Mutasi Kendaran Bermotor, Gampang dan Murah, Simak Langkahnya!

Brader sekalian bila anda pecinta motor atau mobil seken, anda berburu di Ibu kota lalu hendaj memutasikannya ke daerah anda, maka jangan khawatir, ini mudah dan murah. Bila ingin lebih murah lagi tunggu program pemutihan pemerintah yang rutin diadakan oleh samsat setempat, yang ini gratis malah. Langkah-langkahnya mutasi ini James Bons membaginya dalam 2 tahap, A. Cabut Berkas, B. Daftar di Daerah Tujuan. Rincinya ikutai langkah-langkah berikut:

A. Cabut Berkas
Pertama
Bawalah motor anda ke samsat Kebon nanas atau Polda Metro Jaya bila motor anda masih di Ibukota. Geseklah nomer rangka dan nomer mesin dengan bantuan petugas. Bila motor anda sudah terlanjur dibawa ke daerah anda, silakan minta gesek ke samsat setempat, lalu bawalah gesekan tersebut ke samsat Ibukota.
Kedua
Daftarkanlah hasil gesekan ke bagian cek fisik sehingga anda mendapatkan surat keterangan pengantar mutasi.
Ketiga
Mintalah formulir mutasi ke bagian informasi atau loket pendaftaran lali isilah formulir tersebut.
Ke empat
Daftarkanlah mutasi anda ke bagian loket pendaftaran mutasi, lalu tunggu sekitar 1-1,5 bulan berkas mutasi anda akan beres, ambil dan bawa ke samsat tujuan. Ketika anda mendaftar mutasi bawalah semua perlengkapan berikut:

  • BPKB asli beserta copiannya
  • STNK asli beserta copiannya
  • KTP anda asli beserta copiannya
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi
  • Pengantar hasil cek fisik
  • Kwitansi pembelian bermaterai dari pemilik pertama

Proses di atas kurang lebih 45 menit selesai dengan biaya 250-an ribu untuk motor, dan untuk mobil minimal 650.ribu.

B. Pendaftaran Berkas Ke Daerah Tujuan
Pertama
Bawalah berkas pengantar mutasi dari daerah asal (Jakarta) lalu daftrkan ke daerah tujuan anda. Setelah selesai mendaftar mintalah setempel pengesahan dari Polda setempat (misal anda di Madiun mintalah ke Surabaya, ini hanya memerlukan waktu 15 menit bila anda sudah di surabaya).
Kedua
Serahkan semua berkas anda kembli ke samsat setempat, lalu tunggu sekitar 2 minggu berkas anda akan siap, anda akan mendapat STNK, BPKB, dan Plat Nomor baru sesuai nama anda. Proses ini membutuhkan dana sekitar 200-an ribu.

Perlu di ingat bila anda mengurus hindarilah calo, karena hanya akan membuat dana membengkak 3 kali lipat. kalaupun anda malas ngantri lebih baik minta bantuan polisi setmpat ini akan lebih murah. Satu contoh yang perlu diketahui diย  keluarga James Bonsย  motornya kebanyakan alumnus Ibu kota, karena harganya selisih 2-3 juta lebih murah daripada daerah setempat, dan semuanya sudah dimutasi, mmm bukan Hoak kan. Selamat mencoba!

257 komentar pada “Mutasi Kendaran Bermotor, Gampang dan Murah, Simak Langkahnya!

  • 16 Maret 2011 pada 07:18
    Permalink

    kalo gitu saya minta tolong mister bons aja ya… ๐Ÿ˜€

    Balas
    • 25 April 2012 pada 14:52
      Permalink

      Hari ini ane proses daftar mutasi masuk RanMor R2 dari Jkt ke Sby Gan.
      pengurusan cabut berkas ane pake jasa Gan, coz ane ga ada waktu mondar mandir sby-jkt. biaya jasa 600rb sudah all in.

      setelah dapat berkas yg dicabut dari jkt, langsung ane menuju samsat manyar saby utk cek fisik. dibutuhkan waktu kurang lebih(kurleb) 15menit lihat sikon antrian(ane lg pas sepi)
      bayar form check fisik 15rb ke loket tanpa kuitansi, kemudian ke personel yg bagian gesek nomor rangka dan mesin, sbg uang jasa sukarela ane kasih 5rb.

      kemudian bawa berkas ke polda jatim bag satlantas. masuk gedung ruang sebelah kanan utk STNK sebelah kiri untuk BPKB

      croscheck stnk kendaraan mutasi antar provinsi di bagian ujung/pojok. kasihkan berkas semua dalam map, nanti dikasih tanda terima pengambilan berkas. butuh waktu kurleb 1 jam. setelah waktu pengambilan serahkan tanda terima berkas utk ambil hasil croscheck biaya 30rb tanpa kuitansi

      foto copy berkas crosscheck, ktp dan pengantar dari polda metrojaya 1lembar.

      kemudian menuju ke bagian pendaftaran BPKB mutasi, lokasi paling ujung deket pengaduan. serahkan semua berkas awal dan copy-an tadi ke petugas/kalau banyak antrian silakan ditumpuk paling bawah. nunggu proses kurleb 1/2jam (tgt antrian)
      setelah antri dipanggil untuk bayar BPKB sebesar 80.000 ke loket BRI (deket pintu masuk)
      setelah bayar serahkan bukti pembayaran ke petugas tadi, tungu beberapa saat untuk dibuatkan tanda terima dan jadwal pengambilan berkas.

      ane masukan tgl 25 april dapat jadwal pengambilan tanggal 5 mei 2012. ok sampai sini dulu pengalaman saya ketemu lagi setelah tanggal 5 mei ya

      Balas
      • 7 Mei 2012 pada 14:08
        Permalink

        hallo mas Bro semua,
        seperti apa yang ane janjiin utk nerusin nulis pengalaman urus mutasi masuk kendaraan dari Jakarta ke Surabaya.
        Hari ini tanggal 7 mei 2012 ane ambil berkas yang udah ane masukin ke Polda Jatim, biar ga antri banyak pagi2 ane udah nyanggong ke kantor polda bag lantas. proses butuh waktu skitar 15menit karena antrian baru dikit.
        taruh aja bukti tanda terima berkas yg dikasih ke kita jangan lupa sertakan KTP. setelah berkas disiapkan nanti kita dipanggil Gan, sama petugas disuruh isi buku bahwa kita udah ambil tuh berkas2 yang selanjutnya kita bawa ke samsat wilayah masing2 dimana alamat/domisili kita Gan. disini tidak ada pungutan sama sekali kec bayar parkir aja ๐Ÿ™‚

        jam 9.00 langsung ane meluncur ke samsat manyar, masih banyak juga calo yang kliaran nih nawarin jasa calo. ane lewatin aja tuh calo, langsung menuju loket 1 (depan) serahkan aja berkas yg kita ambil dari polda tadi, kemudian di cek sama petugas dan dikembalikan lagi ke kita sama dikasih form isian Gan (isi dulu) trus disarankan ke loket 21 (bag. mutasi masuk) disini dicek lagi ditanya diurus sendiri/kuasa? ane urus ndiri suruh minta pengesahan (ttd n stempel) kasubsi (ruangna tanya aja lt. 2) udah dapat pengesahan balik lagi ke loket 21. disuruh nunggu antrian untuk bayar pajak motor (ane 176rb) udah bayar diloket 23~24, suruh tunggu lagi dipanggil ke loket 27 bayar STNk 50rb dan plat nomer 30rb. sudah bayar, nunggu lagi dipanggil di loket 28 untuk pengambilan no STNK dan plat nomer. nah disini anehnya ada yg plat nomer udah jadi tapi no STNK masih nunggu, kalau ane kebalikan no STNK udah jadi tapi plat nomer masih nunggu lumayan lama 1 jam fiuhh…
        akhirna selesai sudah penantian jam 11.00 beres urusan semua.

        gitu Gan kurang lebih proses yang ane alamin untuk pengurusan mutasi motor R2 dari Jakarta ke Surabaya

        Rincian biaya yang keluar :

        1. Biaya cabut berkas di Jakarta
        Daripade ane mondar mandir Jkt~Sby pp, ane pakai jasa Gan utk pengurusan cabut berkas di jkt, total biaya all in 600.000 (kalau di urus sendiri saya kira ga sampe segitu Gan)

        1. Biaya mutasi masuk Sby
        – form check fisik 15.000 (biaya siluman or tanpa kwitansi)
        – jasa esek 5.000 (seikhlasnya aja Gan)
        – cross check STNK di POLDA JATIM 30.000 (biaya siluman or tanpa kwitansi)
        – Bayar BPKB R2 di POLDA JATIM 80.000 (via BRI ada kwitansi)
        – Pajak Motor di SAMSAT MANYAR 176.000 (resmi ada kwitansi)
        – Bayar STNK di SAMSAT MANYAR 50.000, bayar Plat Nomer 30.000 (resmi ada kwitansi)

        – lain2 (foto copy n parkir) 4.000
        Total biaya di Sby 390.000

        demikian info dari ane semoga bermanfaat ya Gan.

        Mohon ijin Mr. Bon…
        ane nitip info lapak = http://www.kassa9.com/stores/ups_batre

        kalau ada Agan2 perlu UPS untuk Computer ada baru, used, service juga baterai UPS bisa ane bantu.
        silakan hub : YM = [email protected]

        Balas
      • 8 Juni 2012 pada 14:17
        Permalink

        saya sudah cabut berkas dari solo, mau mutasi ke samsat malang.
        Apa harus ke POLDA JATIM dulu?
        Trims

        Balas
  • 16 Maret 2011 pada 07:22
    Permalink

    lahan bisnis pak dhe Jual beli mokas..

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 07:32
    Permalink

    mantab pak…
    artikel sangat bermanfaat sekali…
    teng kyu…

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 07:48
    Permalink

    save page as complete dulu sapa tau dibutuhin, trims infonya om bons

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 09:03
    Permalink

    bagus nih buat para HOMOSEK (hobi motor seken) seperti ane ๐Ÿ˜€

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 09:09
    Permalink

    begini nih yg namanya membantu org. naiz info bah.

