Datsun Go Remuk Nabrak Innova, Ada Yang Mencerca, Ada Yang Membela, Bijimana Menurut Anda?

datsun-go-nabrak-innova
datsun-go-nabrak-innova

Sebuah kecelakaan terjadi dimana mboil LCGC Datsun GO nabrak Kijang Inova. Bukan kejadiannya yang kita sorot, tapi efek kecelakaan ini, dimana Inovanya  tidak terlihat penyok, tapi Datsunnya ringsek.Nah dari sini banyak sekalia pendapat mengenai ringseknya Datsun ini, ada yang bilang itu wajar karena merupakan crumple zone, ada juga yang mencerca bahwa itu mboil kaleng krupuk yang tak layak pakai. Ya itu pendapat para komentator gan, pastinya kita menanggapi dengan woles saja, dimana sebuah produk pasti ada kurang dan lebihnya, ada yang senang dan ada pula hatternya.

Kita  lihat ni gan beberapa pendapat berikut!

Pendapat A

Menurut pendapat golongan ini, kejadian tersebut lumrah, karena memang itu adalah crumple zone, dimana daerah itu merupakan bagian yang dikorbankan ketika tumbukan terjadi sehingga penumpang tak secara langsung berhenti tapi ada fase pengeriman oleh ringseknya bagian tersebut. So penumpangnya biar selamat. Dan faktanya memang penumpangnya juga tidak ada yang sampai terjadi korban jiwa.

Pendapat B.

Pendapat ini berasumsi bahwa crumple zone berada di depan, karena logikanya kalau kendaraan nabrak, yang kecepatan tinggi adalah yang nabrak. Jadi kalau nabrak biasanya malah ringsek depannya efek crumple zone. Dan bagian belakang mobil katanya memang didesain untuk kuat agar kalau ditabrak dari belakang penumpang bisa aman.

datsun go ringsek
datsun_go_ringsek

Pendapat C

Menurut pendapat ini terlihat ekstrim, bilang bahwa mobil ini kaleng krupuk yang tak layak pakai. Menurut loginya yang berpendapat seperti ini adalah bahwa body LCGC ini cukup didorong saja oleh tangan bakal penyok.

Pendapat D

Mengatakan bahwa ini adalah wajar, ada harga ada rupa, mereka bilang jangan bandingkan harga 100 jeti dibandingkan dengan 300 jeti (kurang dikit). Pastilah materi beda, kualitas beda. Udah gitu ukuran juga beda. Coba saja tabrakan Innova vs bus atau truk yang memang materialnya didesain jauh lebih kuat karena muatan banyak, sudah pasti Innova bakal ringsek.  Cekidot saja komentar mas bro yuda di group motuba ini:

“.. Ora gumun alias tidak terkejut mbah..
Terakhir liat di dekat rumah datsun go vs Grand Max gara2 si Go lewat marka.. Go bagian kanan sobek sampai pintu ke-2, ban meledak/sobek, si GM gores di bemper sama fender ampir copot.

Pendapat E

Ngutip mbah Keliek Sukarwoto “ini kayaknya nggak kesundul ama innova, mungkin ada kejadian sebelumnya. Mosok innova lampunya aja gak pecah. lagian pas ujung innova itu jg gampang sobek…”

Nah, itu pndapat mereka, bagaimana pendapat agan sekalian?

41 thoughts on “Datsun Go Remuk Nabrak Innova, Ada Yang Mencerca, Ada Yang Membela, Bijimana Menurut Anda?

  • 10 Oktober 2015 pada 16:21
    Permalink

    Pertamax gannnnn !!! *sambil salto kayang

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 16:27
    Permalink

    wajar kang kalo remuk, haha lha kalo yang nabrak Hammer apa Hardtop Innova nya yang ngenes 😀

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 16:32
    Permalink

    Maklum ajalah. Hasil tes tabrak ASEAN NCAP aja cuma dapet 2 bintang dari 5 bintang.

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 17:16
    Permalink

    Wah yg nabrak penyok yg ditabrak gak knapa2 itu sesuatu.

