Jadwal Pemutihan Jawa Barat 2019, 10 November sd 10 Desember

Jadwal Pemutihan Jawa Barat 2019

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ada bocoran info nih terkait pemutihan yang bakal berlangsung di Jawa Barat. Ya, dari bocoran info yang bonsaibiker terima, Jadwal Pemutihan Jawa Barat 2019, adalah pada 10 November sd 10 Desember 2019 ini. Berarti tinggal beberapa hari lagi mas bro bakal mulai pemutihan pajak kendaraan bermotor ini.

Jadwal Pemutihan Jawa Barat 2019
Jadwal Pemutihan Jawa Barat 2019

Jadi mas bro, sebenarnya apa sih pemutihan itu?

Yup mas bro, pemutihan itu adalah  penghapuskan denda PKB dan BBNKB yang dibuat Pemerintah Provinsi, yang dalam hal ini aalah Pemprov Jawa barat.

Pembebasan denda pembayaran pajak yang tertunda alias telat. Jadi kalau telat bayar pajak an di denda, nah pas pemutihan ini dendanya gak usah dibayar. Cukup bayar nominai pajaknya saja. Nah di sini peprov jabar memberikan diskon mas bro, bagi yang kendaraannya bodong pajak 5 tahun atau lebih, cukup bayar 4 tahun saja.

Kemudian mas bro, dalam pemutihan juga bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Biasanya kalau kita balik nama kan dikenakan bea balik nama. Nah pas pemutihan, hal ini tak perlu dibayarkan. Namun nampaknya yang di Jabar untuk pemutihan tahun ini tak ada klaus bebas bea balik nama. Jadi cuman ada diskon bayar pajak 5 tahun ke atas dan penghilangan denda pejak. Jadi gak usah bayar denda pajak.

Mas bro sekalian, mekanisme tahapan yang akan dilakukan sebelum melakukan balik nama cukup mudah lho. Silakan siapkan KTP Asli dan BPKB Asli untuk dibawa ke Kepolisian Daerah(Polda) setempat. Nah kemudian bawa juga kendarraannya untuk cek fisik. Lancar deh balik nama kendaraan.

Hal di atas bila masih satu kabupaten. Kalau dah lain kabupaten ya musti cabut berkas dari daerah asal, lalu dibawa ke daerah tujuan mas bro. Cukup simpel kok mas bro.

Nah utuk pembayaran nih mas bro, belum tahu pasti. Hanya di samsat doang atau bisa ke beberapa gerai layanan lain. Biasanya kalau provinsi lain bisa ke kantor Bapenda provinsi setempat, lalu bisa dilakukan di unit-unit pelayanan Samsat terdekat, termasuk Samsat Keliling dan Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik (MPP). Namun untuk Jabar, belum bisa pastikan mas bro, bisa di kantpr pos dan samsat mall atau tidak.

Yup mas bro, kalu sudah hari “H” nanti kita cek saja ke kantor samsat terdekat terkait pemutihan ini.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.