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 09:10
    Permalink

    kalo atas nama sendiri dan mau pindah daerah gimana bro?

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 09:52
    Permalink

    siiip, membantu sangat ingponya Pak Bon, lain kali Minta tolong ya Pak…

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 10:24
    Permalink

    cuma ribetnya pak, muter2.

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 10:40
    Permalink

    nais impoh….. :megreen:

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 10:40
    Permalink

    :mrgreen: salah ketik

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 11:18
    Permalink

    nice ingfoh bons, semoga iman dan amal soleh bons diterima Allah SWt …

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 11:28
    Permalink

    info yg sangat berguna,, terus biaya total satu motor kalo mutasi titip om bons habis berapa ya om? ๐Ÿ˜€

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 13:12
    Permalink

    wingi makelar mosek…sak’iki makelar surat… besok makelar opo yo ๐Ÿ™‚

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 16:05
    Permalink

    Aje gile, ngurus mutasi nunggu ampe 1,5 bulan? tu berkas-berkasnya di bawa naik haji dulu Bang Bons? atau keliling dunia?
    mang kerjaanya ngampain mulu sih?

    harusnya pemerintah bikin skalian fast service dengan biaya lebih, drpada ada calo masuk tangan oknum, kl gini jelas uang masuk negara.

    Balas
    • 16 Maret 2011 pada 17:02
      Permalink

      ada jutaan berkas yang mungkin harus dicari di berbagai tempat arsip nampaknya menjadi kendala utama di layanan ini sehingga lama

      Balas
  • 16 Maret 2011 pada 16:09
    Permalink

    pernah kok, pengalaman pribadi mutasi motor kesayangan si tigor97 dari bandung ke mojokerto itu abis 1,1jt.. udah termasuk sama minta pengesahan dari polda sby.. ga tau murah apa mahal.. cabut berkas di bandung 3 minggu, pengesahan di polda sby 1 hari, di samsat mojokerto sampe keluar plat nomor dan stnk baru itu 3 hari..
    tapi si tigor udah lakuuuuuu :mrgreen: ganti kuda besi betina dari india ๐Ÿ˜ณ
    kok banyak amat? ๐Ÿ˜ฏ ya iyalah ongkos naek sepur ga diitung pisan tah? :mrgreen:

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 18:59
    Permalink

    cabut berkas motor di malang kota habis 100ribu (mutasi keluar dan termasuk fotokopi), nunggu 2 minggu,,
    masukin berkas di malang kabupaten, habis 340ribu (mutasi masuk, balik nama,asuransi dan pajak tahunannya),,
    gesek jam 8 pagi, jam 12an sudah keluar STNK dan Plat Baru !
    BPKB diambil 1,5 bulan setelahnya

    Samsat Malang Sipppp !!! Ruang tunggune ademmmmmm !!

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 19:41
    Permalink

    ibuku mutasi vario 07 .dari cikarang ke wonogiri abis 1,2.jt.tapi lewat calo.ribet mas ngurus sendiri.soalnya harus ke poldametrojaya.di jakarta.

    Balas
    • 16 Maret 2011 pada 19:48
      Permalink

      barusan ada yang nawari gl pro di cirebon neo tech 96 4 jt

      Balas
  • 16 Maret 2011 pada 20:00
    Permalink

    kalo sipenjual menelatkan pajak……(halah :mrgreen:)
    1tahun atow lebih,itu urusannya piye? apakah kita yang menanggung pajak yang tertunggak itu…. ๐Ÿ˜†
    maturtengkyu kang BB ๐Ÿ™‚

    Balas
    • 16 Maret 2011 pada 20:09
      Permalink

      betul pak JEndral kita melunasi dulu baru bisa mutasi, makanya kalau beli yang pajk telat potong aja pajaknya dengan harga beli

      Balas
      • 16 Maret 2011 pada 20:17
        Permalink

        okeh…. matursuwun sanget :mrgreen:

        Balas
  • 16 Maret 2011 pada 20:57
    Permalink

    om pesen paijo seken, mutasi ke ngawi yak…. :mrgreen:

    (nko yen wez murah) :mrgreen:

    Balas
  • 16 Maret 2011 pada 22:14
    Permalink

    Klo 1 provinsi b’da kota lebih cepet ya om?
    Casey mau cabut dari ciamis ke banjar neeh… :mrgreen:

    Balas
  • 17 Maret 2011 pada 11:10
    Permalink

    Pak bonz org madiun to?
    Salam kenal om,hehe

    Balas
  • 22 Maret 2011 pada 09:26
    Permalink

    aku balik nama cs1, satu kota.
    Gesek 20rb, arsip 5rb (iki jelas2 pungli), bbn 138rb, pajak 40rb(2bulan saja), adm stnk 50rb, adm plat 30rb.
    Yg bikin mrengut adm bpkp, kena 120rb.

    Yg jelas2 resmi ya bbn, pajak, stnk, plat. Soale keprint ada di faktur pajak.

    Kira2 ada mark up ndak tu om bons?

    Balas
  • 25 Maret 2011 pada 14:19
    Permalink

    250 ribuan tuh perinciannya apa aja mas bons ?

    Balas
    • 25 Maret 2011 pada 16:18
      Permalink

      nah seperti kata bro cah cilik no 29 di atas mas bro, cuman kaknya dia agak kemahalan dikit

      Balas
  • 31 Maret 2011 pada 06:50
    Permalink

    wahh…sangat informatif sekali, ternyata mudah dan cepat ya prosesnya..terimakasih atas informasinya

    Balas
  • 6 April 2011 pada 10:54
    Permalink

    mas sy mau mutasi mobil dari jakarta ke tuban.jatim..
    yg sy tnyakan waktu ke polda (surabaya)mobilnya harus di bawa gak?(cek fisik)
    tolong ya mas….

    Balas
  • 20 Juni 2011 pada 12:33
    Permalink

    brow , gw mutasi and balik nma mitsu l300 gw dri kota pekan baru ke rokan hulu (msh stu propinsi) ngurus’nya gw serahin ma polisi yg tugas di samst rokan hulu,, tpi kok lama bnget ya udh 6 bulan g kelar2 , wajar g nich brow? law gw pngen laporkan mslh nich kmna ya? atur suwun

    Balas
  • 8 September 2011 pada 09:34
    Permalink

    pak bons,ini ktp kediri,mendatang (2 thn)pindah ke sidoarjo.tapi sekarang, tapi sekarang spedaku duluan ganti plat nomer. trus speda tak mutasi duluan,tapi pakek nama temenku. kira2 enake gimana pak bons

    Balas
    • 18 Oktober 2011 pada 14:30
      Permalink

      tunggu atas nama sendiri aje om, terlalu beresiko kalau nama orang lain

      Balas
  • 26 September 2011 pada 21:25
    Permalink

    mas kalo mutasi antar samsat (satu provinsi) truz qt serahken ke samsat daerah yg baru bisa gk? Kra2 hbis brp ya? Motor astrea grand 96.
    saya tgl di baturaja sumsel,
    motor itu asalnya dr palembang kota,
    soalnya musti ribet , berharap kalau saja gk ada yg namanya mutasi-mutasian, jadi berlaku seluruh indo, cuma balik nama aj kali,, mohn pencerahannya makasih, lam kenal,, msh menyimak teruz.

    Balas
    • 18 Oktober 2011 pada 14:29
      Permalink

      Harus cabut berkas dulu di samsat daerah asal baru bisa di urus berkasnya di daerah tujuan. cabut berkas kalau diurus sendiri biaya tak sampai 200, lalu bayar pajak di daerah tujuan bis dihitung dari jumlah pajak 5 tahunan yang tertera di stnk, semoga membantu

      Balas
  • 18 Oktober 2011 pada 12:10
    Permalink

    jasa urus perpanjangan pajak kendaraan bermotor roda 2,4 / atau lebih,perpanjangan STNK,Mutasi serta balik nama dari dalam atau ke luar/provinsi khusus kota/kabupaten Malang/Kota Batu, DP 50% dengan menyerahkan data uang diperlukan pembayaran sisa jika selesai setelah jadi, tarif normal tergantung jenis pengurusan, hubungi Ferdi di 0341-9262769

    Balas
  • 10 November 2011 pada 19:15
    Permalink

    Cabut berkas spd motor dari jakarta ke daerah kira2 biayanya berapa? Trim

    Balas
  • 15 November 2011 pada 13:35
    Permalink

    wah artikel bermanfa’at nih…
    anyway, klo STNK nya telat bayar alias blm byar 2 taon gmn tuww….?
    ada solusi yg sehat ngga…. slain dr bayar denda, kan denger2 bs bengkak jg tuh… hehehe…

    maklum gan ga pernah ngurusin bginian mslahnya. ๐Ÿ˜€

    Balas
    • 10 Desember 2011 pada 16:40
      Permalink

      nggak terlalu banyak kok mas bro, saya pernah ngurusin yang pajaknya mati, gampang tiggal bayar ditambah denda beres, so dnanya juga gak kelewat mahal, cuman kebetulan nominasinya saya lupa.

      Balas
  • 10 Desember 2011 pada 16:30
    Permalink

    klo mobilnya tahun 92 diputihkan sekarang (sudah lewat 10 tahun) masih bisa gak Pak Bons???

    Balas
    • 10 Desember 2011 pada 16:37
      Permalink

      kabarnya ada penghapusan stnk dan bpkb setelah 5 tahu tak dibayar pajak, namun beberapa orang ternyata msih bisa, silakan aja datang ke samast langsung tanya petugas

      Balas
  • 10 Desember 2011 pada 23:04
    Permalink

    Maksud ane Pak Bons, ane mau beli mobil th 92 dari bali trus dibawa ke jakarta, mau dibikin plat jakarta dan surat2 jakarta.. bisa ga Pak Bons?? n biayanya berapa?? soalnya denger2 klo uda setaun lebih ga bisa.. gmn Pak Bons?? Trimsss…

    Balas
    • 10 Januari 2012 pada 10:48
      Permalink

      kebijakan jakarta mobil pindah ke jakarta dari daerah alin agak susah, namun sebaliknya kalau dari jakarta ke daerah lain amat gampang. Namun itu tetap bisa walu nanti kitanya diboerondong dengan banyk pertanyaan. Langsung aja cabutberkas ke bali, kalu sudah jadi berks bawa ke jakarta dan daftarkan. biaya cabu berkas paling hanya 300 ribuan, lalu di jakarta bayarnya hitung pajak tahunan ditambah pajak 5 tahunan tambah biaya admin, biaya administarasi ini kecil, biasanya tak lebih dari 2-300 rebu atau terkadang hanya puluhan rebu.

      saan saya kalau punya mobil di balending jual aja lalu beli obil di jakarta, karena harga mobil di bali dan jakarta harga selisihnya minimal 10 juta lebih mahal Bali. Setiap akhir pekan selal saja ada moboil seken jakarta dibawa ke bali untuk dijual. monggo dipikirkan lagi, kaau boleh tahu mobil apa biar nanti kita tahu kisara harga jktnya!