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 18:09
    Permalink

    Datsun nabrak ban innova jelas remuk. Wong bannya terhubung ke sasis truk.hahaha

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 19:01
    Permalink

    pendapat F:

    semua pendapat benar 😆

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 21:01
    Permalink

    Kaleng kerupuk itu mbah bons…..okelah depan crumple zone, tp pilar A harusnya kuat, lah itu sampek mlenyot

    Balas
  • 10 Oktober 2015 pada 22:49
    Permalink

    crumple zone… sekalian aja pake plastik ember lapis busa, haha…. toh remuk2 juga…

    Balas
  • 11 Oktober 2015 pada 00:27
    Permalink

    Itu Datsun milik teman saya boss.
    Kejadiannya 2 bulan lalu di tol Cipularang,dari Bandung arah Jkt.
    Tabrakan beruntun 6 mobil,infonya paling depan Honda Jazz matic yg berhenti mendadak krn salah oper kegigi rendah ( baru pertama pakai mobil matic ) efeknya semua mobil yg dibelakangnya kocar-kacir tdk bisa menghindar.

    Posisi Datsun paling belakang,kecepatan kira² 90 km/h..tdk sempat ngerem & berusaha banting kanan tapi gagal.Nabrak Innova dari sisi sebelah kanan.

    Isi Datsun 4 orang..ayah,ibu & 2 anak kecil.
    Salah satu anak yg duduk di jok tengah patah tulang di pundak efek mental membentur jok depan.

    Balas
  • 11 Oktober 2015 pada 09:30
    Permalink

    saya lebih setuju kaleng krupuk, punya saya si Ayla, pintunya ditabrak ayam jago yg lagi tarung, penyok drastis bro, ayamnya gpp ttp bisa lari ngibrit, nyesel bgt jual si tua espass bwt mboyong ayla…

    Balas
    • 11 Oktober 2015 pada 09:43
      Permalink

      mana fotonya hora percaya

      Balas
  • 11 Oktober 2015 pada 12:55
    Permalink

    sebenarnya semua mobil punya resiko kecelakaan yang sama mau mobil LGCC atau non LGCC yang full fitur keselamatan dan yang gak ada airbag dll SELAMA YANG JADI SOPIR NGAWUR, SERUNTULAN DI JALAN, ASAL NGEBUT NGGAK MEMPERTIMBANGKAN KEMANPUAN DIRI DAN MOBIL YANG DIKENDARAI ITULAH AKIBATNYA KUNCINYA ADALAH HATI-HATI DAN WASPADA DI JALAN

    Balas
  • 11 Oktober 2015 pada 13:02
    Permalink

    walau kaleng krupuk,kagak ada fitur keselamatan,kagak loloss uji tabrak kalau yang nyopir ati-ati kagak bakal kejadian begini

    Balas
  • 11 Oktober 2015 pada 18:56
    Permalink

    ya jelas penyok, mobil gak ada sasis nya gitu, murah minta selamet wkwkwk

    Balas
  • 12 Oktober 2015 pada 08:33
    Permalink

    klo mw kuat sih mending beli panhard aja bro, bodynya baja semua. jangan kan di tabrak lha wong di tembak aja gak mempan bro.

    dijamin tabrakan ama angkot/kopaja masih kuat bro, seluruh body nya baja, kaca nya anti peluru.

    Balas
  • 12 Oktober 2015 pada 08:51
    Permalink

    kayane nubruk pembatas seg trus mental nyipok bokonge inova…

    Balas
  • 15 Oktober 2015 pada 18:02
    Permalink

    Mobil murah = bodi tipis emang bener tapi yang penting kesadaran diri.. Mau pake mobil 1M ato 10M kalo ga ati2 tetep aja celaka, orang uda ati2 aja kadang ttep celaka, namanya musibah.
    Jadi poinnya bukan salah mobilnya tapi faktor dari manusia itu sendiri.

    Balas
    • 26 Juni 2016 pada 11:50
      Permalink

      Like this gan

      Balas
  • 20 Juni 2016 pada 10:10
    Permalink

    Prinsip ono rego ono rupo ttp berlaku dlm kasus ini. Barang yg harga mahal terbuat dr bahan bagus berkualitas, barang murah brarti kulitas material dikurangi.
    Contoh serbuah motor dr China awal tahun 2000 an, harga murah. Tp lihat apa yg terjadi, tersingkir dng sendirinya. Itu karena harga murah.
    Tp smua jg tak terlepas dr yg namanya musibah. Paul Walker yg mobilnya mahal jg bisa hancur.

