tilang
tilang

Brader sekalain, kepolisian seluruh Indonesia memang telah dengan serentak menggelar operasi penertiban/penegakan hukum lalulintas yang berakhir 6 November lalu, namun kini polisi masih akan menggelar operasi dengan tajuk lain. Ya, khusunya Satlantas Polresta Tangerang Kabupaten menurut detik akan menindak pengendara motor atau mobil yang melanggar aturan lalin. Tak hanya menilang, tetapi juga menyita kendaraan gan, bila melanggar 4 point aturan lain.

Penyitaan ini dimaksudkan Kasat Lantas Polresta Tangerang Kabupaten AKP Ekobagus Riyad untuk memberi efek jera kepadapelanggar lalin. 4 fokus penertiban lalu lintas tersebut yakni pelanggaran lawan arus, tidak melengkapi pelat nomor kendaraan,  tidak menggunakan helm bagi pemotor, dan kendaraan yang berknalpot bising atau tidak sesuai SNI. 4 Poin aturan tersebut termaktub dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, misal kenalpot bising, melanggar Pasal 285 ayat (1) jo pasal 106 ayat (3) jo pasal 48 ayat (2) dan (3) dengan ancaman denda maksimal Rp 250 ribu.

Aturan ini kini masih taraf sosialisasikan, agar masyarakat tahu dan tidak kaget, dan dalam waktu dekat akan segera diambil tindakan.

Nah aturan sita kendaraan ini bakal dilakukan seluruh Indonesia atau hanya di tangerang saja, kita tunggu perkembangan gan!