      Balas
  • 13 Desember 2011 pada 22:14
    Permalink

    Mas bos, sy mau tanya apakah program pemutihan di tiap2 kota itu beda item dan typenya , sy pernah dengar ada yg bebas beaya balik nama

    Balas
    • 10 Januari 2012 pada 10:42
      Permalink

      betul ma bro kebijakan itu beda2 tiap daerah, waktunya juga beda-beda, saya pernah balik nama caut berks ke madiun, ternyata di madiun pas ada putihan alias gratis mas bro

      Balas
  • 7 Januari 2012 pada 18:09
    Permalink

    klo plat B Depok, cabut berkasnya ke samsat Polda Metro ap langsung ke samsat Depok mas bro?

    Balas
    • 10 Januari 2012 pada 10:50
      Permalink

      iya mas bro, itu masih satu atap meki depok jabar tapi tetappusat di polda metro. alias proses lebih cepat ketimbang ke luar jabodetabek

      Balas
      • 20 September 2012 pada 11:12
        Permalink

        Ane masih belum paham gan,,,ane mau cabut berkas plat depok itu mesti kemana gan.?

        Balas
      • 20 September 2012 pada 11:14
        Permalink

        Ane masih belum paham gan,,,ane mau cabut berkas plat depok itu mesti kemana gan.? Gmna penjelasan nya

        Balas
  • 9 Januari 2012 pada 17:00
    Permalink

    mas, klo motor sodara trus cabut berkas, pake ktp ortu di daerah gmn?
    perlu pake kuitansi bermaterai gak?

    Balas
    • 9 Januari 2012 pada 18:00
      Permalink

      tetep perlu gan, selagi pindah nama dianggap jual beli

      Balas
  • 10 Januari 2012 pada 09:30
    Permalink

    mas, minta bantuan nih. saya sudah beli mobil bekas bpkb, stnk, ama nomor rangka cocok tapi nomor mesin tempelan alias tidak asli apakah nanti ketika balik nama kan butuh cek fisik apakah bermasalah walaupun nomor mesin tempelan ada surat keterangan?

    Balas
    • 10 Januari 2012 pada 10:04
      Permalink

      wah saya belum pernah menghadadapi kasus begitu mas bro, mohon maaf belum bisa membantu

      Balas
      • 10 Januari 2012 pada 10:35
        Permalink

        coba cek mesin aslinya masih ada? biasanya mesin tempelan diambil dari yang asli. kalo ga ada takutnya dicurigai mobil curian?

        Balas
  • 10 Januari 2012 pada 14:59
    Permalink

    Thanx infonya mas Bons, tp month tanya pd saat daftar mutasi di samsat kota asal itu pake KTP dengan alamat tujuan atau kota asal,…?

    Balas
  • 10 Januari 2012 pada 20:08
    Permalink

    Mas Bons, aku ki neng Tanjungpinang, arep golek inova ing jkt, iso njaluk tulung njenegan balik nama karo mutasine ra? nek iso piro tak transfer njenengan soale nek lewat biro jasa sekitar 3 jt, man eman duite..piye kang?

    Balas
    • 10 Januari 2012 pada 20:38
      Permalink

      wah aku wis pindah ke cirebon seh mas bro, tapi kalau jadi mungkin akhir bulan ini aku juga mau ke jkt aep mutasi boil ku ke cirebon, keep contact ae leek sampean sabar nunggu

      Balas
  • 11 Januari 2012 pada 23:23
    Permalink

    Nggih .. matursuwun sanget mas Bons..

    Balas
  • 12 Januari 2012 pada 14:56
    Permalink

    Minta saran nih masbro,,
    Aku di Palembang,,rencana mau beli Honda Win di Jakarta (harga disana kisaran 4-5 jta),
    Masalahnya nih masbro kalau total biaya mutasi aja +/- Rp 600 rb plus ongkir +/- Rp 400-500 rb itu udah 25% harga motor donk..
    Saran masbro gimana nih, mau cari di Palembang mungkin harga akhir sama aja bila aku beli di Jkt.. Tapi di sini susah cari motor impianku itu… ๐Ÿ™
    Emang beli dan urus2 motor di Jkt itu gimana sih masbro baiknya.. (urus2 di samsat, ekspedisi, dlll). Maklum aku ‘buta’ sola beginian… ๐Ÿ˜€

    Makasih sarannya mas… ๐Ÿ˜€

    Balas
    • 12 Januari 2012 pada 21:06
      Permalink

      Pasaran Jkt Win 2-3,5 juta mas bro tambah estimasi biaya pajak dan ongkir 1,1 juta tetep masih murah jkt taoh sampean udah atas nama sendiri. andai sampean beli dipalembang, tetep saja balik nama kan, juga butuh biaya minimal 500.000, kan sekarang udah pajak progresif jadi susah pinjem ktp pemilik semula, mau nggak mau tetep balik nama,tapi itu hanya masukan dari saya mas bro

      Balas
  • 16 Januari 2012 pada 22:36
    Permalink

    mas bons salam kenal sebelumnya nih….sama2 tinggal di cirebon hehehe…
    nanya dong mas… aq lg proses cabut berkas mutasi n balik nama mobil prestige 87 dari depok, skrg disuruh nunggu 3 minggu lagi ambil berkas ke samsat depoknya, nah tar klo daftarin masuk samsat crbon urut2annya gmna nih, lgsg ke samsat crbn dulu apa ke polda bandung minta cap pengesahan ( dari artikel di atas harus minta pengesahan polda setempat ya? )
    nah kalo pajak sebelumnya pertahun 600 rb, kira2 pas di samsat cirebon butuh duit brp ya sampai kelar dpt BPKB, STNK, ama plat nomor baru ( berdasar pngalaman mas bons di cirebon, maklum kantong pas2an makanya aq ga lewat biro jasa )

    Balas
    • 22 Januari 2012 pada 19:28
      Permalink

      langsung ke samsat irebon mas bro, lalu pajak itung aja 600 tambah pajak 5 tahunan, lalu biaya bikin plat nomer plus administrasi. yakin gak bakal abis 2 juta

      Balas
      • 3 Februari 2012 pada 02:07
        Permalink

        setelah daftar ke samsat cirebon apa harus minta stempel pengesahan polda di bandung mas?

        Balas
  • 22 Januari 2012 pada 18:39
    Permalink

    kang bons mau nanya nih, kalau ga ada kwetansi pembelian, mau proses mutasi dari jakarta ke bandung ribet ga, trus biaya cabut berkasnya plng abis brapa, makasih sblmnya

    Balas
    • 22 Januari 2012 pada 19:12
      Permalink

      maksudnya kuitansi pembelian dari pabrik atau dari orang pemilik sebelumnya? kalu dari pabrik tentutak usah, kalau dari penjual/pemilik sebelumya bikin kuitansi sendiri aja beli kuitansi dari toko lalu ditandatanganin diatas materai 6.000. beres. Bawa kuitansi, BPKB+STNK+KTP sampean bersama copy masing-rrangkap 2, yang satu pegang, yang satunya kasih petugas. Biayanya 200.000 an mobil atau motornggak jauh beda mas bro. PRosesnya cepat dan jauh dari kata ribet, cuman nunggu jadinya lama sekitar 30 ibaru bisa diambil lalu dibawa ke Bandung.

      Balas
  • 23 Januari 2012 pada 14:20
    Permalink

    selama proses cabut berkas yg lama tsb, berkas stnk asli+plat kota asal msh bisa dipakai ga? Atau harus dititipkan saat cabut berkas itu jg?
    Thx dan salam kenal!

    Balas
    • 23 Januari 2012 pada 14:56
      Permalink

      semuanya ditarik oleh samsat asal untuk administarasi, sebagai gantinya kita dikasih kuitansi, makanya siapkan potokopi stnk dan bpkb kalau kendaraaan buat jalan, jika ditanya polisi tunukkan Kuitansi serta copian stnk dan bpkb

      Balas
  • 29 Januari 2012 pada 02:37
    Permalink

    Kalo atas nama pt bisa ga ya mutasi..prossesnya bh sulit apa tdk ya.

    Balas
  • 29 Januari 2012 pada 07:03
    Permalink

    minta no HP pak bonnya donk
    sya ada niat memutasi mobil

    Balas
  • 30 Januari 2012 pada 14:16
    Permalink

    Mas Bro Mo tanya Aq Beli RX King dari Surabaya mau mutasi tapi pajaknya mati 5 thn apa aq harus lunasi pajaknya tiap tahunnya selama 5 tahun atau bayar pajak sekali di tambah denda 5 th.
    Thaks atas jawabannya…

    Balas
    • 30 Januari 2012 pada 17:44
      Permalink

      bayarpajak 5 tahun plus denda tapi bayarnya biasanya di daerah tujuan

      Balas
      • 3 Februari 2012 pada 18:18
        Permalink

        Mtr ninja 04,ats nma sy,trjual 1 th yg lalu,yg beli org luar kota.skrng wktu pjk uฯ‘ษ‘h hbs,dan orgnya pgn mutasi.hal ap sj yg harus sy siapin mas bozz ?dan kira2 dananya brpa ?sa’derengipun lan sa’sampunipun matur suwun.

