advance tetap dikisaran 16,4 dk pada 8.500 rpm dan torsinya 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Bedanya, New V-Ixion Advance menggunakan kode mesin 2PV.

All New Yamaha V-Ixion & All New Yamaha V-Ixion R (2017) Face Lift ke 4

Pada April 2017 meluncur All New V-Ixion dan All New V-Ixion R yang mengalami perubahan radikal bagian desain dan mesin. Tampil dengan fitur kekinian mulai spidometer full digital, lampu depan-belakang full LED, lampu hazard, serta rear sepatbor belakang model gantung.

Khusus untuk All New V-Ixion R, tampil lebih kekar dan sporti lantaran pake swing arm banana, pelek palang milik All New R15, profil ban belakang 130/70-17, serta foot step racing.

Untuk All New V-Ixion dibekali mesin 149,8 cc, SOHC, bore x stroke 57 x 58,7 mm, 5 percepatan, dengan tenaga maksimal 16,4 dk / 8.500 rpm dan torsi puncak 14.5 Nm / 7.500 rpm. Lebih mak nyus mas bro, mesin bagian mesin telah dilengkapi Assist & Slipper Clutch.

All New V-Ixion R lebih manteb lagi, bermesin 155,1 cc, SOHC, bore x stroke 58 x 58,7 mm, 6 percepatan. Powernya nyampek 19,1 dk /10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8.500 rpm. All New V-Ixion R juga berteknologi Assist & Slipper Clutch serta Variable Valve Actuation (VVA) kayak R15 V 3.

Kelebihan V-ixion Lawas

Nah mas bro, jadi yang kita bahas yang lawas dulu ya, yang anyar nanti kita bikinin artikel lain lagi. Jadi yang lawas adalah yang edisi pertama 2007-2010 hingga facelift pertama tahun 2010-2012. Yup simak kelebihannya :

  • Lincah, handling ringan dan nyaman dipakai.
  • Mesin terbukti bandel. Kini udah 10 tahun lewat, tapi masih ngeksis dan bersaing dengan motor baru.
  • Tampilanya Keren untuk masa itu, dipadu deltabox yang mak nyoos sehingga megaprobertekuk lutut.
  • Performa juoz mas bro. Akselerasinya nampol diputaran menengah ke atas yakni di atas 6000 rpm.
  • Konsumsi BBM mayan irit lho. Pengkabutan kan dah injeksi makanya lebih irit dan efisien.
  • Mudah untuk dimodifikasi
  • Dah pake Radiator
  • Harga jual kembali yang cukup tinggi, gak gampang jeblok.
  • Konon sehernya lebih baik dari yang model baru, harganyapun lebih mahal.
  • Aman bagi boncenger, gak terlalu nungging.
  • Layanan 3s melimpah.

Kekurangan V-ixion old / Lawas

  • Leher knalpot gampang menguning.
  • Terkenal dengan home steer oblak dan harganya mahal.
  • Tenaga asa ngempos di gigi 2 dan 3 bila dipaksa tarik gas Pool, sehinga kudu oper gigi ke tinggi atau ke rendah.
  • Oper gigi agak keras dan kedengeran blethak dari gigi satu ke dua.
  • Sering dikeluhkan mengalami kasus karat pada sambungan sambungan rangka dalam.
  • Ada keluhan di yang disampaikan di beberapa media bahwa fuel pump terkadang bermasalah bila terlalu lama kena terik matahari.

Yang debatable dari V-ixion Lawas

Entah ini masuk yang mana diantara Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old ini mas bro. Ya simak saja berikut :

  • Rem luar biasa pakem. Ini bisa jadi kurang-bisa jadi lebih. Pasalnya gini mas bro ini dibilng kelebihan, memang bila dibanding Honda waktu itu, pengerimannya lebih pakem. Waktu itu James Bons bandingkan dengan Tiger Revo Punya James Bons sendiri. Jadi rem nya lebih pakem dari kompatitor yakni Megparo dan Tiger. Nah kalau dipandang dari kekurangan ya bisa kurang, wong rem depan belakang langsung set seperti ngelock, roda baik depan maupun belakang dah gak berputar, tapi motor masih nggloyong ke depan. Ngeri juga.

