Beberapa hari belakangan beredar broadcast melalui BBM yang menyebutkan adanya 260 begal motor yang berasal dari Lampung dikirim ke Jakarta dan diturunkan di Tol Jagorawi kemudian disebar ke sejumlah lokasi, ya apalagi kalau bukan untuk mbegal. Masih menurut broadcast ini bahwa ratusan begal motor itu tersebar ke beberapa lokasi seperti Citeureup, Cibinong, Kranggan, Tapos, Sanding, Leuwinanggung, Cikeas dan Ibu Kota juga khususnya jalan-jalan yang sepi . Namun kabar ini buru-buru ditepis polisi, itu hoax!

Ya, Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai informasi tersebut karena itu hoax, alias bohong belaka! Demikian statmen Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/2/2015) dikutip dari detik, “Itu hoax! Saya tidak pernah mengirimkan informasi tersebut dan tidak ada informasi tersebut.”

Namun begitu masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati terhadap begal ini utamanya pada malam hari. Ya meski sudah ada kelompok begal yang tertangkap, namun tidak menutup kemungkinan masih ada kelompok lainnya.