        Balas
        • 3 Februari 2012 pada 22:23
          Permalink

          yang jelas kalau mutasai itu urusan yang beli sampean gak usah mikirin, karena tak ada satu saratpun dari penjual selain kuitnasi jual beli bermaterai yang sampean kasih ke pembeli untuk syarat mutasi, untuk dana monggo dihitung sesuai artikel, yakni pajak per 5 tahun, dan administarasi

          Balas
  • 3 Februari 2012 pada 18:50
    Permalink

    Mas broo .. kl mo mutasi n balik nama dr Jkt ke Ponorogo, selain kwitansi pembelian apa jg perlu KTP pemilik lama? ane tertarik ama Soluna eks Taxi niihhh … suwun nggih …

    Balas
  • 10 Februari 2012 pada 03:35
    Permalink

    tapi biasanya dipersulit itu gan klo ngurus sendiri

    Balas
  • 11 Februari 2012 pada 22:54
    Permalink

    mas kalo kuitansi jual beli bermaterai tidak ada bisa gak ngurusnya mutasi ,,, , yang ada cuman bon kuitansi pembelian biasa saja yang tidak bermaterai ,, wduh sya bingung nehh untuk mutasinyaa,, orang yang punya sudah pindah ke luar kota lagii ,,

    Balas
    • 12 Februari 2012 pada 07:40
      Permalink

      weh bikin ndiri aja gan, beli kuitansi, isi lalu kasih materai dan tandatangani, inat tanggalnya jangan lama-lama dengan pas mau mutasi

      Balas
  • 22 Februari 2012 pada 11:30
    Permalink

    WELEH2… ANE BARU AJA TELP AMA BAGIAN INFORMASI DI SAMSAT JAKUT. MAUNYA SIH CROSS CHECK HARGA… DAH DIJATUHIN HARGA DULU 650RIBU CABUT BERKAS (TERIMA BERSIH).. YG TERIMA berinitial I. kok petugas samsat yg jadi calonya ya?????? gimana nih????

    Balas
    • 5 Maret 2012 pada 19:54
      Permalink

      ambil aja,kalau urus sendiri juga banyak pngutan sekita 10-15 ribu dubeberapa tempat

      Balas
  • 23 Februari 2012 pada 08:53
    Permalink

    Lam kenal boz james, tuh biaya gede banget, ane baru aza urus sendiri mutasi dari cinere depok ke jakut tuh biaya kagak sebesar.itu boz

    Balas
    • 5 Maret 2012 pada 19:58
      Permalink

      kalau interne jabodetabek emang kecil gan, tpi kalau mutasi antar darah weew, segitu. KEmarincabut berkas ke cirebonBMW 318 i habis 300 an, tapi butung wara-wiri ongkos dan pendaftaran beberapa kali ya jadinya segitu, padahal bayar banknya cuman 170 rebu

      Balas
  • 5 Maret 2012 pada 19:22
    Permalink

    mas bro mhon pencrahannya dungg,, w mo mutasi trus skalian balik nama tapi tidak ada ktp pemilik yang punya/pindah ke luar kota ngak tau di mana,,, dan pajak mati/telat 2 tahun dan bulan 11 thun kmaren wktunya gnti plat,, bisa gak yah ngurusnya,,, trus prosedurnya gimana,,?? mo mutasi dari jakarta ke depok,,

    Balas
    • 5 Maret 2012 pada 20:03
      Permalink

      biasa aja prosesnya tapi harus lunasi pajak dulu gan! pas mau cabut berkas

      Balas
  • 7 Maret 2012 pada 19:34
    Permalink

    kalau kita hanya mau ngirim ja…
    contoh saya ke medan..
    sementara saya gak punya waktu ke sana …
    Bisa gak nitip ama pemilik di sananya…

    Balas
  • 7 Maret 2012 pada 23:22
    Permalink

    rek2 wong orang mau bayar pajak dipersulit, buat aja sepeti bank on line bisa bayar di mana aja. manajemen di pemerintahan suka membuat orang yang bertanggung jawab menjadi susah,

    Balas
  • 10 Maret 2012 pada 14:00
    Permalink

    mas bons aku mau tanya . aku beli motor dari jambi , tapi motor udah terlanjur saya bawa ke ponorogo gimana mutasinya , bisa ga tanpa cabut berkas di sana mohon bantuanya ,trus biayaanya habis berapa makasih

    Balas
    • 16 Maret 2012 pada 21:55
      Permalink

      harus cabut berkas disana mas bro,kalau mau gak repot sampean mungkin ada kenalan orang di jmabi, kirimaja berkasnya, berikut bikti cek fisik dari samsat ponorogo, nanti kirim lewat poslebih hemat biaya

      Balas
  • 15 Maret 2012 pada 07:16
    Permalink

    om, mau tny nih,, aq di Tolitoli, SEANDAINYA aq dipindah tugaskan di Bitung (dekat Manado), aq dikasih waktu 2 mggu utk sampai ke Bitung, klo mo cabut berkas motor bth wktu hampir sebulan, kalo mau nitip ke tmn ga enak ngrepotin, mo urus sendiri jg jls ga bs (lha wong ngurus pindahan aja dah mumet), mo ke calo mahal, mo ke polisi jg ga kenal, jarak perjalanan mobil dr Tolitoli ke Bitung jg lbh dr 25 jam (kalo naik pesawat bs abis 2jt lbh). Ada solusi bwt saya gak om? kalo sblm saya dipindah tp udah saya urus cabut berkas begitu jd mslh gak? kalo soal pindah tugasnya sih udah pasti cm ga tau kapan,, drpd ntar ribet urus pas udah dipindahtugas, mending aq urus skrg boleh gak?

    Balas
    • 16 Maret 2012 pada 21:57
      Permalink

      betu gan urus sekarang aja, yang penting sampean udah punya ktp daerah tujuan, nah nati kalau dah jadi minta bantuan temen buat ngambil doang kok gak ribet, lalu minta diposin ke alamat sampean

      Balas
  • 15 Maret 2012 pada 13:07
    Permalink

    Halo Brader

    Salam kenal…mau tanya kalau mutasi sebaik sebelu hari h pajak tahunan atau pas hari h nya saja…

    thanks atas infonya yang bermanhaat ini…

    Balas
    • 16 Maret 2012 pada 21:59
      Permalink

      lam kenal balik om
      sebaiknya sebulan sebelumnya gan, kan jadinya berkas biasanya 30 hari, kalu mau yogok ya 2 minggu, jadi pas berkas jadi pas sampean bayar, karena kalu telat bisa kena denda

      Balas
  • 16 Maret 2012 pada 21:43
    Permalink

    bos numpang tanya , saya beli motor thunder di bekasi dan sekarang mau saya mutasi ke kediri , gimana caranya ? posisi motor sudah di kediri, dan berapa biayanya…..? terima kasih

    Balas
    • 16 Maret 2012 pada 22:01
      Permalink

      minta cek fisik ke samsat kediri, lalu bawa berkasnya seperti tertulis di artikel di atas, daftarkan cabut berkas di bekasi, tunggu 30 hari kalau dah jadi ambil bekas dan daftarkan di kediri, beres. Biaya cabut berkas antara 175-300-an

      Balas
      • 25 April 2012 pada 17:15
        Permalink

        dan harus daftarkan juga ke POLDA JATIM gan, kalau cek fisiknya waktu cabut berkas disamsat kediri, maka berkas yg dari jkt bisa langsung daftarkan ke POLDA Jatim, tapi kalau cek fisik di samsat kota/propinsi asal motor maka sebelum ke POLDA JATIM (tujuan daftar dan croscek STNK n BPKB) maka harus cek fisik dulu di samsat kota agan (kediri).
        setelah berkas lolos POLDA Jatim, maka diteruskan urus ke samsat kediri. semoga membantu info

        Balas
  • 19 Maret 2012 pada 15:12
    Permalink

    mas kalo mutasi dan balik nama dari karawang ke jakarta kira2 abis berapa ya?
    cara ngrusnya sama kalo kita mutasi dari jakarta ke karawang gitu?
    kalo nama pmlik motornya bukan naama saya, saya harus bawa ktp pmlinya gtu?

    Balas
    • 30 April 2012 pada 09:38
      Permalink

      sama caranya,kalau mau mutasi dan balik nama sesuai nama anda, gak perlu bawa ktp lama

      Balas
  • 23 Maret 2012 pada 19:21
    Permalink

    salam kenal bos saya mau tanya, saya mau cabut berkas toyota vios 2007 dari jakarta, mau dimutasi ke pekan baru, pertanyaan saya berapa lama proses sampai berkas keluar dan berapa total biayanya kalau urus sendiri dan berapa melalui biro jasa.
    kemudian biaya balik nama dipekanbaru berapa , pajak tertera dalam STNK di jkt sebesar Rp.2,050,000.
    atas pencerahanya saya ucapkan terima kasih.
    Ferdinal

    Balas
    • 30 April 2012 pada 09:53
      Permalink

      cabutberkas biasanya Rp.250.000-300.000 waktu 30 hari,kalau mau cepet sekitar 2 minggu nambah menjadi sekitar 600.000
      nah di daerah tujua ukup itung paja dan biaya balik nama beresgan

      Balas
  • 26 Maret 2012 pada 08:54
    Permalink

    Trims atas info mutasinya.

    Balas
    • 14 April 2012 pada 11:22
      Permalink

      mas bon aku mau mutasi motor ama mas bon berapa ongkosnya ya kl di boyolali nya minta 600rb blm di jktnya

      Balas
      • 30 April 2012 pada 09:42
        Permalink

        waduhaku bukan biro jasa lo mas bro, hahahha, kalau dulu aku masih tinggal di jkt mau aja sih, tapi sekarang dah pindah ke cirebon

        Balas
  • 20 April 2012 pada 10:02
    Permalink

    Thx a lot info nya gan.

    Balas
  • 30 April 2012 pada 09:18
    Permalink

    mas gimana cara mutasi motor dari jawa timur ke jakarta
    dan kisaran biayanya berapa ?? tolong lebih diperjelas

    Balas
    • 30 April 2012 pada 09:50
      Permalink

      sama caranya mas bro, cuman sara saya motor di Jatim Harganya jauh lebih mahal dari Jakarta, kemudian kendaraan mutasi ke jakarta rumrnya agak susah, sebaliknya kendaraaankeluar dari jakarta sangat gampang, nah mending jual lalu beli yang di Jakarta murah tenan harganya

      Balas
  • 30 April 2012 pada 10:30
    Permalink

    Buat motor tahun 2001 pengurusan mutasi keluar daerah dari samsat depok ke sumedang, buat pencabutan berkasnya diurus di samsat mana? (msh samsat depok kah ato samsat jakarta?)

