Bonsai

Mengurangi Polusi dengan Tanaman Hias

Seiring dengan perkembangan zaman pemanasan global tak terelakkan karena produksi gas karbon tak seimbang dengan produksi gas oksigen. Para aktifis lingkungan hidup banyak menyeru kepada kalangan industri untuk mengurangi emsisi gas karbon sekaligus menggalakkan penghijauan kembali. Berbagai upaya ditempuh para aktifis lingkungan hidup ini mulai dari menanami kembali hutan yang gundul, menanam Mangrofe, hingga menggalakkan pembuatan hutan di tengah kota.

Sementara itu para pecinta tanaman menanggapinya denga ide-ide cemerlang. Yaitu penghijauan tidak hanya dengan membuat hutan dalam arti sebenarnya, namun bisa jadi membuat penghijauan dengan tanaman-tanaman mini yang bisa dengan mudah diletakkan di pekarangan, dalam rumah, atau bahkan di atas meja. Beberapa model tanaman kecil tersebut diantaranya adalah, Tabulampot, Bonsai, Dan Hidrogel.

Tabulampot adalah menanam tanaman baik bunga maupun tanaman buah di dalam pot. Konsep ini sedari dulu sudah berkembang di masyarakat kita, namun kebanyakan hanya tanaman bunga. Di  era moderen ini tabulampot banyak menanam tumbuhan buah-buahan dalam ukuran tidak terlalu besar namun bisa berbuah dan dapat kita nikmati buahnya. Tanaman jeis ini biasanya diletakkan di pekarangan rumah, depan rumah atau bagi yang rumahnya besar bisa di sudut ryangan. Nilai lebih tanaman ini adalah dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Bonsai adalah tanaman yang di batasi pertumbuhannya sehingga tampak mini namun seimbang layaknya pohon besar di alam liar. Bonsai bisa juga diletakkan di pekarangan atau di dalam rumah. Kekurangan dari model ini adalah harga bonsai yang teramat mahal sehingga tidak smua orang mampu membelinya.

Hidrogel atau hidroponik adalah tanaman super kecil seperti kaktus, umbi-ubian yang kecil yang diletakkan dalam pot kecil yang transparan yang kemudian di dalamnya di beri media tanam khusus yang bisa diperoleh di pasaran atau dengan membuat sendiri. Bagi yang telaten membuat sendiri biasanya media tanamnya adalah arang, batu, atau kayu.  Model tanaman ini sangatlah kecil sehingga bisa diletakkan di meja tamu layaknya fas bunga atau di dalam kamar.

Tiga model tanaman di atas setidaknya apabila setiap orang memeliharanya maka zat karbon akan bisa diminimalisir. Selain itu juga sebagai penghilang penat di kala pekerjaan sedang menghantui kita. Selamat bertanam.

45 komentar pada “Mengurangi Polusi dengan Tanaman Hias

  • aseen……apakah emang semua tanaman dalam pot bisa ngurangi polusi? Tanaman (dalam pot) apa yg lebih efektif ngurangi polusi?

    Balas
  • wah maaf, nulisnya salah.
    Kalo bonsai dibawa bawa, dalam mobil misalnya. Ngaruh gak.
    Misal tiap mobil bawa 1 bonsai aja,polusi berkurang yah
    harus ada GERAKAN MEMBAWA BONSAI
    *juragane sugih*

    Balas
  • @Jisaka
    YUp bro
    @Jaos,
    sebetulnya lebih besar tanaman lebih besar pula menghisap karbon dioksida ketika melakukan fotosintesa. namun tak semua orang punya lahan atau tempat menanam pohon, ya di zaman minimalis ini setidaknya ada tanaman minimalis yang bisa mereduksi karbun, sekaligus sebagai hiasan
    @Maskur
    ide kreatif gan, tapi sayangnya muahal. Tapi kalau didalem mobilada bonsai sebetulnya gpp asal jangan terlalu banyak gujragan

    Balas
  • joe trizilo

    aku juga punya Pohon Asem Kranji/asem londo/ asam belanda yang saya Bonsei…… dan saya tanam di taman depan rumah….

    Balas
  • alrozzzi coolrider 2

    ➡ bisa jugak pakai hidroponik, pak Muhsin… hidroponik model sekarang juga bisa dipindah kesana-kemari kok, persis hydrogel… tapi khusus bagi tanaman semusim ding… hehe :mrgreen:

    Balas
  • @joe
    yup awas makin lama harganya makin tinggi lo
    @rozzi,
    iya tuh namanya apa yah, yang sering dijual di mall

    Balas
  • Saya sk bertanam 😀 tp hobi tdk trsalurkan, huhu

    Balas
  • salurkanlah mas bro, mayan lo bisa menghibur hati dan menyehatkan

    Balas
  • pengen mbonsai tanaman tapi ngk tahu cara nyari bakalan bonsainya…haduhh..mohon pencerahannya..wahai raja hutan…xixiixix :mrgreen:

    Balas
  • apa iya ya…
    yang jeles kalo dikoleksi pasti nagus dech…

    Balas
  • om….om……kira kira kalau mbonsai kumis bisa gak om…..maklum om nih kumis ganggu bener kan umurku baru 16 taun….jadi agak kekmana gitu lo om…..kalo kumisnya njentar njentar

    Balas
  • wah aku juga lagi suka tanam tanam nich d pekarangan
    salam persahabatan

    Balas
  • pakdhe,bonsai lumut saged mboten?

    Balas
  • Penghijauan dimana-mana. Keren bos!
    Ada bonsai yang murah ga yach ??

    Balas
  • salam kenal saja…

    Balas
  • me & my bonsai

    like this…

    Balas
  • mnegurangi polusi dengan menanam…setuju itu. menanam apa saja..pohon maupun tanaman hias di pekarangan dan rumah kita, kantor, restoran, terminal dan semuanya. Tanam..tanam..dan tanam

    Balas
  • Lam kenal…
    dunia makin panas, perlu banyak pohon tuh biar bisa adem… 🙂

    Balas
  • Salam kenal balik, bonsai kami kebetulan banyakan masih bakal pak, masih banyak juga yang belum diposting. insallah nanti kami posting.

    Balas
  • ada tanaman hias yang bisa mengurangi polusi atau disebut dengan tanaman antipolutan diantaranya, tanaman hias indoor misal , bunga lidah mertua (sanseviera), ficus, dracaena, philodendron, dll juga berfungsi sebagai tanaman penyejuk ruangan…kalo bonsai dan tabulampot bisa dijadikan tanaman penghias taman…coba mampir di http://www.florabiz.net gan, ada artikel tentang tablampot, bonsai dan tanaman penyerap polutan serta hidrogel…terimakasih

    Balas
  • dimanah yah bisa dapat bibit unggul jambu jamaika, aku tinggal di bogor
    wassalam tanks yah

    Balas
  • Entering the aircraft was not only is the official London
    residence of the time and will not be your idea of a J. R.
    R. Tolkien novel. For these gestures of goodwill, RIM had their Blackberry blog hacked.
    This style is made of 100 polyester jersey with a sense of history well.

    Balas
  • Thank you great posting about essential oil. Hello Administ .

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas
  • TerraCalm is an antifungal mineral clay that may support the health of your toenails. It is for those who struggle with brittle, weak, and discoloured nails. It has a unique blend of natural ingredients that may work to nourish and strengthen your toenails.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.