Byson

Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif

Keluhan Yamaha Byson

Bonsaibiker.com – ulasan seputar Keluhan Yamaha Byson. Bader sekalian beberapa saat lalu tersiar beberapa kabar miring seputar Motor Yamaha byson. Diantaranya seperti mesin mati, lalu segi tiga gampang mleot dan patah. Namun belakangan kabar tersebut tertepis dengan adanya penjelasan dari pihak Yamaha. Kini setelah mengumpulkan beberapa data ternyata tabloti Otomotif menginfentarisir beberapa keluhan seputar Yamaha Byson ini. Kemudian diadakan metode penanganannya yaitu sebagai berikut:

Keluhan Yamaha Byson
Keluhan Yamaha Byson

Keluhan Yamaha Byson dan Solusinya

  1. Per kopling yang patah, disinyalir masalah ini timbul akibat pemakaian yang kurang pas sesuai aturan, dan boleh jadi juga sebab lain yakni memang bahan dasarnya kurang kuat. Tapi tenang bagi brader yang mengalami hal ini masih merupakan tanggungan dealer alias garansi, lekas saja bawa ke dealer terdekat anda.
  1. Setelan klep yang terlalu longgar. Karena kurang pasnya setelan ini membuat tenaga byson jadi kuran gyahud terutama di tarikannya. Oleh karena itu bagi soheb sekalian yang mengallami hal ini disarankan segera bawa ke bengklel baik resmi atau tak resmi semuaanya bisa nyetel klep ini.
  2. Adanya rembesan oli pada tutup bak  oli. Ini terjadi juga disinyalir karena seal karetnya atau o ringnya kurang awet sehingga gampang melar kena panas. Disarankan bagi soheb sekalian yang mengalami hal ini untuk segera ganti seal karetnya cuman seharga 2000 Rupiah.
  3. Rembesan oli shock depan. Ini terjadi disinyalir karena o ring aklias seal kret penahan olinya juga kurang kuat. Sangat disarankan bagi soheb sekalian untuk segera mengganti o ring secepatnya, harganya tak terlalu mahal kok, juga bagi yang rajin bisa dikerjakan sendiri, api harus belajar doeloe.
  4. Ada yang bilang shock depannya terlalu keras. Ini boleh jadi karena penyettingan kurang tepat, karena ternyata model penyetingan model Byson lama dan Baru sedikit berbeda tingkat keras lunaknya. Dimana Byson lama buatan India, sedangkan yang baru sudah pyur buatan alias dirakit di Indonesia. Bagi soheb sekalian yang mengalami hal ini cukup bawa ke bengkel minta distel, atau kalau bisa stel sendiri dirumah, beresssssss.

Brader sekalain, beberapa penyakit ini nampaknya tergolong ringan dan tak sedikitpun mengganggu inden Byson, para konsumen tetap setia menanti kedatangan Byson. Selamat bertempour Byson!

162 komentar pada “Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif

  • lemot rider

    2 bc dlu

    Balas
  • Nongol dimari juga tuwek..
    Ckckck

    Balas
  • lemot rider

    scara pribadi msih bgus NMP..
    Menang gahar… Dr depan kaya’ cobra.. Dr samping kaya’ b’King (lampunya)..
    Dr blakang kaya’ cebe’Er..
    Tp sayangnya pny ttg gw bru 3bln catnya udah ‘buseng’ a.k.a udah gak bsa kinclong lg..

    Balas
  • BYSON… NGOOOEEEEK… MMMMOOOOUUUWWHHH…

    Hust hust…

    PISS..

    Balas
  • Byson lama buatan India, sedangkan yang baru sudah pyur buatan alias dirakit di Indonesia

    bisa dibikinkan artikel khusus tentang ini pak bons?hehehe

    bysonku kendala ora duwe duwit ngge tuku bensin, ini mengatasinya ke dealer mana y?hehe

    Balas
  • meskipun part pengganti murah..brarti kualitas part pabrikanya buruk dikit2 ganti..

    Balas
    • gua setuju , berarti YAMAHA ga mentingkan kwalitas yang penting penjualanya aja ya.

      Balas
  • kalo masalah penyakit inden gimana?
    Udah ada penjelasan?