    Balas
  • 30 April 2012 pada 10:55
    Permalink

    klo plat B Depok motornya tahun 2001, cabut berkasnya kemana? ke Samsat Depok ato langsung ke Samsat Poldametro??? mohon pencerahannya mas…..Tq

    Balas
  • 30 April 2012 pada 10:57
    Permalink

    Mu cabut berkas,Kalo KTP bisa diganti ama SIM nggak?

    Balas
  • 14 Mei 2012 pada 01:28
    Permalink

    Mas bons… motor saya plat tangerang n saya juga tinggal di tangerang , mau tak mutasi ke Pemalang atas nama bapak saya..

    yg saya tanyakan :

    – Perlukah saya bikin kwitansi pembelian kalau motor itu cuma hibah…?
    – Atau perlu kwitansi dari pemilik pertama , cz aku beli ini motor seken n kwitansinya sudah entah kemana

    – Perlukah KTP bapak saya yg sekarang lagi di pemalang buat ngurus cabut berkasnya ?

    Thanks B4…

    Balas
    • 19 Mei 2012 pada 08:40
      Permalink

      kwitansi buat sendiri aja dibubuhi materai, karena bagi samsat mutasi dilihatharganya, lalu untuk dijadikan referensi secara umum lalu akan ditentukan besaran pajaknya.
      KTP tujuan harus disertakan

      Balas
      • 23 Mei 2012 pada 05:05
        Permalink

        Waduh… Lha kalo KTPnya foto copy aja gimana ?

        Gak perlu pake surat kuasa kah ?

        Balas
  • 14 Mei 2012 pada 15:40
    Permalink

    Mas bons mau tanya nih, kalo mutasi + balik nama mobil dari Cirebon ke Indramayu cepet gak mas? Trus kira2 kisaran total harganya brp yah skrg? Suwun ๐Ÿ™‚

    Balas
    • 19 Mei 2012 pada 08:36
      Permalink

      cepet ssekarang biaya balik nama lagigratis gan, itung pajaknyta tambah 300 buat cabut berkas dan kira2 500 buat daftar

      Balas
  • 21 Mei 2012 pada 11:01
    Permalink

    Salam kenal mas bro, saya di kaltim, mo mutasi mobil sportg II 2008. pajak tertera 1,9 jt. dari jkt, pernah ditawari biro jasa 850 rb. untuk cabut berkas. wajar ato ga?
    selama proses dokumen apa yang bisa dipakai untuk jalan?. kalo cuman foto cp. stnk, kan ga bisa untuk jalan ?
    tengkayu….!!!

    Balas
    • 29 Mei 2012 pada 13:26
      Permalink

      Siang….
      Mba or mas ini saya juga rencana mau beli mobil dri jakarta kebetulan saya juga tinggal di kaltim btw untuk Rincian semua biaya kira2 hbs berapa ya…mohon di share…makasih

      Balas
  • 22 Mei 2012 pada 10:53
    Permalink

    salam kenal mas bon,

    saya mau tanyak mas bon,,KTP saya itu situbondo,,,tapi saya sudah tinggal di surabya dan saya bli sepada mtor bekas di surabya,,,,,,,,,

    cara proses mutasinya gmn ya mas bon,,
    mohon pencerahan dan infonya,,,,,

    terima kasih

    Balas
  • 23 Mei 2012 pada 12:56
    Permalink

    Buka biro saja Mas Bons, laris kayaknya.

    Balas
  • 25 Mei 2012 pada 00:15
    Permalink

    gan..,insyaallah minggu depan ane mau mutasi motor casey ane dr jkt ke purwokerto,modal ane cuma ikuti semua langkah2 yg agan tulis..,ane denger apa bener kalo pengen ngurus sendiri ngga akan dilayani gan..

    Balas
  • 28 Mei 2012 pada 11:20
    Permalink

    nais info mbah bons, entuk rondo ning kempling yo oke-oke ๐Ÿ˜€

    Balas
  • 29 Mei 2012 pada 09:08
    Permalink

    permisi butuh info nih,.
    sya pnya motor plat B jkarta kab.tanggerang,. mw mutasi ke kota bogor.
    kira proses dan dananya brapaan bos..
    sblumnya trimakasih bnyakk bos.

    Balas
  • 29 Mei 2012 pada 10:24
    Permalink

    Yang dibilang mudah, cepat itu yang mana ya?
    Bayangin aja sudah terasa ribetnya…..hari gini Bung, dah gak jaman orang disuruh muter2 hanya untuk bayar pajak……..waktunya bulanan lagi….
    Ada lagi yang harus ke polda hanya untuk stempel…..ruwet…ruwet…
    Samsat ini sudah ikut reformasi ato masih repot nyari nasi sich???
    Emang bener sich SAMSAT itu satu pintu, tapi mejanya masih banyak banget…..
    Kapan kita mau berubah?????

    Balas
    • 11 Juni 2012 pada 20:20
      Permalink

      iya betul… ruwet dan primitif.. tapi mungkin sengaja di primitifkan biar pungli’nya tetap berjalan….

      ane bayangin jika di samsat walopun banyak meja tp bayarnya di satu kasir… dan struknya tercetak rinci… dan bisa bayar pake gesek kartu…..

      lha ini… tiap meja suruh bayar.. boro2 mau ngasih kwitansi… tanyain rinciannya aja susah

      Balas
  • 30 Mei 2012 pada 12:16
    Permalink

    Suga – 29 Mei
    Bos Minggu ini saya mau cabut berkas dan balik nama ke istri saya dari jakarta kejogja , kalau tak urus sendiri tapi KTP nya istri bisa gak boss. Kalau mobilnya dari jakarta timur cabut berkas nya di samsat mana boss ? Mobil di jogja geseknya di jogya tetap bisa ya boss ? tak tunggu jawabannya

    Balas
  • 31 Mei 2012 pada 01:03
    Permalink

    Maz bons saya kn mo balik nama dari kab. Malang ke kota batu..
    sepeda saya pkb’nya 166.600..
    Swdkllj’nya 35.000..
    Jumlah’nya 201.600..
    Truz pajaknya telat 2 taon (sampai oktober depan)
    saat nh d jatim da pemutihan mpe juli depan..
    Pengennya c semuannya beres..
    Tp dana cm 850 maz bons..
    Enaknya bayar pajaknya dulu to skalian j..
    Tolong dong bwtin rincian bwt saya maz bons..
    Pa j yg harus saya siapkan ma kira2 berapa duid yg harus saya keluarkan..
    Bingung nh maz bons pa lg adek mo masuk kuliah lg,.
    Tolong ya maz bons..
    Makasih..

    Balas
  • 4 Juni 2012 pada 10:42
    Permalink

    ada yang pernah mutasi motor dari jakarta selatan ke karawang gak…….total kena berapa ……

    thank

    Balas
  • 5 Juni 2012 pada 10:44
    Permalink

    berapa ya biaya buat cabut berkas aja di samsat jakarta barat? urus sendir/jasa calo?????

    Balas
  • 5 Juni 2012 pada 19:59
    Permalink

    mas mau nanya juga.motor dimalang kota,mau mutasi ke merauke-papua.pajak mati 15 tahun.kalo motor smisal sudah berada di papua,masih tetap bisa diurus pajaknya apa tidak mas?terimakasih.

    Balas
  • 6 Juni 2012 pada 09:08
    Permalink

    ane malah arsip berkas stnk bpkb gak diambil

    di samsat tujuan d tanyain mana arsip stnk bpkb
    balik lagi dach. Cabut

    Balas
  • 7 Juni 2012 pada 00:45
    Permalink

    Mas Bons..
    Motor saya plat Depok Ktp saya DKI Jakarta,Saya mau Balik nama biar g ribet klw byar pajak..
    Kira2 kna Mutasi g ye ?
    Kle kna,kira2 kena biaya brpa?
    Thanks…

    Balas
  • 8 Juni 2012 pada 14:13
    Permalink

    Mr Bonds
    saya sudah cabut berkas dari solo, mau mutasi ke samsat malang.
    Apa harus ke POLDA JATIM dulu?
    Trims

    Balas
    • 11 Juni 2012 pada 20:11
      Permalink

      Ni sama kasusnya kaya ane nih… motor ane udah tak cabut berkas tp masih nunggu katanya 30 hari kerja… yg ane bingungin tu nanti di kota pemalang… ane ke samsat pemalang apa ke polda jateng ( semarang)

      berapa kali bolak balik & brapa lama waktunya gitu…

      mohon yg ngerti.. kasih tau ane..!

      Balas
  • 11 Juni 2012 pada 14:07
    Permalink

    Mr. Bonds
    Mohon bantuan kira2 biayanya brapa yah untuk mutasi kendaraan ke daerah SUMUT dari jakarta

    Balas
  • 15 Juni 2012 pada 06:12
    Permalink

    Met pagi Bos bons,ane mau nanya nih..gimana caranya bayar PKB motor ane,mengingat motor ane belum dipajek’i sama sekali(5 th)..ane dulu dapatnya tu motor dari nerusin kredit dari orang yang kebetulan berdomisili di kabupaten,sementara domisili ane di kodya malang,ane bingung soalnya ane belum dapat ktp tu orang,bpkb sekarang sudah di jaminkan ke bank,tp untungnya tu bank baek banget mau minjemin tu bpkb ke ane,tapi hari senin besok dah harus balik..dana ane cuman 900rb(itu pun dapat dari minjem :-P)pkb mtr ane 160an,qira2 kalo mau mutasi perlu nambah berapa ya..?(di jatim sekarang ada program pemutihan,ngaruh g?),mohon pencerahannya dong bos bons,biar motor ane bisa hidup lagi,coz kalo kelamaan mati kasian bos :-P..atas pencerahannya,matur tengkyu..

