Harga BBM

Premium Bakal Dihapus, Pertamax Bakal Disubsidi, SPBU Asing Gulung Tikar

Pemerintah telah memberi lampu hijau atas rekomendasi tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) untuk menghentikan pengadaan bensin dengan research octane number (RON) 88 atau premium. Masukan ini sudah masuk dan mendapat tanggapan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), “Tapi, saya kira itu usul baik,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden kemarin (22/12).

SPBU-Terbaik-dan-Terburuk-di-Jombang-versi-Darma-Blog

Ada dua alasan premium bisa dihapus dari peredaran menurut JK:

  • Pertama, saat ini tidak ada produsen yang memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 88. Akibatnya, Pertamina harus mengimpor BBM RON 92, lalu mencampurnya dengan nafta agar turun menjadi RON 88. Hehe itu kan nyusahin, alias bikin biaya membengkak.
  • Kedua, Pertamax merupakan BBM dengan angka oktan yang lebih tinggi tentu sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kendaraan bermotor. Saat ini sebenarnya semua mobil memang mensyaratkan penggunaan BBM dengan RON minimal 92 atau sekelas pertamax agar pembakaran mesinnya lebih sempurna.

Di kesempatan lain Menteri ESDM Sudirman Said, mengatakan bahwa hal itu sudah sejalan dengan tujuan pembentukan tim untuk mengurangi seminimal mungkin ruang-ruang bagi mafia pemburu rente migas. Nah banyak media yang menyambut positif hal ini, jelasnya disinyalir pengadaan ron 88 rentang mafia migas, maka dengan BBM ini dihapus lalu subsidi dialihkan ke pertamax maka bisa jadi ruang grak mafia migas akan tidak ada.

Sementara itu di lapangan, Rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) yang menghilangkan bensin dengan research octane number (RON) 88 atau premium bisa berdampak buruk pada SPBU asing. BPH Migas sebelumnya mengusulkan besaran subsidi tetap antara Rp 1.500 sampai Rp 2 ribu. Kalau angka itu disetujui dan dipindahkan ke Pertamax, berarti harganya bisa turun sampai Rp 7.950 untuk Jabodetabek. Tentu saja, itu jadi mimpi buruk bagi SPBU asing yang masih menjual Rp 9.950. Hemm, bisa jadi SPBU asing bakal gulung tikar karena kalah beraing masalah harga.Ya, semoga aja, 7900 dapat pertamax, juozzzz. Kita tunggu aja realisasinya, atau hanya wacana belaka.

27 komentar pada “Premium Bakal Dihapus, Pertamax Bakal Disubsidi, SPBU Asing Gulung Tikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.