Vixion Old Modif

Masbro, ternyata, banyak yang menarik dari bahasan v-ixion old ini. Bukan cuman Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old saja, tapi juga modifannya. Yup mas bro, ternyat Vixion old banyak yang dimodif.

vixion-old-modif
vixion-old-modif

Motif atau genre modifnya banyak juga mas bro. Ada yang dimodif jadi racing macem R15, ada yang bikin retro, ada juga yang dijadiin seperti di atas. demenan ana kmuda.

Harga Vixion Old

Mas bro, selain ngomongin Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old, Sejarah, dan Modif, kita juga share kisaran harga Vixion Old mas bro. Simak berikut ini mas bro:

MotorTahunHarga
Vixion Old2007Rp. 5.5 Jt
Vixion Old2008Rp. 6 Jt
Vixion Old2009Rp. 6.5 Jt
Vixion Old2010Rp. 7.Jt
Vixion Old2011Rp. 7.5 Jt
Vixion Old2012Rp. 8 Jt

Itu harga perkiraan untuk patokan, dilapangan sering berbeda.Tergantung kondisi motor dan kondisi pesikologis penjual dan pembelinya.

Berikut artikel lain terkait Vixion Old, selain Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old :

Demikian artikel terkait Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old, semoga bermanfaat.

15 komentar pada “Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old alias Lawas 150

  • Betul semua plus minusnya si OVI 2011.???.
    Ganti gigi 1 ke 2 Bletakk ceklakk??, solusi ganti oli diesel PFD 15W 40.??

    Komstir sampe jedak jedug gak sembuh2 & udah umur 9 tahun????,
    Solusi ganti komstir thailand bungksnya plastik harga 80 ribu sepasang & tapi, tetep kualitasnya persis ma yg ORI nan mahal alias gampang jedag jedug,
    Tidak ada rem cakram belakang.
    Tutup tangki masih jendol???padahal tampilan OVI termasuk motor desain modern.??

    Spesialis Rem belakang TROMOL adalah PATEN produk YIMM ???????

    Akhirnya kapok beli produk YIMM..????

    Balas
    • wah iya yatutup tangki masih njendul gak ketululis, habis era itupada masih njendul semua sih kecuali ninj hehehhehehee

      Balas
      • tahun segitu Scorpio P (2002) dan G tutup tangki sudah rata, tapi anehnya Scorpio Z awal malah njendol

        Balas
  • Mmg jagoan neon…. Oprek dikit cuuuzzz… Whuuuuzzzzzz… Jozzz Gandhuoosss pokokeeeee.. ???

    Balas
  • Memang keren banget ini motor, dikota ane 8 jutaan udah dapet ini motor, udah injeksi mesinnya bandel lagi, siapa sih yang meragukan mesin 3c1 ?

    Balas
  • Gua pake…dah 6th…km baru 20rb an….penyakitnya tetep komstir jedag jedug….knalpot kropos….tanki kropos…..aneh motor jarang pake…..

    Balas
  • Old vixi mang bandel.kalo perawatan terjaga.biar komstir awet jgn terjang lubang & polisi tdr dgn kecptan tinggi.Ganti gigi kasar solusi pake oli motul 3100 Gold 15w50/ 10w40.Saya pake old vixi dr 2008 sampai sekarang msh tokcer

    Balas
  • E Hariyanto

    Seri 2009 ane pake sampai skarang jug masih bringas gan, tpi kiprok ane dah 2X ganti tpi ttep V-XION sllu terbaik ???

    Balas
  • Bara Sembara Penyang

    Old vixion pokoknya mantap…2007 keluaran pertama..sampai sekarang…ga pernah bongkar mesin atau pun apa apa…yg pnting oli dan part luar terjaga…semoga berkah..amin…

    Balas
  • Pingback: Vixion 2013 Modif Cantik Malah Dibakar Orang - Bonsaibiker

  • Pingback: Daftar Harga Vixion Bekas Terbaru - 2020

  • As a dealer company, we understand the importance of offering reliable and innovative waterfront solutions to our clients. That’s why we proudly recommend HiSea Dock for all your waterfront needs. Their extensive range of products, including docks, floating platforms, and more, offers exceptional quality and functionality. HiSea Dock’s commitment to customer satisfaction and attention to detail sets them apart from the competition. To explore their impressive collection of waterfront solutions and provide your clients with top-notch products, visit HiSea Dock at https://hiseadock.com. Partner with HiSea Dock to deliver reliable and high-quality solutions for all your waterfront requirements.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.