    Balas
  • 17 Juni 2012 pada 00:59
    Permalink

    Mr Bonz kalo misal ane punya motor di jogja atas nama sendiri, kemudian ane pindah ke Jakarta dan anepun ganti ktp Jakarta, motor ane ikut ke Jakarta, kalo mau bayar pajak gimana mister? Apa harus baliknama motornya?

    Balas
  • 19 Juni 2012 pada 00:04
    Permalink

    Halo mas Bons,
    salam kenal,

    Ane mau beli motor modif solo, motor nya sudah di batam dan mau ane beli di batam. sedangkan pajaknya baru di bayar sama pemiliknya. bagus nya gimana mas bons? minta diurusin dulu surat mutasi oleh pemiliknya, atau ane beli tanpa surat mutasi, ane ngeri susah urus jangka panjangnya nanti,,,,. bales ya mas Bons… ๐Ÿ˜€

    cmiwq… ๐Ÿ˜€

    Balas
  • 21 Juni 2012 pada 17:41
    Permalink

    boleh minta bantuannya,sekarang saya lagi ngurus mutasi masuk kab bekasi, berkas ada di loket pendaftaran,setelah proses ini selesai apa ada proses ganti bpkb kalau ada gimana caranya..terima kasih

    Balas
  • 22 Juni 2012 pada 11:55
    Permalink

    Manstab mas bro…saya lagi rencana mutasi motor dari bogor ke ponorogo..postingannya sangat memberi pencerahan, hanur nuhun.

    Balas
  • 25 Juni 2012 pada 13:14
    Permalink

    halo mas james bon, rencana ane mo mutasi ke cirebon kota,apak itu pengesahan ke BAndung dulu ato gmn dan semua biayanya brp yah klo ngurus sndiri, makasih mas james bons,,,,

    Balas
  • 2 Juli 2012 pada 00:37
    Permalink

    tanya om,kl ada pemutihan masak mutasi gratis tis?anggep aja sesama sby beda kecamatan apa dr sda ke sby

    Balas
    • 6 Juli 2012 pada 15:13
      Permalink

      mutasi dr sda ke sby…lgsg ke samsat sda lgkapi prsyaratan bpkb,ktp,stnk,kwtsi penjualan trus chek phisik kendaran > ambil berkas lt 2 > fiskal (liat almt stnk mgkt ada di samsat krian fiskalnya) > kl samsat krian lgsg bagian Fiskal kena biaya formulir mutasi 100rb nunggu 3minggu kmbli ke samsat krian ambil berkas di bag FISKAL

      Balas
  • 3 Juli 2012 pada 05:36
    Permalink

    mas mo tanya kalo mau mutasi mobil dari jkt-bali, ktp pemilik baru itu harus ktp bali atau bisa ktp jkt. Aku mau beli terios di jkt untuk dibawa ke bali tapi ktp ku masih ktp jakarta, thanks a lot

    Balas
  • 18 Juli 2012 pada 22:10
    Permalink

    mau tanya mas..mas saya kehilangan stnk trus saya mau langsung cabut berkas..gimana caranya dan berapa biayanya ya mas…makasih sebelumnya y mas..

    Balas
  • 22 Juli 2012 pada 23:28
    Permalink

    Om Bons dn agan2 semua.. ane mau nanya ni..rencana bulan depan mau mutasi dn balek nama motor tua..nahh yg jadi masalah tu motor cuma ada BPKB aja dn STNK ilang..ane mau mutasi dari semarang ke madura..
    Gimana tu cara dn syarat yg harus ane lengkapin biar bisa mutasi..dan apakah biayanya akan sanga lebih mahal..

    Balas
    • 5 Agustus 2012 pada 14:25
      Permalink

      @Mphe
      @Dalz
      gak terlalu mahal kok gan, minta surat keterangan kehilangan lalu urus mutasi

      Balas
  • 5 Agustus 2012 pada 13:48
    Permalink

    ma ksh byk atas impormasinya om..

    Balas
  • 7 Agustus 2012 pada 10:30
    Permalink

    om vespa saya asal semarang dan akan saya mutasi ke kediri (jatim), juga ada masalah, nomor rangka uda gag berbekas sama sekali. pajak 1 tahunan mati 2005 dan pajak 5 tahunan mati 2009, kira” berkas apa aja yang harus dipersiapkan dan berapa uang harus dipersiapkan!! misal vespanya gag usah dibawa ke semarang apa bisa?

    mohon bantuanya

    Balas
  • 7 Agustus 2012 pada 12:55
    Permalink

    mas bro ane beli motor di jember tp second gan, sekarang ane mo mutasi ke jakarta itu enak ngurusnya gimana ya mas broo mohon bantuannya donk ane buta bangat ne soal ginian.. makasi mas brooo mohon bantuannyaaaa bgt

    Balas
  • 10 Agustus 2012 pada 03:19
    Permalink

    mas, mau mutasi motor seken dari jakarta ke bekasi, terus pajak udah mati.
    itu gimana ngurusnya ? bayar pajak dulu atau gimana ?
    makasih..

    Balas
  • 15 Agustus 2012 pada 02:10
    Permalink

    Assallmullkmโ€ฆpermisi
    slm knl mr.bon,saya mau
    tanya cara cabut
    berkas motor pemilik
    pertama org soreang
    bandung udah susah
    dihbginya bahkan sdh
    ngblokir stnk saya,itu
    gmn y?saya harus
    datang kesamsat
    mana dulu y?mau
    saya mutasikan
    kedaerah asal saya
    dicirebon,kira2 hbs brp
    y biayanya?tlg dijwb
    sblum dan
    sesudahnya saya
    ucapkan banyak2
    terima kasih.

    Balas
  • 16 Agustus 2012 pada 00:59
    Permalink

    mas bonz mau nanya nich,,
    motor saya kan baru beli bekas,,shogun R 2002
    kok plat nomor di BPKB sama yg di STNK beda ya??
    Apa kalau ganti plat itu nomornya bisa beda? atau memang selalu beda dari yg pertama beli?
    mkasih mas bonzz..

    Balas
  • 22 Agustus 2012 pada 20:36
    Permalink

    mantab mas bons infonya…. rencana awal taun mau mutasi ke cerbon niy…. salam kenal yo…

    Balas
  • 30 Agustus 2012 pada 05:31
    Permalink

    Sebelumnya salam kenal mas bons,
    Saya tinggal di Bandar Lampung, saya ingin membeli motor second vario Th.2007 Bln 7. plat N (Malang). Motor nya sudah di Bandar Lampung dan hanya BPKBnya saja. STNK nya hilang/tidak ada, bgtu juga tidak ada KTP pemilik yang lama nya.
    Yang ingin saya tanyakan, saya ingin mutasikan ke Bandar Lampung dan surat2 berubah menjadi atas nama saya mas, apakah bisa mas? Bagaimana prosedurnya klo ingin mutasi tetapi STNK nya tidak ada?
    Dan kira2 berapa biaya yang di keluarkan untuk mengurusi itu smua mas?
    Mohon dg sangat Pencerahannya mas bons, terima kasih.

    Balas
  • 5 September 2012 pada 21:43
    Permalink

    mas, mohon gambar contoh kwitansi pembelian motor bekas.. thank’s

    Balas
  • 6 September 2012 pada 08:57
    Permalink

    salam knal mas Bon
    Saya mau tanya…saya mau mutasi motor 2001 dan balik nama pakai nama istri dari jaktim ke Depok tapi pas mau berangkat berkasnya kurang…faktur pembelian yg di BPKB hilang..?terus sy harus bsgaimana??dan kalau beli kwitansi tgl pembelinya sy tulis tgl berapa/thn berapa??mksh wong bodo..tolong di bales segera

    Balas
  • 13 September 2012 pada 15:01
    Permalink

    mas bon, mau nanya juga , saya mau mutasi motor dari kabupaten tangerang ke Jakarta Timur, karena, KTP saya yang tangerang sudah mati dan sekarang sudah pindah alamat ke jaktim, masalahnya saya belum bayar pajak 3 tahun ๐Ÿ˜€ , jadi yang harus saya lakukan terlebih dahulu bayar pajaknya atau mutasinya dulu mas ? dibales ya … thanks

    Balas
  • 14 September 2012 pada 07:14
    Permalink

    mas bro, kasusnya sama nih..masih seputar tangsel..tapi alamat pindah desa, waktu mau ganti alamat di bpkb itungannya seperti jual beli yah..? mohon sarannya..

    Balas
  • 17 September 2012 pada 16:16
    Permalink

    Saja baru aja beli motor astrea prima dari gresik plat w
    kira2 biaya cabut berkas dari gresik habis berapa ya?
    Mohon pencerahannya..

    Balas
  • 21 September 2012 pada 20:49
    Permalink

    mlm mas bro ane mau tny utk cabut berkas mobil dari surabaya ke malang smp brp ya n utk pajaknya mati 2 thn apa ini hrs terbyr dulu ?

    Balas
  • 24 September 2012 pada 11:57
    Permalink

    infonya bagus
    tp saya mau tanya, untuk cabut berkas, itu KTP yang dibutuhkan KTP pemilik asli kan? tapi kalo KTP pemilik asli dah pindah alamat gimana?

    Balas
    • 24 September 2012 pada 12:00
      Permalink

      kalo sekalian balik nama, pakai KTP pemilik baru aja langsung gpp.
      dulu jupiterku juga balik nama gak perlu KTP pemilik yg lama kok..

      Balas
  • 26 September 2012 pada 03:08
    Permalink

    mau nanya bgaimana caranya mutasi motor dari flat B mnjadi flat BE,sekarang saya dan motornya ada di lampung,dan kira kira berapa biayanya,mohon bantuannya

    Balas
  • 23 Oktober 2012 pada 01:40
    Permalink

    oya bro,klo mo cabut berkas,misalnya plat jakarta selatan,bisa nggak klo ngurus di samsat jakarta timur(kebon nanas)

    Balas
  • 30 Oktober 2012 pada 19:32
    Permalink

    selamat malam boss!saya tinggal di jambi dan asli ponorogo.saat ini saya mau tanya jika mutasi dari jambi ke ponorogo bagaimana proses nya dan berapa jg ongkos nya?