    Balas
  • stress ni ymh, msh banyak masalah tp dah berani jual ??? ngerugiin konsumen namanya ,, mudah2an g berkepanjangan dah ,,

    Balas
    • buatan manusia nggak ada yang sempurna mas,,,

      *ngeles gaya fan boy,,
      *inget pasal2 fan boy,,

      :mrgreen:

      Balas
  • Kebo long’s so far so good. Cuma awal ny aza pas baru turun indikator bbm ngaco tp selanjut ny setelah di isi full tank kembali normal 😀

    Balas
  • lemot rider

    @chi ya sama nasibnya kaya mtor laen(di jemur + keujanan)…
    Tp yg heran motor sebelahnya ex: grand, shogunR, SPlama yg notabene mtor lama dgn perlakuan sama masih lebih kinclong…heran.com

    Balas
  • tukang underestimed..

    emang kalo cat hitamnya honda gampang kusam, hati2 lg kalo maen tempel stiker atau ngeblog… pengalaman pribadi

    Balas
  • motor lelet.

    Balas
    • bener,,, kayak tigor,,, :mrgreen:

      Balas
  • nunggu bison yang sarungan motif petak2 aja lah,,, :mrgreen:

    Balas
  • motor ini setara r1 lo :mrgreen:

    Balas
  • uDien d'kab 234

    sayah perhatikan gambar di atas kok mata byson terlihat pasrah yah … memelas gitu kelihatannya …

    Balas
      • uDien d'kab 234

        yang salam ngabret itu ya …

        dia memang gak bisa diem …
        ngabretttttttt terus bawaannya ….

        Balas
  • Secara tampilan masih naksir sih ma nih Byson kalo saya alon-alon aja, kalo pas macet apa perlu ngebut juga
    #kerasukan fanboy…., hehe

    Balas
  • muhsih parno,, poto udo di pajang,,,
    :mrgreen:

    * ks = kamplengi san

    Balas
  • Byson ntu kl diibaratkan seperti peragawan, jd jalannya jg mesti diatur biar enak diliatnya. Beda sama si kepala cobra yg diibaratkan atlit, y staminanya jg mendukung buat lari.
    Nah kenapa kasus byson koq banyak keluhan? Jawabannya ya karena salah pemakaian. Peragawan koq maksa lari kaya seperti si atlit, ya bengek…

    Balas
  • salesman garpu sendok semakin didepak

    Yamaha byson mesinnya cepet rusak jangan dibeli!

    Balas
  • HONDA NEW MEGA PRO is the BEST.

    Balas
  • salesman garpu sendok semakin didepak

    ^
    BETUL BOSS!
    BAGAIMANAPUN JUGA HONDA LEBIH UNGGUL!

    @BOSS, ada lowongan nda di marketing HONDA?
    tempat kerja saya sbntr lagi bangkrut nh..
    kurang innovasi sehh, mongtorne jadul n cepat rusak.

    Balas
    • Emang di mana lu kerja deler motor kayanya ga ada yg bangkrut. ….Gua tau lu kerja di cuci motor ya… Sini krja di polygon aja kan lg laris

      Balas
  • ^@Salesman Yangmaha sakit hati

    husssss, tidak usah lah menjelekkan tempatmu kerja walaupun kurang innovasi, mungkin dananya terbatas sehingga RnD nya mandeg, imbasnya konsumennya yang dirugikan, biarlah masyarakat yang menilai.
    Salam Satu Hati.

    Balas
    • Ni gua masyarakat nmp di coak itu rangka ga propesional bnget ya kyaknya ahm bnyakan ngikutin gitu dh salah dh jdnya. Mngkanya saya sbagai knsumen pilih bajaj yg baru mntep banget n lo salam juga sakit hati. Yg laeeeen smkin ngikutin

      Balas
  • ^@Salesman Yangmaha sakit hati

    husssss, tidak usah lah menjelekkan tempatmu kerja walaupun kurang innovasi, mungkin dananya terbatas sehingga RnD nya mandeg, imbasnya konsumennya yang dirugikan, biarlah masyarakat yang menilai yang katanya semakin didepan itu.
    Salam Satu Hati.

    Balas
  • Nek ono artikel bahas montor yamaha mesti komene mbandingke karo honda nek ono artikel bahas motor honda komene mbahas motor yamaha. kok ra merk liane selain 2 merk kwi ya…

    Balas
  • indent masih mengular.. nmnya jg biknan manusia gak ad yg sempurna ..

    Balas
  • wahahaha… T_T dulu pengen beli Byson… sekarang???

    Balas
  • Keren juga sih nih mongtor.
    Murmer tp tampilan ok lah :):)

    yg butuh “TIREGUARD” Formula Ban Anti Bocor, langsung aja dimarih : http://bit.ly/tireguard

    mampir :D:D

    Balas
  • sebagai pembeli kita harus puas dengan barang belian kita bukan 1rb atw 2rb tdk berarti tapi yg diutamakan oleh customer kualitas & kuantitas bukan yg lain !!!