    Balas
    • 22 Juni 2016 pada 16:38
      Permalink

      Good point gan, semua tergantung dari pengemudinya.. Alm. Paul walker pake mobil yang harganya 10x lipat lebih aja bisa hilang nyawa. Safety drive agan agan

      Balas
  • 20 Juni 2016 pada 21:44
    Permalink

    Seharusnya mobil LCGC harus diberi tambahan Roll Cage / Roll Bar supaya bagian engine sedikit yg dikorbankan… serta perlu ditambahkan aksesoris sabuk pengaman 6 titik…

    Balas
  • 21 Juni 2016 pada 16:56
    Permalink

    justru ini menunjukkan kalo mobil nissan itu tidak hanya terjangkau,tp juga mengutamakan keselamatan pengemudi(hanya orang yg paham perkembangan otomotif saja yg mengerti)
    Dan kalo saya amati,ini wajar karna Datsun pas menabrak bagian ban….
    Salam damai….yg bilang Datsun ringkih/kaleng krupuk mending belajar dulu dah….jangan asal komentar tp tidak tau perkembangan dunia otomotif?

    Balas
    • 26 Juni 2016 pada 11:53
      Permalink

      Setuju gan tapi ga menutup kelebihan dan kekurangan masing2 merk gan. Yang terpenting semua harus hati2 dan waspada serta saling menghormati pengguna jalan lainnya dalam mengendarai mobil.

      Balas
  • 21 Juni 2016 pada 22:13
    Permalink

    Pendapat F.
    bukan faktor mobilnya, mau innova atau datGo semua sdh diperhitungkan dampaknya bila terjadi kecelakaan.
    Penyebabnya adalah faktor pengemudi, apalagi pengemudi asal plat T (datGo)..gak ada yg beres, seenak udelnya sendiri..hehehe

    Balas
  • 23 Juni 2016 pada 02:13
    Permalink

    Mobil katana saya prnh ditabrak tukang becak bagian depan peyok lmyn parah jg kena mesin jg,pdhl bpk tukang becaknya nabrak smpe meninggal ditempat,lha rush sya disrempet dikit ama mobil tetangga sya mlh udh agak peyok,pdhl itu plan bngt.jadi sih bukan masalah mobilnya jg sih

    Balas
  • 23 Juni 2016 pada 08:57
    Permalink

    Menurut saya kerusakan yang cukup parah pada datsun go+ akibat kecelakaan tersebut sebenarnya cukup wajar, dikarenakan bagian crumple zone mobil yang terkena tabrakan hanya +-25% saja, hal tersebut mengakibatkan kurannya peredaman saat kecelakaan, sehingga mengakibatkan kerusakan yang cukup parah bahkan bisa dilihat rangka utamanya pun agak bengkok.
    Sebenarnya mobil mewah pun apabila mengalami kecelakaan seperti datsun go+ tersebut dimana bagian crumple zone yang terkena hanya +-25% saja bisa saja mengalami kerusakan yang sama parahnya dengan datsun go+ tersebut.
    Soal Innova, menurut saya kerusakan yang terjadi juga bisa dikatakan agak parah karena bisa dilihat kerusakan di bagian bumper belakang (pasti robek), pintu bagian belakang (pintu bagasi) penyok, dan lampu belakang sebelah kanan pecah. Memang kerusakannya tidak separah yang dialami oleh datsun go+ karena bagian belakang mobil terutama MPV, SUV, dan HATCHBACK memang dirancang agar kuat, sehingga apabila mengalami tabrakan di bagian belakang, penumpang bagian belakang tetap selamat.
    Sekian pendapat saya, mohon maaf apabila ada kesalahan ataupun tutur kata yang kurang berkenan. Terima Kasih.

