News Oto

Seputar Prosedur Swap Engine Pada Mobil

1989-toyota-cressida-interior-2-1600x550.x88224
1989-toyota-cressida-interior-2-1600×550.x88224

Mas Bro sekalian, ada pertanyaan dari seorang sohib yang masuk ke meja redaksi Bonsai Biker tentang prosedur ganti mesin (enggin swap) yang resmi, misalnya dari bensin ke solar, dari mesin lama ke mesin baru, atau penambahan cc dan sebagainya. Ya, memang orang melakukann swap engine ini berlatarbelakang beda-beda tergantung sikon. Masalah yang dihadapipun nanti akan berbeda-beda serta harus dengan penanganan yang brbeda pula, mulai dai teknis hingga surat-surat.

1. Tinjauan Teknis
Yup, tentang masalah teknis, monggo misalkan kita ambil kasus orang mau memasukkan mesin Honda Jazz = L15a dan mesin Civic type-R = K20a. Walaupun tempat muat, posisi gearbox sama, dan tinggal plek. Namun kenyataannya masih ada masalah membelit, engine mounting memungkinkan geser 1 CM saja bisa berabe, misal sewaktu-waktu digeber mesinnya mbrojol, ngeri to. Tapi ya bukan tanpa penyelesaian low, ni pasti tukang mesin punya solui.

Nah menurut brader-brader yang sudah melakukan swap engine terutama sekali hasil diskusi di http://www.bluefame.com/topic/99365-prosedur-ganti-mesin/
sebenernya ga terlalu susah. Kita tinggal datang aja ke bengkel yang sudah sering mengerjakan swap engine, kemudian konsultasi sama mereka mobil yang mau dikerjakan plus mesin di pilihdan berikut opsi yang memungkinkan buat dikerjakan. Setelah deal-dealan biasanya bengkel siap dengan masalah engine mounting, mereka pake las khusus (las titik/argon katanya) yang memang bener-benar kuat karena sama dengan yang dipakai pabrikan mobil. So tinggal oreder. Yang penting sebelumnya kita musti rajin-rajin bertanya pada bengkel-bengkel yang pengalaman mengerjakan swap engine.

2. Dimana Bengkel yang sering mengerjakan Swap Engine?
Masih dari sumber di atas, brikut ini ada beberapa referensi bengkel-bengkel di Jakarta untuk swap engine ini:
Alam Indomesin Utama (mesin limbah eks jepang) Kawasan Industri dan Pergudangan Muara Karang Jl. Pluit Karya IV Blok C Selatan No.6 021-6696167 ; 021 6602923. disini loe bisa memilih mesin apa aja yg loe mau, stok mereka banyak baik kuantiti maupun jenis mesin dan brandnya. mereka jg menerima jasa pemasangan
Pak Beni (mercedes benz) Jl. Lapangan Tembak Cibubur 021-8709060
Vriva Motor Jl. Raya Cinangka No.64 Sawangan Depok 021-7423362
Suka Jaya Motor (mesin eropa) Pasar Asem Reges Lt.2 No.22 Taman SAri Jakpus 021-6265776
PT. Julian Jaya (BMW Seri 3) Jl. Raya Sumur Batu Utara No.44-45 Jakpus 021-4209717
Berkah Motor (mesin eropa) Jl. Raya Ps. Minggu K.18 No.17 Ps. Minggu Jaksel 021-7996732 / 7993259
Sonny (limbah 4×4) Jl. Raya Condet No.21 Pejaten Jaksel 0819816694
Berkah Putra Jaya (mesin Volvo) Jl. H. Nur No.12B Pasar Minggu Jaksel 021-7981450 / 0816868275

3. Prosedur Suratt-surat
Untuk prosedur ini sebenarnya ada 2 kemungkinan, swap wngine memang ganti total berikut surat suratnya atau tidak perlu ganti surat.Biasanya bengkel-bengkel pengerja swap ngine ini sudah tau apa yang harus dikerjakan termasuk dokumen pendukungnya, jadi gak perlu khuatir maslah dengan polisi.

Untuk yang ganti surat biasanya kita harus tahu mesin yang akan kita masukkan ada fakturnya apa nggak, kalau ada berarti resmi dan biasanya agak mahal. Yang jelas barang harus disertai dokumen lengkap. Untuk pengurusan surat ke polisi dan penggantian STNK maupun BPKB lumayan mudah, setelah engine swap dan membawa surat2 mesin dan juga rekomendasi bengkel pelaksana engine swap, langsung dilakukan cek fisik kendaraan oleh bagian cek fisik dan setelah cek fisik OK, tinggal tunggu STNK jadi, bisa hari itu juga atau kira-kira 2 hari dan untuk mengambil BPKB yang telah ditulisi ganti mesin kira-kira 1 bulan maksimal udah kelar. Yang penting sekali adalah kalau beli mesin harus ada PIB. bukan BPKB, mesin yang disertai BPKB saja tidak bisa diurus ke Samsat. Kalo mesin yang ada PIB nya bisa! Caranya mobil yang mau kamu ganti mesin dan mesin donor lengkap dengan PIB datang ke samsat setempat. Disana surat PIB mesin dan dokumen mobil akan dijadikan satu. nanti kalo BPKB dah jadi di halaman belakang akan tertera penjelasan bahwa mobil sudah ganti mesin.

Nah dari wawancara langsung James Bons dengan pengerja swap ngine ini, bila nggak mau ribet ngurus surat, ya mesin diganti dengan tipe yang sama tapi dengan mutu yang lebih bagus tentunya, gak usah pakek dokumenpun gak apa-apa, anti mesi lama bagian nomor serinya akan di potong lalu ditempelkan ke mesin baru dan plek seperti semula tak perlu urus surat-surat. So monggo kalau ada koreksi atau penambahan!

84 komentar pada “Seputar Prosedur Swap Engine Pada Mobil