    Balas
  • Masalah ga ada artinya yg pnting ga ada salah cetak sprti ttangga. Sukses yamaha berbenahlah opini yang masuk itu pembangkit sukses ke depan berpikir fositif itu pasti

    Balas
  • Tolongin masalah gue bro….. byson gue kalau pas dicuaca panas sering heng. siap digas agak dalem lalu turun siap tu gak mau digas lagi, malunya pas dikemacetan bro, kreta baru kok ndorong. padahal servis dah sesuai standar lho. kubawa di bengkel remi gak da masalah. pas dipakai pening liatnya. digas malah mati tapi kalo gak digas tetap hidup.

    Balas
  • kenapa sih Yamaha Byson barang nya sulit banget inden terlalu lama dan gak bisa milih warna, trs apa bener beli byson harus kredit???gak bisa cash ?????

    Balas
  • betul aku malas namanya kredit.. hayo kalau ada second an biar bisa pakai dan dah lunas

    Balas
  • Fantastic goods from you, man. Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I have understand your stuff previous to and you’re just extremely fantastic. I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I can not wait to read much more from you. This is actually a great Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker informations.

    Balas
  • One Heart No More

    waah,

    itu sih masih masalah2 yang relatif minor dh. daripada NMP ane, baru 3 bulan karburator udah mbrebet ga bisa di gas, mogok dimana2. akhirnya di ganti baru sama AHASS, eh 3 bulan kemudian mbrebet lagi. mogok2 lagi.

    motor baru 6 bulan masalahnya udah kaya gini, gmn lewat 3 tahun.

    ane mau ganti ke Byson aja lah, walaupun bermasalah, tp ga ngebuat jantungan waktu berkendara (sering mati di tengah jalan T.T)

    kapokk ama Hond*.

    Balas
  • Fantastic goods from you, man. Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I have understand your stuff previous to and you’re just too magnificent. I actually like what you have acquired here, really like what you are stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I can’t wait to read far more from you. This is really a great Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker informations.

    Balas
  • Fantastic goods from you, man. Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I have understand your stuff previous to and you’re just extremely great. I actually like what you have acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read much more from you. This is actually a tremendous Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker informations.

    Balas
  • Wonderful goods from you, man. Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I have understand your stuff previous to and you are just too great. I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read much more from you. This is actually a wonderful Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker informations.

    Balas
  • Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You are incredible! Thanks! your article about Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker Best Regards Yoder Rolf

    Balas
  • Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re incredible! Thanks! your article about Beberapa Keluhan Yamaha Byson Versi Tabloit Otomotif Bonsai Biker Best Regards Lawrence Craig

    Balas
  • byson saya sring ngempos,pas lg jalan ngebut trus pelan tb2 ska ngempos juga pas lg brnti trus mau start/nah aneh pas w tarik gas mtor kek mw mati spti keabzan bensin,masa mtor lum 1tahun dah rewel,gmana solusiny/katany yamaha mementingkan kualitas/mana buktinya

    Balas
  • mtor byson saya jg sma sperti itu…..
    gmna t solusi nya…..

    Balas
  • keboku juga giru bro gmana solusinya?

    Balas
  • sem saputra

    komen tuh yang bener…. dari pada pake motor bebek… dijual per kilo dapetnya murah mending pake Byson….

    Balas
  • gan ane minta solusi, motor ane Byson thn 2012 sering mati mendadak, motor hidup kembali apabila chuk ditarik kebelang, namun apabila chuk di kembalikan seperti semula motor akan mati seperti kehabisan bensin, ane udah service ke yamaha resmi, sampe 3x jawabanya ini motor normal, tapi kenyataanyan tetep aja kl jan chuk harus di tarik.

    Balas
    • jendral

      Ikut menyimak ah…. penyakit byson yg dialami mas ade sama persis dialami teman sekantor dan sering diskusi sama ane.

      Kemarin seharian di bengkel test ganti karbu RX King karena ada beberapa mekanik yg mungkin menyarankan begitu.

      Saya belum tau hasil akhir nya gimana karena kelamaan dibongkar lalu pasang lagi berulang kali dan ketika saya tinggal pulang motor nya masih di oprek sama mekanik nyari-nyari setelan nya.