    Balas
  • 2 November 2012 pada 09:39
    Permalink

    salam kenal mas dab! saya dari jogja mau tanya, kira2 berapa biaya mutasi dari tegal ke djogja? pajek motor mati 1thn, dan pemilik lama pindah luar kota. perlukah ktp pemilik lama untuk proses mutasi?? matursuwun mas dab…

    Balas
  • 13 November 2012 pada 15:02
    Permalink

    mas bro, sy mau tanya dong,
    sy baru bli motor seken di jkt nih, nah sy mau mutasiin k indramayu tapi pjak stnk nya nanggung. akhir taon ini abis, yg jd prtanyaan, apa sy harus nunggu pajak di prpanjang dl, atau bisa langsung skarang?

    Thanks mas bro

    Balas
  • 18 November 2012 pada 07:36
    Permalink

    ane mutasi motor dr jkt biayanya hbs 800rb, dimutasiin ke majalengka dgn biaya ngisi sbsar 1jt 200rb, ane bingung ko mhl bgt! pihak samsat bilang pajak hrs byr lg pdhal di jkt ane udh byr. gmn tuh mas bon?

    Balas
  • 26 November 2012 pada 15:51
    Permalink

    banyak pahalanya mas bons ini karena sudah kasih pencerahan banyak….smoga banyak rejeki deh…

    Balas
  • 26 November 2012 pada 21:25
    Permalink

    om..saya mu mu tasii dari jakarta timur ke bekasi..tpi pjak saya mati 3 thun
    saya harus ngurus kmna dlu om ..?

    Balas
  • 28 November 2012 pada 01:37
    Permalink

    permisi gan,salam keal aja..
    saya berasal dari palembang saya ingin mutasi motor saya dari palembang ke malang,,itu kira2 ongkosnya brapa?dan motor saya supra x 125 tahu 2010.mohon bantuanya

    Balas
  • 28 November 2012 pada 19:16
    Permalink

    misi bro, mohon pencerahan
    saya mau mutasi kendaraan dari jateng ke jogja
    bagaimana langkah pertama yang harus saya urus
    cek fisik dulu atau cabut berkas dulu?
    bisakah cek fisik di daerah asal kendaraan?

    Balas
  • 29 November 2012 pada 14:27
    Permalink

    KALO PINDAHKECAMATTAN?? APAKAH BISA PAKE KTP YG BARU GAN?

    Balas
  • 29 November 2012 pada 14:29
    Permalink

    bayar pajak maksudnya.. bukan mutasi.. hehee

    Balas
  • 19 Desember 2012 pada 16:41
    Permalink

    maz BB, mau tanya…. aq mau mutasi motor supra fit 2003, dr bekasi ke boyolali kira-kira perinciannya abs brapa ea? n pjk telat 1thn..

    Balas
  • 10 Januari 2013 pada 17:09
    Permalink

    assalamualaikum mas bro,

    mau nanya niy, saya punya kasus dengan info sbb:
    1. KTP saya KTP jakarta
    2. Saya tugas di Tj. Balai Karimun, Kepulauan Riau karena butuh kendaraan, akhirnya saya beli motor di sana
    3. Saya dipindah tugas ke medan
    4. Saya belum sempat balik namakan motor saya tsb.

    pertanyaan:
    Apakah bisa saya langsung kirim motor ke medan tanpa lewat jakarta dengan melakukan balik nama di tanjung balai karimun (kata teman saya ada form bantuan gitu?)

    terimakasih sebelumnya atas jawabannya

    Balas
  • 11 Maret 2013 pada 09:21
    Permalink

    Mas bon.. blh dong di bantuin ni.. sma2 orng madiun.. aq mau bli mobil di jkt tp mau sy leasing di madiun.. trus maunya sblm di leasing cabut berkas ma balik nm dlu biar ga bolak balik jkt lg.. perkiraan hbs semua biaya brapa n proses brapa lm..? Tank’s tunggu blzannya..

    Balas
  • 18 Maret 2013 pada 15:19
    Permalink

    Sore mas Bons , mau tanya nih , ane mutasi antar polda , cabut berkas udh (pakai jasa krn jauh di banjarmasin ) , td pagi masukin berkas ke samsat kab malang , sktr 1 jam cek phisik kelar , trs katanya kepolda jatim ,rencana ku besok pagi2 brgkt mas Bons. Yg ane mau tanyain , di polda itu cuma pengesahan bbrp jam cukup trs kembali ke samsat daerah ato di Polda itu berkas nya nginep , mohon info nya mas Bons ? Trim ya infonya .

    Balas
  • 26 Maret 2013 pada 06:27
    Permalink

    Nah itu baru dari sesama pulau,kalo ane dari kalimantan ke pulau jawa gimana nich.
    ada jasa pengurusan nya ngak?

    Balas
  • 7 April 2013 pada 03:29
    Permalink

    Mohon pencerahannya mas Bons.. saya anak medan ke jakarta karena mutasi pekerjaan, beberapa bulan yang lalu saya beli motor shogun sp 125cc plat B jakarta timur, untuk keperluan transportasi dari mess ke kerjaan,karena motor udah terlanjur gw sayang dan males untuk dijual. saya berniat motor dimutasikan ke Medan ( sumatra utara ). masalahnya KTP saya KTP medan dan mati tetapi saya punya sim C yg hidup.
    pertanyaanya :
    1. apakah bisa motor saya mutasikan menggunakan KTP yg mati atau digantikan dengan SIM C ?
    2. terus saya tidak mempunyai kwitansi sewaktu membeli motor ?
    3. kira – kira berapa total biaya yang harus saya keluarkan sampai proses mutasi ke medan selesai.

    Mohon informasinya ya Mas Bons, soalnya saya masih awam soal yang beginian..

    Balas
  • 11 April 2013 pada 21:06
    Permalink

    ๏ผŸใใ‚ŒใŒ่ถ…้ซ˜้€Ÿใซใชใ‚‹ใจใใ‚Œใ‚’ใ‚คใƒณใ‚นใƒˆใƒผใƒซใ™ใ‚‹ใจใ€ใ„ใ‘ใชใ„้ …็›ฎใฏใ‚ขใ‚ธใƒณใฎใƒใƒฃใƒณใ‚นไฝ™ๅˆ†ใชๆ™‚้–“ใงๆˆๅŠŸใ‚’ๆ‡ธๅฟต้ฉšใในใใ“ใจใซใ€ใใ†ใงใฏใ‚ใ‚Šใพใ›ใ‚“ใ“ใฎๆœจใฎไธŠใฎ้‹ญใ„ใ‚นใƒ‘ใ‚คใ‚ฏใŒใ‚ชใƒผใƒใƒผ็†ฑๅฟƒๆจน็šฎใคใคใ„้‡Ž็”Ÿ็”Ÿ็‰ฉใ‹ใ‚‰ใƒˆใƒฉใƒณใ‚ฏใ‚„่‘‰ใซไฟ่ญทใ‚’ไธŽใˆใ‚‹ใŸใ‚ใซๆบ–ๅ‚™ใŒใงใใฆ็ซ‹ใค |ใใ‚Œใฏไธˆๅคซใ€ๅฎŸ็”จ็š„ใงใƒˆใƒฌใƒณใƒ‡ใ‚ฃใชใƒใƒƒใ‚ฐใ‚’้ธใถใ“ใจใซใชใ‚‹ใจใ€็ดฐ้ƒจใซๆณจๆ„ใ‚’ๆ‰•ใ†ๅฅณๆ€งๅฐ‚็”จ.
    ๅฅณๆ€งใฎๅคšใใฏใ€ใใ‚Œใฏใฎใ‚ˆใ†ใชๅŸบๆœฌ็š„ใช่กฃ่ฃ…ใจใ‚จใƒชใƒผใƒˆใจๆด—็ทดใ•ใ‚ŒใŸใ€ใ‚จใƒฌใ‚ฌใƒณใƒˆใชใƒใƒƒใ‚ฐใ‚’้‹ใถใฎใ‚‚ใ‚ˆใ„ใ‹ใฉใ†ใ‹็–‘ๅ•ใซๆ€ใ†ใ‚ธใƒผใƒณใ‚บใจTใ‚ทใƒฃใƒ„ ใใ‚Œใฏๆœฌๅฝ“ใซๅฝผใ‚‰ใŒๅ‰ตๅง‹่€…ใ‚’ๆคœ่จŽใฎๅ‘ณใŒๅซใพใ‚Œใฆใ„ใ‚‹ใŸใ‚ใซๅฏ่ƒฝๆ€งใ‚’ไฝฟ็”จใ—ใฆๅฎ‰ไพกใชๅขƒ็•Œใ‚’ๆŒใฃใฆใ„ใ‚‹ๅ€‹ไบบใฎ่ฒทใ„็‰ฉๅฎขใ‚’ๆไพ›ใ™ใ‚‹ๆ–นๆณ•ใงใ™

    Balas
  • 18 April 2013 pada 19:10
    Permalink

    Mas bro.pingin penjelasan nih.berapa biaya mutasi motor dari batam ke medan.thanks

    Balas
  • 19 April 2013 pada 07:00
    Permalink

    kalo beli mobil di jakarta trus dibawa ke bali gimana tuh?? ribet nggak ntar ngurus mutasinya?? trus apa ada biaya lain2 lagi?? makasi boss…..

    Balas
  • 19 Mei 2013 pada 17:10
    Permalink

    Salam kenal bro Bons,

    Saya mau mutasi R4 dari Jkt ke Bdg, apa mutasi keluar harus di Jkt harus dari Polda Metro Jaya? Biasanya kan yang mengeluarkan Samsat lokal..

    Mohon pencerahannya. Thanks

    Balas
  • 16 Juni 2013 pada 21:17
    Permalink

    selamat malam mau tanya…kira2 cabut berkas R2 dari malang ke ponorogo habis brapa ya???trimsss

    Balas
  • 22 Juli 2013 pada 13:53
    Permalink

    mas brow.. mutasi dari bali (DK) ke madiun (AE) berapa ya motor dah di madiun, aq di luar jawa,.. piye carane n biayane yo mas.. tulung jawab ke email q juga ya… matursuwuunnn…

    Balas
  • 5 September 2013 pada 22:45
    Permalink

    bang bon, aku mau bli mtor nh d jakarta dan rncnanya mau mtasi ke NTB,nah kndalanya aku nggak punya KTP jkrta bang, kan musti balik nama dulu baru bisa mutasi, nah bisa nggak pakek KTP asal, atau berkas yang lain

    terimakasi, sangat saya harapkan balasannya abang

    Balas
  • 19 Oktober 2013 pada 09:13
    Permalink

    saya mau nanay kalaw plat kota malang di ganti ke plat kota banjarmasin bisa gak,klw bisa gimana cara pengurusannya.terimakasih

    Balas
  • 30 Oktober 2013 pada 08:35
    Permalink

    gan mo tanya ni……
    klo mutasi mtor dr bogor k bkasi lama ga…
    mtor ane sken.. tp kwitansi pmblianya ilang…. pa bkal jd mslah dlm proses mutasi..
    d tnggu blsanya.. hatur nuhun

    Balas
  • 6 November 2013 pada 23:57
    Permalink

    misi mas bro,mau nayak,sy ada niat mau beli motor dri jakarta ke medan trus di mutasi di medan,masalah nya klo adik sy yg urus cabut berkas
    di jakarta pake nama sy bisa gk yy mas bro?

    Balas
  • 30 November 2013 pada 21:19
    Permalink

    mohon petnjuk mas bro, mobil saya mau tak cabut berkas dari samsat sragen , tapi katanya berkas tidak ada sama sekali di samsat, bagaimana kok bisa begini, jadi tidak bisa dimutasi ke luar daerah, kalo perpanjangan stnk bisa..bagaimana jalan keluarnya, soalnya saya sdh terlanjur senang dengan mbl ini…

    Balas
  • 2 Januari 2014 pada 18:08
    Permalink

    mau naya pak, kalau mau samsat mobil yang plat W diluar daerah bisa gak.?

    Balas
  • 15 Februari 2014 pada 10:25
    Permalink

    Mantap bro artikelnya.. kebetulan besok2 mau ikut lelang di jakarta, jadi tau proses2nya kalo mau mutasi ke daerah

    Balas
    • 3 April 2014 pada 04:28
      Permalink

      cara ikut lelang gimana mas prosedurnya.trus alamat tmpat lelang mobil dijkt dimana ya.mo cari mobil murah meriah ni.tlng blas ya trims

      Balas
  • 12 Maret 2014 pada 14:59
    Permalink

    Biro jasa mutasi kenndaraan motor yang bisa di percaya ada gak infonya? saya di Jogja

    Balas
  • 29 Maret 2014 pada 16:24
    Permalink

    ini baru orang indonesia mari hapuskan calo yang kelewatan,, lebih baik negara ini tanpa calo,, seperti negara-negara adikuasa.. Mudah Mudahan pemerinatah lebih mempermudah tata cara administrasinya toh tuh kendaraan bayar pajak .. ayo pemerintah baru tunjukan anda memang cinta Indonesia .. jangan menjadi LINTAH

    Balas
  • 7 April 2014 pada 16:14
    Permalink

    kalo mutasi+balik nama anatar wilayah dalam satu provinsi
    perlu ke polda surabaya enggak?

    Balas
  • 14 April 2014 pada 16:55
    Permalink

    Trmksh mas bro atas infonya.
    Saya mau tanya,klo kasusny seperti sya ini gmn.
    Motor ats nma saya.sya ktp jkt.
    Naah saya mau pindah ktp ke daerah.itu sya cabut berkas motor dulu ato sya pindah ktp ke daerah dlu.sya bingung bro.
    Trmksh

    Balas
  • 3 Mei 2014 pada 21:08
    Permalink

    Mas bro,saya mau mutasi+balik nama tiger dr karawang plat T ke bekasi kota plat B. Apa aja langkah2 yg harus saya lakuin smp selesai. Thxs mas bro

    Balas
  • 6 Mei 2014 pada 01:49
    Permalink

    mw tanya gan,saya kan beli vario second plat jakarta.trus mw tak mutasi ke demak.cara2 nya gmn gan?pdhl ktp si pemilik lama sdh ga ada.hanya ada ktp ku j selaku tangan ketiga gan.mhn pencerahanya

    Balas
  • 21 Mei 2014 pada 12:06
    Permalink

    Mas.. saya mau tanya,, Motor saya ini plat BG (Palembang) mau saya mutasi ke Subang, Jawa Barat.
    Saya sempat tanya ke samsat setempat, biayanya jauh banget dari info mas itu yang cuma 250 ribu an, kalo saya kena biaya antara 2,5 juta – 3 juta. apa benar segitu mas kalau misal nya jarak nya jauh begitu. ?

    Balas
  • 25 Mei 2014 pada 23:09
    Permalink

    masm brow mau tanya ni kalau mutasi kendaraan rd4 dari jakarta kemadiun toyota grand extra 1996/untuk tahun sama saja biayanya dari dki jakarta kemadiun sampai berapa ya.terimakasih mas brow

    Balas
  • 7 Juli 2014 pada 18:25
    Permalink

    ane lagi mutasi motor win kesayangan ane brooo . . .
    dari jakarta tentunya . ..
    tapi sampai saat ini masih bermasalah ga bisa masuk samsat kediri . . .
    masalahnya berkas BPKB yang lama tanganpertama kagak ada , alasan samsat jakarta belum ditemukan . sedangkan polda minta berkas tersebut , kalo memang hialng ya harus dibuat surat kehilangan .
    karena saya cabut berkas lewat biro jaya , maka semua berkas saya kembalikan kesana supaya dimintain surat kehilang dari samsat jakarta .
    tapi katanya tidak bisa . . .
    so samapi saat ini jadi terkatung katung . . .

    Balas
  • 7 Agustus 2014 pada 13:59
    Permalink

    sy mau bli mtor suzuki tornado thn 96,B nmr,mo d mutasi ke sukabumi,pajak y mati 3thn,klo mau balik nama sama mutasi kira” berapa y,thx

    Balas
  • 18 Agustus 2014 pada 16:47
    Permalink

    Mr.Bonds.ane mau tny bgai mna jika persyaratan mutasinya tidak ada kwitansi pembelian bermatrai dr pemilik pertama ? apakah tidak bisa menggunakan cara tersebut.

    Balas
  • 21 Agustus 2014 pada 02:28
    Permalink

    MAS NUMPANG TANYA SAYA MAU MUTASI MOTOR DARI SOLO KE JAKARTA SURAT STNK DAN BPKB.NO MESIN AKUR,, TP PAJAK TELAT 10 TAHUN… BISA DI URUS GAK YA… MOHON PENCERAHANNYA…

    Balas
  • 25 September 2014 pada 06:15
    Permalink

    whoah this weblog is excellent i love studying your articles.

    Keep up the good work! You realize, lots of individuals are looking round for this info, you can aid
    them greatly.

    Balas
  • 27 September 2014 pada 03:00
    Permalink

    You really make it seem really easy along with your presentation but I in finding
    this matter to be actually one thing that I think I
    might by no means understand. It sort of feels too complex and very large for me.
    I’m looking ahead for your subsequent post, I’ll attempt to get the grasp of it!

    Balas
  • 7 November 2014 pada 14:19
    Permalink

    mau tanya dong…
    saya beli motor bekas dari surabaya mau q mutasi ke nganjuk..tp q tidak punya ktp pemilik lamanya…bagaimana solusinya mas..

    Balas
  • 21 November 2014 pada 19:04
    Permalink

    halo… mau tanya nih pak… kalau cabut berkas bisa diwakilkan ga ya? karena posisi saya sudah ga di jakarta, dan mobil yang mau dicabut berkas ada di jakarta. thanks

    Balas
  • 23 Desember 2014 pada 08:00
    Permalink

    Ana mau mutasi dari Jaktim ke Purwakarta; kwitansi gak pake matrai+BPKB belum d ttd pemilik asal…gimana nih????

    Balas
  • 30 Desember 2014 pada 00:25
    Permalink

    @Lisa = Tidak Perlu KTP Pemilik Lama.

    Syarat2 Mutasi Keluar di Samsat Manyar Surabaya =

    1. Foto Copy BPKP, STNK & KTP Tujuan 3x (sebenarnya cuma butuh 2x, tp buat jaga2) (BPKP & STNK Asli juga)
    2. Kwitansi Jual Beli Bermaterai Rp. 6.000,-
    3. Ambil Formulir Cek Fisik di Loket 1
    4. Cek Fisik
    5. Loket 12 Ambil Formulir Dinas Pendapatan
    6. Loket 6 Isi Formulir Dinas Pendapatan (Mbaknya yang isi, Kita Tinggal Tanda Tangan Saja)
    7. Loket 8 Di Cek
    8. Loket 11 Ambil Surat Keterangan Fiskal
    9. Foto Copy Formulir Fiskal
    10. Loket 12 Cek Berkas
    11. Lantai 3 Bagian Roda 2
    12. Lantai 3 Gudang K1
    13. Polda Jatim Gudang K1 BPKB
    14. Loket 11 Pembayaran Mutasi Rp. 75.000,- dapat Kwitansi dan Resi Pengambilan Berkas Mutasi Keluar Daerah
    15. Pulang dan tunggu di SMS Pihak SAMSAT atau datang lagi ke SAMSAT sesuai tgl selesai pada Tanda Terima Berkas Mutasi Keluar Daerah (tanda Terima saya 30 hari kerja kemarin berkas permohonan masuk tgl 15 Desember dan di Tanda Terima Mutasi Keluar tgl 15 Januari baru bisa diambil)

    dst saya belum tau karena berkas saya juga baru selesai nanti tgl 15 Januari 2015..
    Untuk Nomer 5-10 saya agak lupa jadi mohon maaf bila ada salah, harap maklum.. ๐Ÿ˜€

    Balas
  • 2 Januari 2015 pada 18:27
    Permalink

    maaf mas mau tanya nih kan saya pemilik ke 2, nah saya mau tanya apa kalau kendaraan dimutasi itu sudah plus balik nama ya biaya.a? apa ada biaya tambahan buat balik nama?
    terima kasih

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: