Ada Yang Tahu Kenapa Radiator CB 150 Kecil, Punya CBR 150 Besar Dan Hubungannya Dengan Power?

Kala membandingkan radiator CB 150 dan CBR 150 terlihat radiator CBR 150 lebih besar, radiator CB 150 R terlihat kecil. Nah timbul pertanyaan kenapa di CB 150 R   kecil? Ya, sebuah pabrikan tentu membuat produk pasti dengan hitung hitungan yang rumit dan dipersapkan banyak hal beserta efeknya. Jelasnya kan hingga kini gak ada ceritanya CB 150 R misalnya over heat gara-gara radiatornya kecil. Ya pastinya ukuran radiator CB 150 ini sudah pas dengan kebutuhan motor. Nah apakah karena memang power CB 150 ini belum dieksplor maksimal sehingga panas mesin tidak sepanas CBR 150?

Radiator CBSF
Radiator CBSF

Atau denngan kata lain pula eksplor power CBR 150 atau R 15 sudah maksimal sehingga panas mesin lumayan besar, maka membutuhkan radiator besar? Ini sebagai analogi bahwa CBR 150 R radiatornya juga besar, dan mungkin eksplor powernya memang juga sudah besar, sementara CBSF radiatornya kecul, disinyalir masih ada poewer yang terpendam.

yamaha_yzf_r15_150cc_engine
yamaha_yzf_r15_150cc_engine

Sebagai bahan ertimbangan, radiator CB 150 terdiri dari 12 spasi, R 15 sama dengan V-ixion 13 Spasi, dan CBR 150 17 spasi. Nah ini hanya diskusi aja, mungkin agan sekalian banyak tahu soal mesin!?

64 komentar pada “Ada Yang Tahu Kenapa Radiator CB 150 Kecil, Punya CBR 150 Besar Dan Hubungannya Dengan Power?

  • 26 April 2014 pada 13:04
    Permalink

    Pertanyaannya susah nih.. mungkin bawah ane tahu.. 😀
    Btw, kata MAs Firman ada pameran R15 di GOR Bima yang akan berkahir besok sore.. betul gak yah??

    Balas
      • 26 April 2014 pada 17:42
        Permalink

        Emang kisi2 antara nvl dan cbsf brp cm prsegi pakbons??
        Kan udh bisa blg klo cbsf kecil brti psti udh d ukur donk

        Balas
  • 26 April 2014 pada 13:07
    Permalink

    wah urung tau weruh r15 je lek, urung iso bandingne gedene

    Balas
  • 26 April 2014 pada 13:22
    Permalink

    jiaahh.. powerr terpendam mbah.. :mrgreen: ane percaya kok mbah,soalnya power dan speed cb150 terus bertumbuh.. :mrgreen:

    Balas
  • 26 April 2014 pada 13:37
    Permalink

    mungkin ahm mengecilkan ukuran radiator cb dengan tujuan ngirit bahan kali mbah, biar harga juga bisa ditekan :mrgreen:
    kan cbsf itu downgrade nya cbr ya maklum kalau ada satu atau beberapa bagian yang dikurangi, entah itu secara kuantitas maupun kualitasnya, ono rego ono rupo kan mbah, muosok harga lebih murah minta spek yang sama imho

    Balas
    • 26 April 2014 pada 17:35
      Permalink

      Kalo tujuannya bwt ngirit trz d kasi radiator kecil,
      Coba pikir lg pake otak ente
      Nyatanya blm prnh ada komplain ttg cbsf std overheat,,suhu stabil di 3 bar
      Kompresi jg lbh gede,,cb 11:1, nvl 10,4:1
      Insinyur honda lbh pinter dr ente bro

      Balas
      • 26 April 2014 pada 18:35
        Permalink

        Di hosticus ada, coba ente ubek2

        Balas
  • 26 April 2014 pada 13:45
    Permalink

    Klo ane sih blom bandingngin sih gan, tpi dulu pas lgy nyari cover radiator buat CB150R, waktu itu emang msih jarang sih (awal 2013) .
    Ane prnah nyoba pasang pke punya vixion krna adanya punya vixion di bengkel langganan ane.
    Tpi kependekkan gan ?
    Kyaknya klo cuma liat digambar gx bisa di bandingngin dech

    Balas
    • 26 April 2014 pada 13:56
      Permalink

      kalau lihat dua-duanya, namapk CBR kecil memanjang ke samping, kalau v-ixion melebarnya ke bawah

      Balas
      • 26 April 2014 pada 14:05
        Permalink

        Coba itung dulu digambar, radiator CBSF sma NVL brp baris, kisi2nya 😀 .
        Yg ane tau radiator CBSF lebih lebar kesamping dibanding NVL

        Balas
  • 26 April 2014 pada 13:47
    Permalink

    kalo lebih panas yang jadi pertanyaan. rasio kompresi cb 11:1 kalo nvl 10.4:1 , harusnya lebih panas cb kan?

    Balas
  • 26 April 2014 pada 14:15
    Permalink

    di cb cuma hiasan doank.. aslinya gak pake. honda makin panas makin jozzzz….