      Balas
    • gasnya di gedein aja sampe 1000rpm…klo dingin emang sering mati justru itu butuh chuk

      Balas
  • Bakar aja tuh motor2 Byson yg penyakit gas ngempos kyk punya ane
    langsung depan pabrik Yamaha nya biar pd sadar&care dgn layanan purna jual mereka…!!!

    Balas
  • broman broman broman

    kalo dari gigi 2 mesin kaya g di suplay bahan bakar, trus mau mati gitu, itu karna kopling apa kana ada yg mampet?

    Balas
  • Byson aq jg sring mati swaktu jalan.gas ditarik mesin malah mati,jarak yg dtempuh paling msh 2 km. membahayakan !!!

    Balas
  • Nyesel bngt vixion aq jual tuk gnti BYSOOON, baru 2 bln dh mogok dijalan. byson emang produk CACAT. MENGECEWAKN

    Balas
  • YAMAHA hrs mengganti smua motor BYSON yg dijual kpd konsumen indonesia,klo prlu ganti dgn NEW VIXION. setuju??

    Balas
  • saya pake motor byson 1,5 tahun tapi setelah 1tahun si kebo ngambek di kampas gear kopling hingga 2 kali penggantian dlam jarak waktu 2bulan,, dan akhirnya harus di bubut kata mekaniknya,, karena tak menemui solusi terbaik akhirnya saya berniat menjual byson,, padahal sya rajin service dan tak pernah otak atik motor,,

    Balas
  • motor byson saya suka ngadret kalau di bawa jalan padahal tiap bulan di service, kira2 ada apa dengan motor saya ini

    Balas
  • buat penunggang byson yang suka mberebet kyk kehabisan bensin itu memang penyakitnya brother byson….tapi kalo mau penyakitnya hilang selama2nya bisa hubungi saya di 087888028668….untuk perbaikan bisa saya terjun langsung ke rumah agan penunggang byson..bisa sy perbaiki di tempat…..biaya murah gan….cukup bajknya 150 ribu aja itu juga buat PP saya aja buat servis di rumah…..so klo niat untuk di perbaiki di rumah saya jg bisa di vila bintaro indah blok B4 no 10 A

    Balas
  • Gandit wijaya

    Jujur ane kecewa gan bli bison, prtama ane sneng bnget pnya bison, slang brapa blan mulai ketauan rewel nya gan,gas ngempos trus mati, dah di bnerin eh ada lgi muncul bau gosong, pusing ane gan knpa bison bnyak betul ya keluhan nya, tpi ane gx nyerah bwt ngrus kebo ane yg 1 nih, tetep SEMANGAT. . . . . . . tunjukin bison bsa jdi pesaing di klas nya.
    The jeck Comunity Lampung….. .. ?

    Balas
  • Boostaro is a natural health formula for men that aims to improve health.

    Balas
  • GlucoTrust 75% off for sale. GlucoTrust is a dietary supplement that has been designed to support healthy blood sugar levels and promote weight loss in a natural way.

    Balas
  • EndoPeak is a natural energy-boosting formula designed to improve men’s stamina, energy levels, and overall health.

    Balas
  • SightCare is a powerful formula that supports healthy eyes the natural way. It is specifically designed for both men and women who are suffering from poor eyesight.

    Balas
  • Aizen Power is a dietary supplement for male enhancement sexual health that is designed to help enhance men’s performance and improve overall health.

    Balas
  • Amiclear is a powerful supplement that claims to reduce blood sugar levels and help people suffering from diabetes.

    Balas
  • Dentitox Pro is an All-Natural Liquid Oral Hygiene Supplement Consists Unique Combination Of Vitamins And Plant Extracts To Support The Health Of Gums

    Balas
  • Eye Fortin is a dietary supplement in the form of liquid that can help you maintain strong eyesight well into old age.

    Balas
  • PuraVive is a natural supplement that supports weight loss naturally. The supplement is created using the secrets of weight loss straight from Hollywood.

    Balas
  • GlucoTru Diabetes Supplement is a natural blend of various natural components.

    Balas
  • Nervogen Pro™ Scientifically Proven Ingredients That Can End Your Nerve Pain in Short Time.

    Balas
  • Introducing Neurodrine – the revolutionary solution to maintaining a steel trap memory!

    Balas
  • Prostadine is a unique supplement for men’s prostate health. It’s made to take care of your prostate as you grow older.

    Balas
  • VidaCalm is an herbal supplement that claims to permanently silence tinnitus.

    Balas
  • Alpha Tonic daily testosterone booster for energy and performance. Convenient powder form ensures easy blending into drinks for optimal absorption.

