Berita Umum

AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25440 Siswa SMK

 AHM-Gelar-Uji-Kompetensi-Teknik-Sepeda-Motor-untuk-25440-Siswa-SMK

AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik

AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25440 Siswa SMK. Yup, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan jaringan Main Dealer (MD) Honda di seluruh Indonesia melakukan uji kompetensi kepada 25.440 siswa dari 477  SMK jurusan Teknik Sepeda Motor Honda. Ini merupakan bagian dari upaya terintegrasi dari Program Pendidikan Satu Hati melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda yang digulirkan AHM bersama jaringannya. Para siswa SMK binaan AHM kali ini memasuki tahap pengujian dari ilmu teknik sepeda motor Honda yang diperolehnya di bangku sekolah. Proses pengujian dilakukan secara bertahap, yaitu tahap I di masing-masing SMK, tahap II di tingkat regional MD, hingga tingkat nasional yang menyaring tenaga-tenaga muda terbaik di bidang teknik sepeda motor dari seluruh Indonesia.

Berikut tahapan dalam Uji Keompetnesi ini:

  • Tahap 1, diselenggarakan di 477 sekolah SMK KTSM Honda pada periode 1 Februari – 31 Maret 2016, dimana kurang lebih 25.440 siswa mengikuti uji teori dan praktek dengan materi pemeliharaan dan perbaikan motor Honda. Meliputi penggunaan instrumen pengukuran seperti penggunaan alat ukur, pengecekan komponen kelistrikan, penggantian parts, pengecekan sistem injeksi dan fitur-fitur teknologi. 
  • Tahap 2, usai ujian tahap satu, siswa-siswa terbaik dari setiap SMK binaan AHM kemudian mengikuti ujian lanjutan di tahap II yang dilangsungkan di Training Center Main Dealer Honda di 27 kota. 477 siswa lolos ke tahap II gan. Mereka ini telah diuji kembali dengan materi yang lebih lengkap, yaitu materi studi kasus troubleshooting sepeda motor Honda.
  • Tahap 3, yakni siswa-siwa terbaik dari setiap daerah berkesempatan mengikuti seleksi tahap akhir di tingkat nasional pada bulan Juni 2016 di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta.

Mayan lo gan, sebanyak 492 SMK di seluruh Indonesia telah tergabung dalam program binaan oleh AHM ini. SMK binaan AHM ini mendidik siswa-siswanya dengan mengacu pada kurikulum teknik sepeda motor Honda. Di bawah naungan Program Pendidikan Satu Hati, AHM juga telah meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) TSM Honda di berbagai wilayah. TUK tersebut difungsikan sebagai sarana menguji kompetensi dan keterampilan para guru dan mekanik, serta berperan penting sebagai tempat uji kompetensi yang menjadi salah satu syarat kelulusan siswa. Lanjut gan!

 

 

2 komentar pada “AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25440 Siswa SMK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.