palestina
palestina

Miris memang ketika membicangkan Palestina. Satu sisi Palestina adalah negara yang disekelilingnya adalah negara-negara Arab yang kaya akan minyak. Tak terhitung sudah bantuan dari dunia Arab ke Indonesia baik lewat negara ataupun langsung lewat personal. Anehnya justru beberapa pejuang Palestina ke Indonesia menggalang dukungan baik moril maupun materiil. Teman James Bons yang kebetulan seorang kiyai pondok pesantren dan takmir masjid di sebuah kota mengisahkan bahwa seorang pejuang Palestina yang asli palestina datang ke pesantren lalu melakukan orasi di mimbar masjid jamik untuk melakuka penggalangan dukungan ini ditemani seoran penerjemah. Orasi disampaikan setelah Shalat jumat. Sebagian besar jamaah meneteskan air mata mendengarkan kisah ini. KEmudian memberikan dukungan moril hingga mteriil. Apakah dunia Arab memang tutp mata sehingga membiarkan mereka mencari sokongan dari negara yang katanya miskin ini?

Baru saja seorang teman mengirim SMS yang isinya menghimbau kepada seluruh umat islam untuk membaca surat Al-Baqarah  ayat 26-27 dan Yunus 85-88 demi memohon kepada Allah untuk saudara-saudara di Palestina yang telah terkepung dan akan dieksekusi malam ini.
Miris gaan!
Monggo tengok yang dilakukan beberapa selebriti dunia dari tribun news ini:
  • CR-7, julukan Cristiano Ronaldo, menunjukkan dukungannya kepada Palestina dengan cara melelang sepasang sepatu olah raga miliknya. Hasil penjualan sepatu tersebut yang mencapai 2.400 euro akan digunakan untuk pendidikan anak-anak di Gaza. Sebelumnya saat masih berseragam Manchester United, penyerang Portugal itu pernah berfoto dengan mengenakan selendang khas Palestina atau keffiyeh.
  • Bentuk dukungan serupa juga datang dari legenda Brasil, Ronaldo de Lima. Saat mengunjungi Palestina beberapa tahun lalu, Ronaldo mengenakan keffiyeh. Peraih tiga gelar Pemain Terbaik Dunia itu pun menyempatkan waktu berfoto bersama dengan para penduduk setempat.
  • Sedangkan legenda Argentina Diego Armando Maradona menerima keffiyeh saat dirinya masih menjabat sebagai pelatih klub Uni Emirat Arab, Al-Wasl sambil berujar “Viva Palestina.”
  • Baru-baru ini, dukungan terhadap Palestina datang dari bintang Argentina dan Barcelona, Lionel Messi. Ia menunjukkan simpatinya terhadap Palestina sambil menunjukkan t-shirt yang bertuliskan “Free Palestine” atau yang berarti Bebaskan Palestina. Messi memang dikenal sebagai pesepakbola yang memiliki jiwa sosial tinggi, khususnya bagi anak-anak yang kurang mampu dan menderita di seluruh belahan dunia.
  • Masih berkaitan dengan t-shirt, bomber Sevilla, Frederick Oumar Kanoute memiliki t-shirt yang mendukung Palestina. Hal itu ia tunjukkan saat melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua ke gawang Deportivo la Coruna di ajang Piala Raja Spanyol, beberapa waktu silam.