Kecelakaan

Tragedi Balap Sidoarjo: Penonton Sebrangi Lintasan Ditabrak Pembalap, 2 Meningal

Tragedi-Balap-Sidoarjo
Tragedi Balap Sidoarjo

Tragedi Balap Sidoarjo ini sugguh serem gan. Ya, sebuah Kejuaraan ‘Bupati Sidoarjo Cup FDR Honda Supermoto Road Race Challenge 2016’ yang digelar di bekas Jalan Tol Porong Gempol, Kecamatan Jabon, Sidoarjo pada hari minggu 21/02/2016 menelan korban dua nyawa melayang dan dan tiga orang kritis.Malam kemarin motorrio dan rudisoul  menulis berita bahwa korban yang meninggal adalah satu orang pebalap dan satu orang penonton, dimana pebalap terjatuh dan nabrak pembatas, sedangkan penonton nekat nyebrang dan disambar pembalap yang sedang balapan hingga meninggal.

Dalm kejuaraan yang menjadi tragedi balap Sidoarjo ini terdapat 126 peserta yang dibagi dalam 15 kelas dan disaksikan ratusan penonton. Berikut beberapa tragedi kecelakaan yang terjadi:

  1. Pertama adalah kecelakaan yang menimpa pembalap kelas bebek standar 110 cc (jupiter). Korban ini adalah pembalap asal Bulak Banteng, Surabaya, yang bernama M. Andi (21) yang  nyawanya tak tertolong saat perjalanan menuju RS Pusdik Gasum Porong. Ia menabrak pagar pembatas lintasan hingga kepalnya mengeluarkan darah. Yernyata dari info yang berkembang bahwa tempat kecelakaan dan jarak dengan ambulan sangat jauh, sehingga terlalu lama korban dievakuasi. Diberiktakan bahwa ambulans ada di garis start dan pihak panitia kurang sigap. Detik.com malah mengatakan tak ada panitia yang mengantarkan korban ke RS hingga pebalap meninggal.Sokib (45), kakak korban menyesalkan sikap panitia, yang kurang sigap ini.
  2. Kedua adalah penonton, yang menurut kang Rudy Soul penonton ini nekat nyebrang saat balapan berlangsung. Ya bisa bayangkan, pebalam yang sedang melaju kencang susah menghindari penonton yang nekat nyeberang ini, hingga penonton ini tertabrak pembalap sampai meninggal. Penonton yang tewas ini adalah M.Kuaeni (53). Warga Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin. Ketika menginjak kelas Supermoto 4 tak special engine 250 cc, seorang pembalap keluar jalur saat melakukan uji coba lokasi.
Tragedi-Balap-Sidoarjo-Penonton-Nyebrangi-Lintasan-Disambar-Pembalap-2-Nyawa-Melayang
Tragedi Balap Sidoarjo Penonton Nyebrangi Lintasan Disambar Pembalap, 2 Nyawa Melayang

Korban kritis dari Tragedi Balap Sidoarjo ini adalah:

  • Adpun 3 korban kritis adalah penonton lainya yang juga teetabrak oleh supermoto.

Banyak media melansir berita bahwa Tragedi Balap Sidoarjo terjadi kemungkinan akibat kurang siap dan sigapnya panitia, serta longgarnya pengamanan dari pihak panitia. Semoga saja arwah yang meninggal diterima di sisi-Nya, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, dan panitia penyelenggara bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Amin.

 

 

8 komentar pada “Tragedi Balap Sidoarjo: Penonton Sebrangi Lintasan Ditabrak Pembalap, 2 Meningal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.