    Balas
  • ProstateFlux™ is a natural supplement designed by experts to protect prostate health without interfering with other body functions.

    Balas
  • SonoFit is a revolutionary hearing support supplement that is designed to offer a natural and effective solution to support hearing.

    Balas
  • Pineal XT™ is a dietary supplement crafted from entirely organic ingredients, ensuring a natural formulation.

    Balas
  • SynoGut supplement that restores your gut lining and promotes the growth of beneficial bacteria.

    Balas
  • SonoVive™ is a 100% natural hearing supplement by Sam Olsen made with powerful ingredients that help heal tinnitus problems and restore your hearing.

    Balas
  • Tropislim, is an all-natural dietary supplement. It promotes healthy weight loss through a proprietary blend of tropical plants and nutrients.

    Balas
  • BioVanish is a supplement from WellMe that helps consumers improve their weight loss by transitioning to ketosis.

    Balas
  • GlucoBerry is a unique supplement that offers an easy and effective way to support balanced blood sugar levels.

    Balas
  • SharpEar™ is a 100% natural ear care supplement created by Sam Olsen that helps to fix hearing loss

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. Website Giriş için Tiklatın : https://www.melekhali.com.tr/

    Balas
  • I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ .

    Balas
  • Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information.

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. Onwin , Onwin Giriş onwin

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.

    Balas
  • Good info. Lucky me I reach on your website by accident, I bookmarked it.

    Balas
  • EndoPeak is a male health supplement with a wide range of natural ingredients that improve blood circulation and vitality.

    Balas
  • Support the health of your ears with 100% natural ingredients, finally being able to enjoy your favorite songs and movies

    Balas
  • BioFit™ is a Nutritional Supplement That Uses Probiotics To Help You Lose Weight

    Balas
  • The ingredients of Endo Pump Male Enhancement are all-natural and safe to use.

    Balas
  • GlucoCare is a natural and safe supplement for blood sugar support and weight management. It fixes your metabolism and detoxifies your body.

    Balas
  • Neurodrine is a fantastic dietary supplement that protects your mind and improves memory performance. It can help you improve your focus and concentration.

    Balas
  • Amiclear is a dietary supplement designed to support healthy blood sugar levels and assist with glucose metabolism. It contains eight proprietary blends of ingredients that have been clinically proven to be effective.

    Balas
  • FitSpresso™ is a nutritional supplement that uses probiotics to help you lose weight.

    Balas
  • Claritox Pro™ is a natural dietary supplement that is formulated to support brain health and promote a healthy balance system to prevent dizziness, risk injuries, and disability. This formulation is made using naturally sourced and effective ingredients that are mixed in the right way and in the right amounts to deliver effective results.

    Balas
  • SynoGut is an all-natural dietary supplement that is designed to support the health of your digestive system, keeping you energized and active.

    Balas
  • Herpagreens is a dietary supplement formulated to combat symptoms of herpes by providing the body with high levels of super antioxidants, vitamins

    Balas
  • Cortexi is an effective hearing health support formula that has gained positive user feedback for its ability to improve hearing ability and memory. This supplement contains natural ingredients and has undergone evaluation to ensure its efficacy and safety. Manufactured in an FDA-registered and GMP-certified facility, Cortexi promotes healthy hearing, enhances mental acuity, and sharpens memory.

    Balas
  • Serolean a revolutionary weight loss supplement, zeroes in on serotonin—the key neurotransmitter governing mood, appetite, and fat storage.

    Balas
  • Elevate your vitality with Alpha Tonic – the natural solution to supercharge your testosterone levels. When you follow our guidance, experience improved physical performance

    Balas
  • ReFirmance is an outstanding lift serum that highly supports skin firmness and elasticity, smooths the presence of wrinkles, and provides deep rejuvenation properties.

    Balas
  • ProstateFlux™ is a dietary supplement specifically designed to promote and maintain a healthy prostate for male.

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.Onwin Giriş için Tıklayın onwin

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. Websiteye Giriş için Tıklayın. a href=”https://cutt.ly/SahabetSosyal/” title=”Sahabet” rel=”dofollow”>Sahabet

    Balas
  • Nice article inspiring thanks. Hello Administ . Websiteye Giriş için Tıklayın. a href=”https://cutt.ly/SahabetSosyal/” title=”Sahabet” rel=”dofollow”>Sahabet

    Balas
  • Thank you great posting about essential oil. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın. Starzbet

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Website Giriş için Tıklayın. Starzbet

    Balas
  • Thank you great posting about essential oil. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.