    Balas
  • 23 Juni 2016 pada 13:50
    Permalink

    sesama kaleng krupuk beda posisi tumbukan dan kecepatan…
    kalo masalah body mah sama tipisnya… wong innova itu juga tipis cuma ditambah peredam aja jadi kesannya tebel… pdhl dirumah kalo saya dorong pake tangan juga meliut-liut sama dg LCGC

    Balas
  • 23 Juni 2016 pada 22:07
    Permalink

    Apapun yg menyebabkan, Ya wajar kalau remuk bila tabrakan….ada harga ada kualitas lah…salah satu resiko yang perlu disadari saat memutuskan beli produk murah salah satunya dari material yang mendukung….

    Balas
  • 25 Juni 2016 pada 12:53
    Permalink

    kalo menurut saya si, mobil datsun itu menabrak bagian sasis as mobil inova.

    Balas
    • 25 Juni 2016 pada 13:26
      Permalink

      Menurut sya wajar…sebab ada harga pasti ada kualitas…tpi balik lgi ke diri kita masing2 kalo hati2 pasti ga akan sprti itu…jujur sya jga pake datsun…emg body nya tipis bgt…selagi kita hati2 insya allah ga akan sprti itu…jngan kan datsun…lambhorghini aja yg hrga 7m kalo kecelakaan bisa ancur…emg rangka blakang di buat lebih tebal supaya kuat…pengalaman sya wkt pake kijang thn 91 body nya kuat…sya nabrak blakang ttp aja penyok bgt…..

      Balas
  • 1 Juli 2016 pada 08:45
    Permalink

    eeeh jangan sembarang bilang klau mobil datsun go itu kaleng kerupuk klau anda ingin membeli mobil datsun go beli jangan asal bilang datsun go itu kaleng kerupuk

    Balas
  • 1 Juli 2016 pada 20:39
    Permalink

    Alhamdulillah orangnya selamat semua…remuk gpp mobil bisa
    beli lagi.! Datsun bagus inova bagus ga ada mobil yang murah krn harga barunya 100 juta keatas jadi mobil mahal dan bagus smua….masalah nabrak no sekian yang jelas orangnya selamat alhamdulillah amin3x

    Balas
  • 4 Juli 2016 pada 07:49
    Permalink

    monocoque vs Ladder frame, ya jelas kuat ladder frame lah, biar kata mobil minibus juga rangkanya pick up, itu kan rangkanya sama hilux/fortuner sama bos, kalo datsun? udah gitu monocoque crumple zonenya emang lebih mantep dari ladderframe, karna nyatu semua sekali nabrak ya ringsek tapi dijamin selamat selama masih wajar nabraknya

    Balas
  • 4 Juli 2016 pada 08:58
    Permalink

    pertama lihat kaget, innova biasa aja datsun rusak parah, pertama innova 1.5 ton sedangkan datsun cm 750kg an, bobotnya saja 2x lipat, kedua bokong inova bagian itu ada sasis ladder frame inova dan itu kyknya memang keras n kuat ky tulang, selain itu plat body innova memang tebel bannya pun ikut as roda sudah cukup buat dia kuat. dr sisi datsun, dia nabrak di bagian titik lemah yakni kap agak atas dan sisi pinggir. datsun versi lama klo g salah memang ringsek total saat crash bru datsun go v2 yg diupdate dia lbh kuat. lcgc memang murah, platnya tipis smua, jgn terpacu sama bintang tinggi saat crash test krna kecelakaan bs beda kondisi saat crashtest. apalagi klo mobil bobot ringan vs bobot berat.

    Balas
  • 20 Maret 2017 pada 09:43
    Permalink

    Cuma koreksi kecil. Bukan Datsun Go, tetapi Datsun Go+
    1. Benar bahwa Datsun Go+ remuk habis karena zona crumple zone
    2. Benar bahwa kualitas materialnya lebih rendah daripada Innova
    3. Benar bahwa bagian belakang kendaraan dibuat lebih kuat.

    Hikmah:
    Pahami kendaraan Anda. Jadilah satu dengannya. Jangan merasa membawa Jaguar atau Ferarri atau Nissan GT padahal faktanya adalah Datsun Go+ dengan nilai NCAP dua bintang saja

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: