Motor Berbabahan Bakar Angin Buatan SMK

Motor-Berbabahan-Bakar-Angin-Buatan-SMK
Motor Berbabahan Bakar Angin Buatan SMK

Motor Berbabahan Bakar Angin Buatan SMK. Wah ini boleh jadi merupakan Motor Berbahan Bakar Angin pertama kali di Indonesia yang di ciptakan oleh siswa-siswa kreatif dari kota kecil di Jawa Barat yakni dari SMK Karya Nasional yang berlokasi di Jalan Gunungkeling, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kabarnya menurut pricearea, motor ini menggunakan mesin tanpa menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Karya ini berawal dari guru SMK Karnas ini yang merancang kendaraan unik tersebut dengan menggunakan tenaga angin. Kemudian ilmunya ditularkan dan diadopsi serta dikembangkan para siswa jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM). Setelah jdi, saat uji coba motor dengan menggunakan tabung angin itu mampu menggerakan roda dengan kecepatan 40 km per jam.

motor-berbahan-bakar-angin
motor berbabhan bakar angin

Kini motor ini terus dikembangkan terutama untuk menambah speed. Bahwa menurut Pak guru yang menelurkan ide tersebut, motor ini bisa lari lebih dari 40kph asal roda atau komponen motor terbuat dari bahan ringan sehingga pacuan yang di capai bisa lebih kencang.

Komponen seadanya memang masih mendominasi motor ini, ya wajar kecepatan motonya pun masih seadanya alias 40 kph. Namun begitu motor bertenaga angin ini sangat menarik perhatian para pengunjung dalam sebuah stand pameran pembangunan di acara HUT Kuningan yang ke-516. Banyak yang penaaran dengan teknologinya gan.

Motor-Berbahan-bakar-Angin-karya-SMK
Motor Berbahan bakar Angin karya SMK

Ide pembuatan motor ini terinspirasi oleh kondisi antrian panjang di SPBU karena kelangkaan BBM beberapa waktu lalu. dari situlah timbul ide melakukan uji coba kendaraan tanpa menggunakan BBM. Nah kemudian muncullah ide ntuk menciptakan motor ini. Sementara itu menurut Kepala SMK Karnas Kab. Kuningan, H. Yepri Esa Trijaka, para siswa dan guru bakalterus mengembangkan teknologi tersebut paling tidak memiliki kecepatan 80 km per jam. Naha kalau dah 80 kph bisa dipatenkan gan.

13 komentar pada “Motor Berbabahan Bakar Angin Buatan SMK

  • 1 Mei 2016 pada 12:39
    Permalink

    Kalo itu namanya sepeda….hehehe…eh tp serius nih….trus ngisi anginnya bs di tukang tambal ban dong…apa malah bisa pake kentut?

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 14:19
    Permalink

    Bentar lagi jga ilang sendiri tau2 di klaim atau di jual ke negara maju

    Balas
    • 1 Mei 2016 pada 15:23
      Permalink

      di luar negeri udah ada duluan kok mas. santai aja
      bukan orang sini yang menemukan pertama kali

      Balas
  • 1 Mei 2016 pada 14:56
    Permalink

    klo penasaran ama teknologi atau cara kerja nya, pergi aja ke bengkel tambal ban truk, ntar pasti tau gimana cara kerja ni motor bergerak… bukan sesuatu yg wah kok, tp sesuatu yg unik ni ide anak smk

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 15:09
    Permalink

    orang luar udah bikin dan lebih kenceng larinya … di yusup ada kok videonya

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 19:22
    Permalink

    terus yg ngisi angin nya apa mr bon…

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 20:03
    Permalink

    Kalau lihat gambarnya, masih pakai motor pembakaran dalam biasa. Terus yang dibakar apa? Terus yang dimaksud angin apa? Apa udara biasa bertekanan tinggi, tapi ngisinya pakai kompresor, kompresornya masih butuh BBM. Atau anginnya pakai LPG?

    Sejauh yang terlihat, masih berupa hoax.

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 22:04
    Permalink

    Coba pakai sistem turbin pasti lebih hemat tekanan udaranya n lebih kenchank….pakai piston tenaga bnyak yg kebuang…

    Balas
  • 1 Mei 2016 pada 22:22
    Permalink

    ARTIKEL TANPA PENJELASAN SISTEM KERJA…

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: