Ada lagi nih selentingan Informasi menyoa R 25, bahwa kabarnya motor ini telah melalui tahap electrodeposition coating, yakni satu tahapan pembuatan rangka yang tujuannya untuk mencegah korosi pada daerah bersalju atau yang berkadar garam tinggi (misalnya dekat laut). Hal ini langsung dijelaskan M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Rangka-yamaha-r25
Rangka-yamaha-r25

Berikut ungkapan pak Abidin ngutip dari Merdeka,

“Standar global di frame kita menggunakan electrodeposition coating. Kalau di negara-negara maju ada musim salju dan di jalan itu ditebar garam yang tujuannya untuk melumerkan salju di jalanan. Nah, biasanya negara maju mensyaratkan beberapa komponen dilapisi teknologi tertentu untuk mengurangi dampak.” Penerapan ini pun ditegaskan berlaku pada semua model, termasuk yang diproduksi dan dijual di Indonesia. “Yang di Indonesia juga mengikuti standar itu sehingga frame ini high quality,” tambahnya.

Wah berarti aman dong bagi brader sekalian pengguna motor itni terutama yang tinggal di pinggir laut macem Tanjng Priok, Tanjung Perak, dan sebagainya.