Onda Badel Di Rumah Kami # 2 (GL PRO 1985)

Setelah CB 100 Onda bandel di rumah kami selanjutnya adalah motor Honda GL Pro 146 cc lansiran 1985. Motor ini secara keseluruhan masih original kecuali pelek yang sudah mengaplikasikan palang tiga, maklum kan penunggangnya masih muda. Berbeda dengan generasi GL Pro Neo Tech yang 160 cc, dapur pacunya masih 146 cc, akan tetapi soal tenaga tak kalah yahud sama adik kandungnya tersebut, karena kompresinya “disinyalir” (pinjem gaya bahasa TMC) lebih tinggi. Hal iniu bisa dilihat ketika melakukan kick starter apabila tidak nyala akan memberi efek tekanan balik ke kaki hingga berasa kesemutan.

Bersama motor kami telah mengukur banyak ruas jalan pulau Jawa, mulai dari ruwetnya laulintas Jakarta, tanjakan yang terjal macem gunung Lawu Magetan, Batu Malang, Pacitan, hingga jalan ambles di Lapindo. Motor ini juga pernah melewati rumah Wiro S. Purwoko, Mario Devan, Tongsam, Bagus Prupus, Pendekar Tai Cucak, Pak Kepala Suku, Bang One, Lingga, MR, Terong, hingga brader-brader yang di Jakarta dan sekitarya macem Senalpot,  lek Dji, Shark, Sbdo, JA, dll, yang tak mungkin saya sebutkan satu persatu di seantero pula Jawa ini. Sayangnya dulu ketika lewat saya belum mengenal beliau-beliau ini sehingga belum bisa kopdar.

Bersama motor ini juga sudah banyak kenangan yang susah untuk dilupakan begitu saja. Pernah suatu ketika kami akan jatuh ke jurang terjal di Pacitan gara-gara pengendara dan boncenger dua-duanya tertidur saat melintas di perbukitan Pacitan saking kantuknya akibat sudah 2 hari touring. Pernah juga motor ini Mati lampu ketika jam 3 pagi di Alas Roban yang dulu belum ada jalan tembusnya.

an yang paling unik adalah motor ini pernah dikendarai bertiga menempuh jarak beberapa ratus KM dari Magetan ke Malang. Ketika itu tiga penunggangnya berbobot masing-masing 65 KG, jadi berat penunggang keseluruhan sekitar 195 KG. Waktu itu bukan maksud kami tak mematuhi aturan lalulintas, itu lebih karena keterbatasan kabi soal financial. Salah satu tetangga kami ada yang terkena gangguan jiwa hingga kami harus membawa ke Malaang untuk berobat. Maka apabila hanya dibonceng berdua kami hawatir dia kabur begitu saja, dan bila naik mobil tentu akan besar biayanya, maka kami putuskan bertiga si Sakit di tengah. Memang sepanjang jalan kami selalu dicegat polisi, ada diantara polisi itu yang dimaki-maki si sakit, ada juga yang  langsung diragkul sok kenal, ada juga yang dicium tangannya, pokoknya macem-macem ulahnya. ALhamdulillah Pak Polisi mengerti kondisi kami sehingga tak di tilang. Alhamdulillah lagi si sakit sekarang udah seperti sedia kala, bekerja, berusaha layaknya manusia seutuhnya.

Terimakasih om GL 146 atas pengabdianmu yang membuat kami enggan berpisah darimu.

30 thoughts on “Onda Badel Di Rumah Kami # 2 (GL PRO 1985)

  • 7 Agustus 2010 pada 17:32
    Permalink

    rumaos sampun cekap, sakmenika mbagehi sanesipun 😉

    :mrgreen:
    motor bersejarah nih ceritanya?

