Beberapa saat lalu kita dengar Juke terbang menghantam Avanza hingga ringsek di Tol Jakarta Bandung, Lalu kemudian beberaapa hari lalu sebuah Bus rem blong meringsekkan beberapa mobil sekaligus di daerah Salatiga-Boyolali, kemarin kemudian hari ini kita dengar tabrakan adu bagong antara Harley dan Mobil jenazah di daerah Jogjakarta, wew banyak nian. Ini belum termasuk kasus-kasus baik besar ataupun kecil yang tak terendus oleh media. Sungguh miris.

Pengendara Moge kecelakaan lagi. Kali ini ambulan membawa jenazah dg bunyi sirine ditubruk aja, pengendara moge luka parah. Ambulan dan moge sama sama rusak parah bagian depannya.

Hal-hal kecil kadang juga terjadi, mulai dari pengemudi mobil atau motor menggunakan HP lalu meleng dan nylonong, ada orang belok tanpa sein, lampu merah ditrobos, sekelompok pengendara mulai mocil hingga moge tak jarang arogan dijalan menggunakan sirine nguing-nguing.

Setidaknya James Bons pribadi keetika menstarter mobil atau motor jadi grogi karena mengingat hal-hal di atas. banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena human eror. Padahal aturan sudah jelas, penegak hukum sudah ada, tapi tetep aja ya slonong boy jadi gaya utama di Indonesia yang begitu tenar dimata dunia.

Suatu pagi di bilangan jakarta Timur James mbonceng seorang warg negara Australia ke arah Cawang, sepanjang jalan dia teriak “Oh my God” katanya sungguh ngeri melihat jalana Jakarta pakek motor, lalu suatu ketika James kasih motor untuk dia kendarai dia bilang, “No, this isn’t City, but jungle, no rule” wow, ngeri gan. Sementara ketika James Bons ngobrol dengan temen James satunya lagi yang Asli Amerika, padahal di AS sana dia biasa naik CBR 1000 di kisaran speed 200 kph biasa aja, hehehe disini James Bons sodorin Tiger, katanya, “No way”. Hhahaha, dia melanjutkan, “I’m a Chicken here, too crowded”.

Β Hemmm safety begitu mahal, parahnya semua mendukung, mulai dari mental pengedara yang tidak safety, aturan yang gampang di langgar, dan produk yang juga mengejar nilai ekonomis dengan mngabaikan safety. Pada akhirnya ya kadang hanya pasrah sambil nyelah grand lansiran 94 alon-alon, hemmm