Yayasan AHM Adakan Pasanggiri Angklung Tuk Unjuk Kebolehan Main Angklung

Yayasan AHM Adakan Pasanggiri Angklung

By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, dalam rangka Hari Angklung Sedunia, Yayasan AHM gelar Pasanggiri Angklung di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa Barat (16/11). Sekitar lebih dari 700 peserta asal 24 sekolah binaan PT AHM unjuk kebolehan main angklung warisan budaya yang sudah diakui UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Yup mas bro, Yayasan AHM Adakan Pasanggiri Angklung yang ke 5 Tuk Unjuk Kebolehan Main Angklung di beberapa sekolah untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Bersama Sanggar Angklung Saung Ujo Bandung, Yayasan AHM mengajarkan guru juga murid sekolah binaan sampai bisa main angklung dengan profesional.

Para peserta tim lomba dalam Pasanggiri Angklung ini berkesempatan tampil unjuk kebolehan dengan dinilai oleh para juri profesional di bidang seni angklung yakni tim Saung Angklung Udjo, seniman, dan juga pengamat musik yang kredibel. Yang dinilai yakni teknik memainkan alat musik angklung, struktur musik yang dimainkan, pengembangan kreativitas komposisi serta kualitas pertunjukannya.

Acara ini juga didukung oleh  PT Suryaraya Rubberindo Industries PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Musashi Auto Part Indonesia, dan PT Showa Indonesia Manufacturing.

AHM Ahmad Muhibbuddin Wakil Ketua Yayasan mengungkapkan bahwa gelaran ini adalah sarana untuk menilai kemampuan dan keberhasilan program pembinaan yang selama ini sudah dilakukan AHM dalam melestarikan budaya Indonesia. 

Ada 2 kategori sesuai dengan kompetensi permainan angklungnya ni mas bro. Dari 24 sekolah ada 13 sekolah yang masuk kategori Basic memainkan 1 lagu yakni  Indonesia Jaya Ciptaan Chaken M.  dan ada 11 sekolah masuk kategori advance yang diwajibkan bawakan 1 lagu pilihan panitia yakni Zamrud Khatulistiwa Ciptaan Chrisye dan Guruh SP juga 1 lagu yang diaransemen ulang versi Angklungnya oleh peserta.

Di akhir acara dipilih 3 terbaik kategori advance dan 3 sekolah terbaik kategori basic. Para pemenang dapat trofi, sertifikat, uang pembinaan dan voucher pembelian alat musik kebutuhan program Angklung. 

Pasanggiri Angklung menghadirkan juri-juri kompeten baik dari praktisi budaya Angklung seperti

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.