    Balas
  • 8 Agustus 2010 pada 05:42
    Permalink

    wih kudunya di cat putih…dikasih lambang palang merah plus dikasih tulisan..motor operasional RSJ…wkwkwkkw…. :mrgreen:
    wah bner2 mulai sampeyan pakde :mrgreen:

    Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 02:10
    Permalink

    @Bang one
    jan ………. hehehehehe
    unforgetable om
    @lingga
    hahahahaha, emang PMI

    Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 03:54
    Permalink

    next project; Onda Awasaki Ninja 250R… Ayoook naik kelas Pak… :mrgreen:

    Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 05:38
    Permalink

    @Alrozi
    sampean dulu, nanti tak susul
    @Darmawan
    kayak guru aja bro

    Balas
    • 10 Agustus 2010 pada 04:49
      Permalink

      hayoooookkkk…. saya ra nguati pak… kegedhen mongtornyaaa…

      Balas
      • 10 Agustus 2010 pada 07:19
        Permalink

        kan kita naik motor bukan nggendong motor

        Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 08:14
    Permalink

    GL Pro, belum ada dekompresi, kalo nyetarter butuh pengorbanan…

    Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 10:31
    Permalink

    wah sayang ora ketemu dengan si Onda satu nie masbro
    ketemune sama bang tigor thok..

    next Onda All New Megapro : monggo gantian di cobi..
    :mrgreen: :mrgreen:

    Balas
  • 9 Agustus 2010 pada 19:27
    Permalink

    Thank you very much for sharing this. I have subscribed to your RSS feed. Please keep up the good work.

    Balas
  • 10 Agustus 2010 pada 03:54
    Permalink

    @BLognya mitra
    yoi bro kaki kesemutan emang
    @Sastro, pas ngandang mas bro
    @Modifikasi
    oke mas bro tak cek

    Balas
  • 10 Agustus 2010 pada 07:33
    Permalink

    “…apabila tidak nyala akan memberi efek tekanan balik ke kaki hingga berasa kesemutan.”
    (itu yang bikin ngangeni ngingu si bongsor :mrgreen: )

    Wuah..ada tips baru anti-tilang pak pulisi dari Pak Dhe Muhsin…..kalo ditilang pura sok kenal aja…trus salam2an deh, kalo perlu di “pisuhi” juga boleh pak pulisinya, insyaAllah pak Pulisi “mengerti kondisi” si rider-nya :mrgreen:

    Balas
    • 12 Agustus 2010 pada 03:46
      Permalink

      @Cak poer
      wakakakakak, aku ngakak sambil guling-guling

      Balas
  • 10 Agustus 2010 pada 14:49
    Permalink

    wooo..jebule juragan honda jugak….tobat..tobat….

    Balas
  • 11 Agustus 2010 pada 04:29
    Permalink

    pernah nyileh ndekne lelekku pas ngengkol mental ngenei polokku….sakitnya minta ampun…..

    Balas
  • 11 Agustus 2010 pada 07:50
    Permalink

    keliatannya paham betul ttg motor, postingannya selalu lengkap disajikan

    Balas
  • 12 Agustus 2010 pada 03:48
    Permalink

    @Martini
    kolektor terpaksa bro, hehehehehhehehe
    @KEntung
    sensasi tak terlupakan yo
    @OK
    dikit-dikit ok
    @Motor kencang,
    yoi makasih kepada Allah tentunya ya mas bro

    Balas
  • 12 Agustus 2010 pada 07:30
    Permalink

    Great article, thanks for sharing this. I have subscribed to your RSS feed and am looking forward to reading more from you.
    Keep up the good work and don’t stop posting please.

    Balas
  • 14 Agustus 2010 pada 13:10
    Permalink

    Kapan liwat omahq???
    Ngarang thok iki???

    Balas
  • 14 Agustus 2010 pada 15:42
    Permalink

    @Maskur
    makanya bisa buat 3 orang
    @WSP
    wallah tenan, cuman rung kenal ae dulu

    Balas
  • 15 Agustus 2010 pada 10:28
    Permalink

    montor idamannya bjl no.1,takokno mbah.sp tau bisa tukeran ama leher kuningnya ituh

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: