Kenapa Ban Mobil Botak Sebelah? Yuk Kita Diskusiin!

Kenapa Ban Mobil Botak Sebelah

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah obrolan menarik di group motuba terkait Kenapa Ban Mobil Botak Sebelah? Nah, comot sana-sini, obrol sana sini nyari tipsnya. Berdaarkan pengala man pribadi ternyata hal ini banyak dialami oleh parapengguna kendaraan. Bukan mobil lama aja,yangberupun ada juga yang mengalami beigtu. Nah apa gerangan penyebabnya?

Kenapa Ban Mobil Botak Sebelah
Kenapa Ban Mobil Botak Sebelah

Mas bro, pertengahan tahun 2019 lalu sebuah akun FB Alexander Hutasuhut memposting ke group ‎Motuba (30 Juli 2019) sebagai berikut :

Mbah, kenapa ban bisa gundul hanya bagian kiri dalam aja ya?
semua 4 ban begitu, edited punya gejil MAESTRO 4WS

Nah, dari postingan ini muncul beberapa kawabandiantaranya adalah :

  • Andrey Tian Perlu sporing itu bang. Jngn di terusin
  • Andrey Tian Alexander Hutasuhut sapp mbah. Nanti tu kaki di cek dalam komputer jd tau mana yang tidak stabil
  • Muhammad Syaiful Alexander Hutasuhut Iyah om kaya di camber begitu om , di camber itu kaya mobil ceper terus ban nya agak nekuk om , mending bawa bengkel cek kaki² dan spooring om
  • Rian Fauzie Nyember..spooring nanti kelihatan..punya gejil malah baut std nya nyember ganti baut chamber buiar balik normal..
  • Angga Restu Kurniawan Spooring, balancing, Pake chamber, bannya ganti gt radial/maxmiller, ntar awet mbah

Penyebab Ban Botak Sebelah

Oke mas bro, berdasakan obrolan dengan bengkel langganan, dan juga searching. Ternyata setidaknya ada 3 hal yang menjadi penyebab ban botak sebrlah. Simak berikut ini!

  • Pertama, Ban aus atau botak sebelah, tidak merata bisa disebabkan lantaran setelan suspensi. Jadi sudut tapak ban ke tanah yang tidak tegak lurus dengan tanah. Antara membuat terlalu miring ke dalam atau terlalu ke luar. Hal ini menyebabkan ban aus sebelah atau botak sebelah.
  • Ke dua adalah faktor tekanan angin. Sudah seharusnya pemilik kendaraan menjaga tekanan angin sesuai dengan saran pabrikan yang bisa dilihat pada sisi samping pintu pengemudi. Hal ini untuk menjaga agar laju kendaraan tidak terbelokkan oleh bedanya tekanan angin yang menyebabkan ban aus sebelah.
  • Ke 3 adalah pengaturan sudut kemiringan roda yang ternyata tidak lurus. Jadi dalam settingan ini antara sisi depan ban dan belakang gakmatch. Misalkan sisi depan condong ke dalam atau keluar. Tentu saja kondis ini jadi biang kerok bna botak sebelah. Sisi dalam ban menjadi lebih mudah aus karena bagian permukaan ini bergesekan lebih banyak dengan jalan. Ini bisa dikatakan bawha setelan toe in dan toe out jauh dari nilai standar yang seharusnya.

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.