    Balas
    • 26 April 2014 pada 14:34
      Permalink

      comment of the day

      Balas
    • 26 April 2014 pada 15:41
      Permalink

      kaya bapak ku juga gitu hahaha

      Balas
    • 26 April 2014 pada 16:03
      Permalink

      ralat :mrgreen:

      KATA bapak ku juga gitu 😆

      Balas
    • 26 April 2014 pada 16:09
      Permalink

      mending dibakar aja gan ya berarti makin panas makin juooosssss

      sentrit fire gincu lho

      Balas
    • 15 Oktober 2014 pada 10:28
      Permalink

      lepas radiator tambah ngacir lewatin r 25 tuh wkwkwkwk

      Balas
  • 26 April 2014 pada 15:36
    Permalink

    Kata om gokil, piston speed cbsf lebih rendah drpd nvl yg mendekati batas aman harian, jd nvl perlu pendinginan extra

    Balas
    • 26 April 2014 pada 20:03
      Permalink

      setuja bos.
      Dan volume air radiator. panjang x lebar x tebal, menentukan water cooling (konveksi panas engine ke air).

      Di motogp, radiator vertical (melengkung mengikuti lekuk fairing / roda)

      Balas
      • 12 Oktober 2014 pada 01:30
        Permalink

        Yang menentukan perindahan panas adalah luas permukaan radiator yg kontak dgn udara. Kalo ingin tahu bgs mana harus di evaluasi efisiensi perpindahan panas dr fluida cair ke logam dan ke udara. .

        Balas
  • 26 April 2014 pada 15:47
    Permalink

    kalo punya cs1 lebih kecil lg dan dimensi lebar kebawah

    Balas
  • 26 April 2014 pada 15:50
    Permalink

    Klo cb walupun kecil tapi lebih lebar kesamping ketimbang cbr
    Cbr lebih lebar kebawah

    Balas
  • 26 April 2014 pada 15:51
    Permalink

    I’ve been exploring for a bit forr any high-quality articles
    oor weblog posts in this kind of house . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site.
    Studying this info So i’m happy tto exhibit that I ave
    a very just right uncanny feeling I found out just what I needed.
    I moswt indisputably wipl make certain to don?t forget this website and give it a glance on a continuing basis.

    Balas
  • 26 April 2014 pada 16:06
    Permalink

    besar belum tentu lebih bagus kok Bons tergantung tebal kisi kisinya
    tuh mocin roda 3 radiatornya gede banget tapi kurang optimal, denger2 sih katanya kisi kisinya lebih tipis

    Balas
  • 26 April 2014 pada 16:07
    Permalink

    wah itu harusnya besar mbah bons…

    karena keunggulan fitur utamanya dongograde jadinya ya dikecilin biar harga bersaing…

    ngibul ngibul ngibul

    #suara ambulance lewat

    siram bensin dulu

    Balas
    • 26 April 2014 pada 17:46
      Permalink

      Ehh ada org dongo lg komenn

      Balas
  • 26 April 2014 pada 17:38
    Permalink

    Ngandelin kompresi tinggi biar power keluar makanya pake radiator gede…kalo radiator kecil karena kompresi dan powernya kurang makanya gak usah gede2 radiatornya

    Balas
  • 26 April 2014 pada 17:45
    Permalink

    jadi mirip kayak xeon vs vario 125 .. radiator xeon sedikit lebih besar daripada radiator vario 125 ..

    Balas
  • 26 April 2014 pada 18:40
    Permalink

    @strikes bowling uk
    did u get lost tryin’ 2 look 4 sumthin that ain’t there? and it seems like u use good broken english, considering.. well, u know d*mn well what i mean dude.. 😀

    Balas
  • 26 April 2014 pada 19:58
    Permalink

    Wah mbah bon kerma dgn mak erot nih…ayoooo…yg merasa kecil bawa ke mbah bons…biar jadi gede…wkwkwkw…

    Balas
  • 26 April 2014 pada 21:10
    Permalink

    Suhu ideal kerja mesin nvl ama cbsf berapa?

    Balas
  • 26 April 2014 pada 21:28
    Permalink

    disinyalir kalo udah panas lebih panjang dan lebar

    Balas
  • 27 April 2014 pada 09:57
    Permalink

    menurut ane hrs ditelisik dl brp volume radiator dr kedua motor tsb. spt radiator ninja R yang panjang dan tinggi dbandinding kedua motor ini. tp tebal /lebarnya yang plg kecil dbanding kedua motor ini.

    Balas
  • 4 Oktober 2014 pada 12:53
    Permalink

    I feel that is among the most significant information for me.
    And i am satisfied reading your article. However wanna remark on few general things,
    The site taste is ideal, the adticles is truly excellent : D.
    Just right process, cheers

    Balas
  • 14 Oktober 2014 pada 21:10
    Permalink

    pernah kepikiran nggak kalau aliran udara di motor berfairing tidak sebebas yang tidak berfairing, misal r15 >< vixion ? Atau kasus yg diakui mekanik2 kawasaki yg bilang kalo ninja rr lah yg suka overheat kalo ninja r hampir jarang ?

    Balas
  • 15 Februari 2016 pada 19:10
    Permalink

    mau tanya temen2semua radiator yg cocok buat cs1apa yh? soalnya nyari yg asli susah

    Balas
  • 19 Februari 2016 pada 04:12
    Permalink

    mungkin karena nggak pke baju atw fairing jadi lebih terbuka udah kena angin dari luar dibanding pakai fairing yang agak tertutup……..

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: