Berita Umum

Oknum-oknum Calo Bergaya Preman Di Terminal-terminal Bus Jakarta

Kalau brader sekalian pernah ke salah satu terminal bus di Jakarta pasti sampean pernah mengalami apa yang dinamakan berurusan dengan CALO. Sebut saja Pulo Gadung, Kp Rabutan, dan Lebak Bulus, tiga terminal yang banyak melayani trayek luar daerah. Ketika sampean dateng ke terimanal ini terutama area khusus bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yakin langsung disambut oleh para calo yang kebanyakan bersikap tidak ramah ini, jelas ini membuat situasi sangat tidak nyaman. Bayangkan begitu datang langsung diserbu puluhan calo, ditanya macam-mcam, kalau tidak dijawab langsung dibentak dan dikata-katain, wewew, banyak orang bilang ini begitu menjengkelkan dan bahkan menjijikkan.

82terminal kampung rambutan
82terminal kampung rambutan

(Foto:dok/seruu.com)

James Bons bukan hendak mempropokasi, tapi ini betul-betul membuat para penumpang merasa tidak nyaman. Uniknya ini terjadi berpuluh-pulu tahun tanpa sedikitpun tersentuh oleh analisa dan infestigasi pemerintah atau pihak terkait. Bayangkan sekitar 15 tahun lalu saat James Bons masih kuliah, ketika di terminal Lebak Bulus sudah biasa dengan pemaksan untuk membeli tiket ini, begitu masuk terminal langsung ditarik-tarik oleh para calo, kalau gak mau ngikutin dia ke loket langsung dikata-katain atau diintimidasi bahkan ada yang diusir paksa oleh si calo-calo ini.

Kemarin saat datang dari Lombok dalam rangka memenuhi undangan dari AHM dalam Acara kontes Safety Riding, begitu dari bandara langsung naik Damri bersama kang IWB, nah kebetulan kang IWB turun di pasar Rebo. nah begitu James BOns turun dari Dmri langsung diserbu puluhan calo, mulai dari yang menawarkan tiket bus, menawarkan taksi, dan ojek. tahu caranya? Langsung tarik, rebut tas, hahaha, sambil mulutnya nrocos dengan katakata intimidasi!

Adakah pemerintah tahu akan hal ini!

39 komentar pada “Oknum-oknum Calo Bergaya Preman Di Terminal-terminal Bus Jakarta

  • sebetulnya tak semua calo begitu, tapi banyakan memang mmmmmeeennnjeenggkelkaaan

    Balas
    • Alhamdulillah,
      Beruntung ane dikaruniakan penampilan yang berbadan besar macam beruang, bertampang macam centeng menyebalkan,… Hehheehe… Banyak anak2 kecil yg takut sama ane, ane ga ngalamin ditarik2 sama calo, kalopun ada, semuanya sopan….
      Kalo kata bini ane,
      ane bertampang security, berhati hello kity…. 😀
      alhamdulillah…. Bersyukur dengan penampilan ane ini….

      Balas
  • dulu pernah ada penertiban calo (di Pulogadung)
    Namun seiring berjalannya waktu……………. 🙁

    Balas
  • kutu_kupret

    akibat beratnya hidup dijakarta…penuh persaingan….:roll:
    #aneh masak sopir bus di calo in jg 😀 …..#mlayuuuuuu

    Balas
  • paling enak terminal rawamangun, mesti ada calo tapi tidak memaksa…..

    ga pasang muka galak si om bons 🙂

    Balas
  • kalau di Lb bulus, jika wes ngomong mau bis A gt misal langsung dilepasi pak bon, kalau diem aja bakalan diikuti terus, apalagi klo muka muka takut,, bakalan lebih sadis calonya.. wkwkwkwkk..

    Balas
  • mungkin bisa berbagi tips Pak Bons, gimana cara menghindari calo? dulu saya pernah naik bus dari lebak bulus jg kena calo

    Balas
  • refy ikmanson

    dari taon jebod om bond… semua terminal jkt kaya gitu, udah jadi budaya, nah kalo udah membudaya siapa yang mampu merubahnya?… alasan klasik demi sesuap nasi.

    Balas
    • sayah kok gak pernah digangguin calo ya..

      2013/6/21 Bonsai Biker

      > ** > kasamago commented: “klo yg turun pake seragam militer digituin g y..” >

      Balas
  • adu dombain sama kondektur bis yg mau kita naikin boljug, pengalaman mau naik bis LJ, para personil bis ini siap bantu hajar calo.

    Balas
  • Teman pernah digangguin calo di terminal kampung rambutan katanya cuma bilang anggota bismania kemudian pada bubar calonya. Jangan pasang muka polos juga karena bisa-bisa dipalak.

    Balas
  • CALO JUGA SETORAN SAMA POLISI

    Balas
  • Petrus Wajib dihidupkan kembali, Tembak dijidatnya.
    Calo termasuk sampah masyarakat juga

    Balas
  • kalimalang rider

    sy ngalahi beli tiket d agen, ngeri ma calo2 galak :mrgreen:

    Balas
  • saya pernah ke surabaya, dulu calonya dilarang masuk ruang tinggu, dan hanya boleh beroprasi di luar gedung terminal doang,
    satpam terminalnya galak, ada calo nginjak lantai terminal aja siap-siap dapet cambuk

    gak tau kalo sekarang

    Balas
  • Ini sih model setor ke aparat makanya dibolehin terus ada…..kapan ya dinas perhubungan dibenahi luar dalem?

    Balas
  • Kl beberapa tahun yg lalu, trmnal Jogja sy rasa yg paling aman sentosa, nggak tau skrng…pernah beberapa kali lwt trmnal Pulogadung, Kp. Rambutan, Bekasi, Alhamdulillah tenang2 sj, mungkin mereka tau kl sy duitnya pas2an….katanya sih, orang2 yg profesinya ky gitu tau mana orang yg punya duit mana yg nggak, mungkin dr feeling…..ky preman2 bandara tau mana penumpang biasa mana TKI dari raut mukanya.

    Balas
  • itulah yang bikin males naik bus,mending naik motor buntut kemana mana…

    Balas
  • di terminal kp rambutan sama temenku begitu turun dr angkot langsung ad yg tanya: mau kemana bang? Tmnku jawab: ya kesini.. Calonya misuh dibales misuh pula..akhirnya minggat dewe…

    Balas
  • Di tirtonadi solo aman,, smoga pa’ gubernur DKI mampu membuat terminal di Jkt jg dmikian… Ayo busmania cari momentum…

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.